9 Transformasi Dubai Selama 50 Tahun Terakhir

Kamu bakal nggak nyangka dengan 9 foto ini. Ternyata perubahan Dubai seperti sihir.

Wike Sulistiarmi • April 10, 2017

“Luar biasa itu bukan soal rupa atau wujud , tapi perubahan wujud Dubai ini bisa bikin Kamu bilang ‘luar biasa’,”-Wike

Siapa sih yang nggak tahu Dubai? Kota di Uni Emirat Arab yang identik dengan barang mewah itu lho. Yang punya bangunan tertinggi di dunia bernama Burj Khalifa itu.

Tahukah Kamu ternyata sebelum menjadi Kota mewah seperti sekarang ini, ternyata negara ini awalnya adalah hamparan gurun pasir lho. Nggak percaya? Berikut ini adalah foto-foto transformasi Dubai dari dahulu hingga sekarang.

Dubai Marina, distrik yang punya sebutan ‘Dubai baru’ yang dahulu hanyalah lahan kosong

perubahan dubai

Ini Kawasan Marina Dubai. Sumber foto

Inilah perubahan Marina Dubai selama 14 tahun. Kamu pasti merasa nggak percaya kan? Tapi inilah kenyataan yang harus Kamu tahu. Gedung-gedung bertingkat tumbuh subur bagaikan tumbuhan.

Dulu, Dubai hanyalah tanah luas yang tandus dan berpasir

perubahan dubai

Perkotaan dubai tahun 2005 dan sekarang. Sumber foto

Bisnis minyak telah membuat negara ini jadi kaya raya. Semua daerah disulap menjadi bangunan mewah. Hanya dalam 12 tahun semua hal di Dubai berubah dengan cepat. 

Deira Clock Tower dulu memang sudah ada, tapi lingkungan di sekelilingnya telah banyak berubah

perubahan dubai

DEIRA CLOCK TOWER tahun 1969 dan sekarang beda banget. Sumber fot0

Deira Clock Tower ternyata sudah dibanugn sejak 50 tahun yang lalu. Meskipun merupakan bangunan tua, namun tower jam ini masih menjadi ikon yang tidak bisa dipisahkan dengan Dubai.

Jalanan Sheikh Zayed dulunya juga tandus, kini jalanan ini ramai lalu lalang kendaraan bermotor  

perubahan dubai

SHEIKH ZAYED ROAD tahun 1990 adalah hamparan daratan. Sekarang menjadi perkotaan super keren. Sumber foto

Dalam 30 tahun semua hal di Dubai berubah. Jika dibandingkan dengan Indonesia memang Indonesia tertinggal jauh. Tapi meskipun begitu, mari bersyukur tinggal di Indonesia yang sederhana namun memiliki hutan dan kekayaan bawah laut yang indah.

Perubahan kapal dan bangunan di area saluran air di Dubai

perubahan dubai

Saluran air di Dubai yang berubah menjadi mewah ketika tahun 1960 dan sekarang terlihat sangat berbeda. bangunan berjejeran. Sumber foto

Kapal di Dubai pun mengalami metamorfosa yang menakjubkan. Pada tahun 1960an, bentuk kapan di Dubai berubah seiring waktu berjalan dan kemajuan teknologi. Sekarang, Kamu nggak bisa mendapati kapal butut lagi, kini kapal-kapal di Dubai berubah lebih maju dan mewah. Bangunan di sekitar pelabuhan pun berubah menjadi gedung-gedung pencakar langit yang keren. 

Pasar sederhana bagi masyarakat Dubai kini jadi mall mewah

perubahan dubai

Inilah pasar di dubai yang dulu hanya tempat sederhana yang sekarang menjadi mall mewah. Sumber foto

Pasar tradisional yang ala kadarnya, kini menjadi mall besar yang diberi nama ‘Mall of Emirates’. Keren banget, ya!

Bur Dubai sebagai distrik bersejarah tak begitu banyak berubah, tetap mewah

perubahan dubai

Bur Dubai – jantung sejarah kota, diterjemahkan sebagai ‘daratan Dubai’ – ditunjukkan tahap awal booming perkembangannya. Hari ini apa yang tersisa dari kota tua berisi beberapa rumah tradisional direnovasi, hotel butik dan kafe. Sumber foto

Tak banyak yang berubah di distrik ini. Pusat perkotaan ini tetap dihiasi mobil mewah dan bangunan bertingkat. Hanya saja, bangunan-bangunan di Distrik Bur Dubai lebih maju dan modern.

Inilah wujud Dubai sebelum dibangun menjadi Kota mewah seperti sekarang ini

perubahan dubai

Sebelum dibangun menjadi Dubai yang sekarang inilah Dubai dulu dan sekarang. Sumber foto

Setiap daerah di Dubai dibangun bertahap. Seperti bangunan di atas ini. Sebelum dibangun menjadi Dubai yang sekarang ini, semua daerah awal mulanya terlihat biasa saja. Sekarang? Lihat saja perubahannya, drastis kan?

Gaya hidup orang Dubai dulu dan sekarang pun mengalami perubahan

perubahan dubai

Foto di atas adalah Suku Badui yang hidup berdampingan dengan seluruh keluarga. Melansir dari DailyMail, nelayan di Dubai mencari mutiara untuk dijual. Kebanyakan rumah mereka terbuat dari jerami. Sumber foto

Meskipun 50 tahun yang lalu orang Dubai memilikir rumah yang terbuat dari kayu dan atap jerami, namun 50 tahun kemudian mereka bisa hidup mewah.

***

Ternyata, dahulu kala Dubai masih seperti Indonesia. Namun karena minyak bumi yang melimpah, Kota ini disulap menjadi tempat dengan fasilitas mewah di dunia. Luar biasa, ya!

Share artikel ini agar temanmu tahu foto perubahan Dubai selama 50 tahun ini. Jangan lupa baca juga artikel yang menyebutkan beberapa hal tentang Dubai di bawah ini: