Penelitian Ilmiah Buktikan Berjalan di Tepi Pantai Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Desti Artanti • September 10, 2016

Mengobati stres dengan berlibur terkadang menjadi bumerang bagi kita sendiri apabila kita tidak tahu mana yang sebaiknya dilakukan dan mana yang tidak. Tahukah Anda, bahwa berjalan di tepian pantai dapat menjaga kesehatan mental Anda?

kesehatan mental

Foto diambil dari sini

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Health & Place ini menunjukkan bahwa hidup di sekitar laut atau minimal rumah dengan pemandangan mengarah ke laut dapat meningkatkan kesehatan mental. Peneliti dari University of Canterbury di Selandia Baru dan Michigan State University melihat visibilitas ruang biru dan hijau bagi warga masyarakat di Wellington.

Sangat sedikit orang mengetahui manfaat dari berjalan-jalan di tepi laut atau menikmati udara segar dari pantai berpasir. Sejumlah penelitian terbaru menunjukkan ada alasan kesehatan sehingga Anda perlu berinteraksi lebih sering dengan laut.

Ruang biru didefinisikan sebagai air, seperti pantai dan lautan, sementara ruang hijau didefinisikan sebagai taman dan hutan. Wellington adalah ibu kota Selandia Baru yang terletak di sebelah Laut Tasman, Samudera Pasifik.

Peneliti kemudian membandingkan topografi ini dengan data yang dikumpulkan dalam survei kesehatan di Selandia Baru untuk menilai tingkat kecemasan dan suasana hati masyarakat di sana. Seteah memperhitungkan pendapat dari sejumlah responden berdasarkan pendapatan, usia, dan jenis kelamin, peneliti menemukan korelasi antara orang-orang yang dalam kesehariannya melihat pemandangan laut dengan kesehatan mental nan positif.

Penelitian ini secara khusus menemukan bahwa ruang hijau tak memiliki efek sama. Salah satu penulis penelitian ini, Amber Pearson mencoba menjelaskan terjadinya hal ini.

“Ini karena ruang biru biasanya lebih alami, sementara ruang hijau bisa saja bersifat alami, seperti hutan alam, juga bersifat buatan, seperti taman rekreasi dan lapangan olah raga. Mungkin jika kita hanya melihat hutan alami saja baru menemukan sesuatu berbeda,” kata Pearson, dilansir dari IFL Science.

Para peneliti berharap lebih memahami masalah ini dengan melakukan penelitian lebih lanjut, misalnya di daerah-daerah sekitar pelabuhan. Mereka berharap pemahaman lebih komprehensif dari lingkungan sekitar dan efeknya terhadap kesehatan untuk membantu perencanaan tata kota yang baik.

Nyatanya, dengan menyempatkan sejenak saja menikmati keindahan alam, dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda. Berniat ke pantai weekend ini?

Baca juga:


Bosan foto-foto pemandangan doang waktu jalan-jalan? Kamu perlu coba fotografi jenis ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait