Video Detik-detik Penumpang United Airlines Dipukuli Petugas Keamanan

Kamu sebenarnya bisa lakukan 9 hal ini kalau sedang overbooked pesawat. Jadi, jangan takut dengan petugas yang galak! Oke?

Wike Sulistiarmi • April 11, 2017


“Nyatanya, sistem suatu negara maju tak menjamin kenyamanan setiap turis.”

Baru-baru ini seorang penumpang maskapai United Airlines sebagai maskapai penerbangan utama di Amerika Serikat mendapatkan perlakukan tidak mengenakkan di dalam pesawat Minggu (9/4) yang lalu.

Karena overbooked, penumpang pria ini dipukuli oleh petugas setelah menolak turun 

Peristiwa itu terjadi pada penerbangan 3411, yang menunggu untuk lepas landas di Chicago O’Hare Airport Louisville, Kentucky.

Aksi petugas di maskapai United Airlines kepada penumpang pria dalam video di atas berawal saat empat orang pegawai United Airlines yang harus terbang ke Louisville Senin kemarin. Namun, karena pesawat United Airlines sudah overbooked, maka pihak maskapi meminta kepada penumpang untuk secara sukarela turun dari pesawat. 

Namun, karena tak satupun dari penumpang yang bersedia menjadi sukarelawan, akhirnya pihak maskapai memilih secara acak. Akhirnya, seorang pria yang berprofesi sebagai dokter ini terpilih untuk dikeluarkan dari dalam pesawat.

Karena esok harinya pria tersebut harus bekerja, dia tidak mau meninggalkan pesawat apalagi menyerahkan kursinya kepada kepada empat karyawan United Airlines. Nah, penolakan penumpang ini berujung pada penurunan paksa. Diketahui, tiga petugas keamanan harus turun tangan.

Malangnya, pria ini mendapatkan perlakuan kasar dari maskapai United Airlines. Hal ini dikatakan langsung oleh seorang penumpang bernama Audra D. Bridges yang merekam kejadian ini dan membagikannya di Facebook.

united airlines

Apasih over booking

Dalam penerbangan ada sebuah istilah yang namanya over booking. Over booking ini sendiri merupakan posisi di mana reservasi atau pembukuan penumpang melebihi kapasitas tempat duduk yang tersedia dalam penerbangan, sehingga jika terjadi hal demikian, biasanya beberapa penumpang yang telah duduk dipesawat akan ditawari untuk menjadi volunteer agar menggantikan penumpang baru. Voulenteer ini biasanya mendapatkan ganti rugi mulai dari $100 hingga $675 (bisa lebih) plus diberi penginapan dan penerbangan gratis hingga sampai di tempat tujuan.

Melansir dari IndependentTraveler, pengumuman over booking biasanya diumumkan 15-30 menit sebelum terbang. Tonton video berikut untuk mengetahui tentang over booking.


 

Kalau Kamu jadi pria malang dalam video, Kamu harusnya lakukan hal-hal berikut biar Kamu tak diperlakukan kasar oleh petugas

Setiap orang pasti tidak mau mengalami hal menyakitkan seperti yang dialami oleh pria dalam video di atas. Namun, jika Kamu ada di posisi pria malang itu dan disuruh turun oleh petugas, Kamu bisa melakukan 9 hal ini agar Kamu nggak dikasarin sama mereka:

1. Bersikap sok Imut biar petugas baik sama Kamu

 

via GIPHY

2. Minta ganti rugi 10 kali lipat aja. Kan lumayan bisa jadi volunteer overbooked kaya raya

via GIPHY

3. Minta digendong dari pesawat, diseret emangnya cucian kotor?

via GIPHY

4. Kalau minta jodoh gimana? 

via GIPHY

5. Pura-pura tidur aja, petugas bakal lebih sopan sama Kamu

 

via GIPHY

6. Ngajak petugasnya joget poco-poco dulu biar petugasnya selow dikit

via GIPHY

7. Minta petugasnya buat salim tangan dulu biar ikhlas

via GIPHY

8. P.A.S.R.A.H

via GIPHY

9. Turun dari pesawat dengan elegan

via GIPHY

***

Atas kejadian ini, pihak maskapai telah meminta maaf kepada pihak terkait dalam twitter mereka.


Semoga kejadian ini tidak terjadi kembali di dunia penerbangan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Baca juga artikel menarik di Phinemo:


Tinggalkan Komentar

Komentar