11 Kolam Renang Alami di Indonesia yang Paling Instagramable

Airnya seperti cermin. Foto oleh fennyfresya

Indonesia memang kaya dengan keberagaman budaya dan alamnya. Dicap sebagai negara maritim, wilayah perairan Indonesia memang lebih besar daripada daratan. Hal itu bisa Kamu manfaatkan untuk menemukan berbagai hiburan dan wisata air yang mungkin ada di sekitar daerahmu. Salah satu yang menarik adalah kolam renang alami.

Jika biasanya Kamu berenang di sebuah kolam renang buatan yang ada di hotel, villa, penginapan, atau tempat rekreasi. Maka tidak ada salahnya juga untuk mencoba bagaimana keseruan berenang disebuah kolam yang terbentuk secara alami.

Kolam-kolam tersebut biasanya berada di pesisir pantai, goa, maupun di tengah hutan. Kolam renang alami yang berada di alam bebas tersebut tentu akan memberikan sensasi berenang yang berbeda. Kamu akan merasakan serunya berenang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau, desiran ombak, ataupun bebatuan goa. Apalagi kalau Kamu sangat suka mengambil foto tentang destinasi-destinasi yang berkaitan dengan alam.

Untuk Kamu yang kesusahan memotret destinasi alam, baca trik-trik untuk menghasilkan foto alam yang menarik dengan klik di sini.

Penasaran kolam renang alami di Indonesia ada di mana saja? Yuk cek satu-satu, siapa tahu lokasinya dekat dengan tempat tinggalmu.

1. Sendang Mudal, Magelang

kolam renang alami

Kejernihan air yang sangat istimewa. Foto oleh ditaaapus.

Berada di Magelang, Sendang Mudal adalah sebuah sumber mata air yang mempunyai air kolam alami dan jernih. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun Sendang Mudal mampu memberikan tawaran dengan keadaan sekitar berupa hamparan persawahan.

Pada hari biasa, Sendang Mudal adalah sebuah sumber mata air bagi warga sekitar sekaligus menjadi tempat pemandian warga. Namun karena keindahan bawah airnya mulai ter-ekspos di sosial media, maka setiap weekend pasti banyak traveler yang datang untuk ‘mencicipi’ keseruan berenang di sana.

kolam renang alami

Masih terdapat pasir dan bebatuan di dasarnya. Foto oleh aiko.nana.

Memiliki daya tarik berupa air yang bersih jernih dan dikelilingi persawahan membuat Sendang Mudal mulai rame pengunjung. Sumber air yang mengisi kolam memiliki sirkulasi air yang baik sehingga kejernihan air yang ada tetap terjaga.

Lokasi: Dusun Butuh Kulom, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

2. Mata Air Cimincul, Subang

kolam renang alami

Kamu bisa memasang hammock juga di sana. Foto oleh adityapratama33.

Awalnya Mata Air Cimincul tidak begitu diketahui oleh banyak orang. Namun karena perkembangan sosial media yang begitu cepat, lambat laun mata air ini diketahui oleh banyak orang dan akhirnya mendatangi mata air ini. Bagi warga Jawa Barat, Mata Air Cimincul ini menjadikannya sebagai ‘Umbul Ponggok’-nya Jawa Barat.

kolam renang alami

Kejernihan air membuatnya menjadi salah satu spot foto terbaik. Foto oleh lutfanbudiman.

Mata Air Cimincul ini menawarkan kejernihan air yang bisa Kamu gunakan sebagai spot foto jika berkunjung ke sana. Ditambah kolam ini juga dikelilingi oleh persawahan dan pepohonan yang akan membuat nuansa berenangmu semakin mengasyikkan.

Dengan berkembang dan terkenalnya wisata ini, banyak wsiatawan dan pedagang yang datang ke sini untuk menjual barang dagangannya. Meski Kamu menyempatkan waktu untuk mengunjungi destinasi ini, tetap jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, ya.

Lokasi: Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

3. Umbul Manigom, Simalungun

kolam renang alami

Bersantai sambil menikmati udara segar dari dalam hutan. Foto oleh andhikadeady.

Umbul Manigom ini merupakan kolam renang alami yang berada di tanah Sumatera Utara. Awalnya kolam ini sangat sepi pengunjung karena terletak di pedalaman, sehingga membuat enggan pengunjung untuk mendatanginya.

Umbul Manigom ini mempunyai air yang berasal dari tiga sumber air tanpa tercampur limbah, sehingga airnya menjadi sangat jernih dan segar. Saking jernihnya, Kamu bahkan bisa melihat dasar kolam dari permukaan air. Jika Kamu tidak bisa berenang, jangan khawatir karena di sana terdapat berbagai kedalaman kolam.

kolam renang alami

Air yang ada di kolam ini sangat jernih. Foto oleh dzh_hrp.

Jika berkunjung ke sini sangat disarankan mengunjunginya pada siang hari karena cuaca panas akan disegarkan oleh air kolam. Ditambah lokasinya yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang membuatnya bertambah sejuk. Pepohonan yang rindang dan tinggi membuatnya seperti kolam yang berada di tengah hutan.

Selain berenang, Kamu juga bisa memotret kegiatanmu selama di sana. Gaya foto yang sedang populer saat ini adalah gaya split underwater.

Jika belum tahu bagaimana cara mengambil foto split underwater, baca tips dari kami tentang cara membuat foto split underwater dengan klik di sini.

Lokasi: Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Dolok, Pangribuan, Sumatera Utara.

4. Gua Rangko, Manggarai Barat

kolam renang alami

Berenang ala no gravity. Foto oleh doro.gu.

Masyarakat sekitar lebih suka menyebut Gua Rangko sebagai Gua Buaya. Tapi tenang saja, meski namanya begitu, tidak ada buaya di sana, liburanmu akan tetap aman. Kalau Kamu suka mencari destinasi tersembunyi, tenang, dan damai, Gua Rangko ini menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Gua ini masih jarang diketahui oleh wisatawan-wisatawan, sehingga kebersihannya masih sangat terjaga. Terlebih lagi di dalam gua ini terdapat sebuah kolam renang alami yang jernih airnya tak perlu dipertanyakan lagi.

kolam renang alami

Renang bersama teman-teman juga bisa Kamu lakukan di sini. Foto oleh christianhutomo.

Renang di gua ini sudah seperti renang di kolam pribadi karena masih sepi pengunjung. Letak gua ini masih berdekatan dengan laut, sehingga air di dalam kolamnya juga asin. Namun tak masalah karena airnya segar dan dingin. Apalagi dikelilingi oleh bebatuan gua, menambah pengalaman berenangmu menjadi lebih seru.

Lokasi: Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

5. Gua Haji Mangku, Kepulauan Derawan

kolam renang alami

Berendam di segarnya air gua memang ide yang bagus. Foto oleh viviwhk.

Terletak di Pulau Maratua, Gua Haji Mangku ini mempunya daya tarik sendiri karena mempunyai kolam renang. Air yang ada di kolam renang gua tersebut juga masih jernih dan segar. Air yang ada di dalam kolam nantinya akan mengalir sampai ke laut.

kolam renang alami

Ke sini bersama rombongan? Ekspresikan gaya kalian. Foto oleh dina_frasasti.

Di gua ini, selain berenang Kamu juga bisa mencoba lompat dari bebatuan setinggi 4 meter dengan kedalaman kolam mencapai 15 meter. Santai saja jangan takut tenggelam karena Kamu sudah dibekali pelampung oleh guide yang sudah ada. Sebelum melompat-pun Kamu akan mendapat pengarahan dari guide agar tidak terbentur karang.

Lokasi: Desa Payung, Berau, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

6. Kedung Tumpang, Tulung Agung

kolam renang alami

Foto lanskapnya juga tak kalah menarik. Foto oleh susantoeko_.

Kedung Tumpang ini berada di tepi laut, tapi tidak bisa dikategorikan sebagai sebuah pantai. Hal tersebut karena tidak ditemukannya pasir-pasir halus seperti pantai lainnya yang mengelilingi wilayah ini.

Di sepanjang gugusan karang terdapat beberapa kolam yang terbuat secara alami oleh erosi air laut. Air yang ‘terjebak’ di dalam kolam tersebut sangat segar dan jernih, dan pastinya menggoda untuk segera berenang di sana. Tidak hanya berenang, Kamu juga dapat memotret pemandangan yang ada di sana. Dikelilingi oleh karang dan laut membuat pemandangan di sana sangat menarik dan instagramable tentunya.

kolam renang alami

Manfaatkan karang untuk melompat. Foto oleh orisye.

Namun perlu diingat, Kamu hanya diperbolehkan berenang di Kedung Tumpang ini ketika air laut sedang surut, yaitu pada pagi hari. Jika sedang pasang, Kamu tak akan diperboleh berenang di sana karena ombak yang sangat besar dan ganas bisa membahayakan keselamatanmu.

Lokasi: Kabupateng Tulungagung, Jawa Timur.

7. Umbul Sidomukti, Bandungan

kolam renang alami

Berenang sambil melihat pemandangan Kota Semarang. Sumber foto.

Umbul Sidomukti merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Bandungan, Kab. Semarang. Terdapat sebuah kolam renang yang bisa Kamu gunakan untuk mengistirahatkan tubuh. Kolam renang tersebut berisi air pegunungan yang menyegarkan dan menyejukkan tentunya. Terbuat dari bebatuan gunung membuat kedinginan dan kesegaran air yang ada di dalam kolam stabil.

wisata hawa sejuk

Kamu juga bisa berenang. Foto oleh alwanbrilian.

Di sana terdapat juga tempat makan dan villa yang menawarkan sensasi mengopi dan bersantai dengan suasana atas awan. Terletak di lereng Gunung Ungaran yang mempunyai hawa sejuk akan melengkapi kenikmatan mengopimu. Waktu yang disarankan untuk mengunjungi Sidomukti adalah pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Dengan udara pegunungan yang segar ditambah air yang segar pula, membuat badan dan pikiranmu terasa lebih ringan.

Sidomukti menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk menghabiskan weekend bersama keluarga. Sehingga pada weekend, Sidomukti sangatlah ramai. Berhati-hatilah jika berkunjung ke sana karena kondisi jalan yang menanjak akan menyusahkanmu.

Lokasi: Sidomukti, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

8. Blue Lagoon, Sleman

danau biru

Di sana Kamu bisa berenang. Foto oleh alfiandickyp.

Blue Lagoon Sleman atau yang memiliki nama asli Pemandian Tirta Budi adalah tempat pemandian umum yang memiliki ciri khas tersendiri dari pemandian umum lainnya.

Selain pemandangan yang akan memanjakan mata, kesegaran air yang ada di Blue Lagoon Jogja ini memang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung lagi ke sini. Air yang mengalir dari mata air asli dan warna air yang biru ini menjadi daya tarik tersendiri  bagi para pecinta alam dan photography.

danau biru

Bisa menjadi destinasi berlibur bersama keluarga. Foto oleh royndiki.

Jika sedang musim penghujan, tempat pemandian di Wisata Blue Lagoon Sleman akan menyatu dengan aliran air Kali Tepus yang mengakibatkan efek birunya menghilang. Meskipun demikian, tak perlu berkecil hati, kita tetap bisa berwisata air di sini. Pinjam saja pelampung dan ban yang disewakan oleh Pokdarwis Blue Lagoon Sleman dan cobalah meluncur dari sebuah bendungan kecil di ujung kali. Selain itu jita juga dapat mencoba  terapi pijat dari pancuran tinggi di sebelah Sendang Lanang yang tak kalah menariknya. 

Lokasi: Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

9. Aek Manik, Simalungun

kolam renang alami

Kesegaran air dapat Kamu rasakan langsung. Foto oleh morandosimbolon.

Kolam pemandian air murni yang satu ini memiliki trek yang sangat menantang dan lumayan pelosok. Namun kolam ini selalu ramai pengunjung karena kesegaran airnya yang mampu menarik wisatawan untuk mendatanginya. 

Pada dahulu kala tempat ini adalah tempat pemandian para Raja Damanik dan para keluarganya. Jadi, sampai saat ini, Pemandian Alam ini masih terjaga keaslian dan kelestariannya. Pemandian Alam ini saat ini dikelola oleh keturunan dari keluarga Raja Damanik. Karena itulah tempat ini dinamakan Bah Damanik yang artinya ‘sungai’ dalam bahasa batak.

kolam renang alami

Berfoto dengan bergaya yang seru. Foto oleh satryaazmi.

Sensasi berenang di kolam ini harus sekali Kamu rasakan. Berenang dikelilingi pepohonan hutan membuat suasan menjadi lebih sejuk dan nikmat. Ditambah cahaya matahari yang masuk melalui sela-sela dedaunan menambah ke-aesthetic-an suasana.

Lokasi: Ambarisan, Sidamanik, Kabupaten Simalungan, Sumatera Utara

10. Gua Kristal, Kupang

kolam renang alami

Kejernihan air yang memperlihatkan dasar kolam. Foto oleh mei_mey2.

Salah satu surga tersembunyi di tanah Kupang adalah Gua Kristal yang di dalamnya menyimpan kolam alami berair jernih ini. Untuk mencapai kolamnya, memang butuh perjuangan yang tak mudah. Tapi begitu sampai di kolamnya, air kolam yang jernih hingga berwarna kebiruan ini akan membuatmu lupa dengan semua perjuangan yang baru saja Kamu hadapi. 

kolam renang alami

Kamu bisa menjajal beberapa pose berenang juga. Foto oleh galuhoktadinata

Gua Kristal ini terketak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kalau Kamu memulai perjalanan dari pusat kota Kupang, jarak yang akan Kamu tempuh kira-kira sekitar 13 km. Dasar Gua Kristal ini berbentuk vertikal, air yang jernih membuat dasar gua terlihat dengan sangat jelas. Luas kolam ini sekitar 30 meter persegi, jadi cukup puas buat berenang dan main air. 

Lokasi: Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

11. Gua Hawang, Maluku

kolam renang alami

Air yang ada di gua ini sangatlah jernih. Foto oleh moniastutii.

Maluku tak hanya terkenal dengan Raja Ampatnya saja. Masih banyak keindahan-keindahan alam lainnya. Salah satunya adalah kolam yang ada di Gua Hawang. Air yang ada di dalamnya sangat jernih bahkan terlihat kebiruan.

Ditambah lagi dengan stalaktit dan stalakmitnya yang fotogenik, bikin setiap orang yang datang ke sana tak akan lupa buat foto-foto ala selebgram. Kamu juga bisa memanfaatkan jernihnya air yang ada di sana untuk berfoto di dalam air.

Jika Kamu belum mempunyai peralatan untuk membuat foto underwater, baca rekomendasi kami, peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto underwater terbaik dengan klik di sini.

kolam renang alami

Stalakmit dan Stalaktit menambah kecantikan gua. Foto oleh ilhamarch.

Keseruan lain yang bisa Kamu jajal adalah berenang dengan leluasa di kolam alami yang berada di dalam gua ini. Ya, meski banyak cerita mistis yang beredar tapi keindahan tempat ini pasti akan membuatmu lupa dengan semua cerita mistis yang mungkin Kamu dengar sebelumnya.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Faiz Abi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar