11 Wisata Pati Ini Akan Memberi Anda Pengalaman Liburan Berbeda

Anda yang suka berburu wisata air terjun wajib memasukan Pati sebagai destinasi perburuan air terjun. Wisata Pati ternyata menyimpan air terjun yang ciamik!

Echi • May 12, 2016


Apa yang Anda ketahui tentang kota Pati? Ada yang menjawab, Pati itu daerah asal Sego Gandul. Lalu, ada juga yang mengatakan bahwa Pati merupakan daerah asal Pabrik Dua Kelinci. Padahal, Pati itu bukan hanya Sego Gandul dan Pabrik Dua Kelinci lho. Ada banyak pilihan wisata Pati yang bisa Anda kunjungi. Seperti;

 

1. Waduk Gunung Rowo

wisata pati

Foto diambil dari akun instagram Nur Cahyono

Wisata alam paling ngehits di kota Pati adalah Waduk Gunung Rowo. Nikmati kesejukan alam pegunungan di pinggir waduk sambil memancing. Atau bisa juga merasakan aneka olahan ikan di pinggir waduk. Wisata alam ini terletak di lereng Gunung Muria Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati. Jika Anda berada di kota, ambil arah menuju Tlogowungu dan Jolong. Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari kota. Terdapat papan petunjuk arah yang akan mengantarkan Anda ke sana. Harga tiket masuk 3000.

2. Waduk Seloromo

wisata-pati-2

Foto diambil dari akun instagram Hindah Maya

Selain Waduk Gunung Rowo, ada juga Waduk Seloromo. Pemandangan di Waduk Seloromo juga tak kalah indah dari Waduk Gunung Rowo. Lokasi Wadu Seloromo berada tak jauh dari Waduk Gunung Rowo.

3. Pantai Banyutowo

wisata pati

Foto diambil dari akun Instagram Cindy Maya

Wisata Pati tak hanya waduk. Pati juga mempunyai pantai. Jika Anda sedang berada di Pantai Benteng Portugis, Jepara, Anda bisa sekalian mampir di Pantai Banyutowo. Pantai ini berlokasi di desa Banyutowo, Tayu, Pati. Banyutowo merupakan daerah perbatasan Pati dan Jepara.

 

4. Wisata Jolong

wisata pati

Foto diambil dari akun instagram Tito Rizkya

Pati juga mempunyai wisata air terjun. Salah satunya Air Terjun Grenjengan di Jolong. Wisata pati yang satu ini sedang ngehits di kalangan anak Pati. Wisata Jolong berada di satu daerah dengan Waduk Gunung Rowo. Jadi, Anda bisa mengunjungi kedua tempat ini dalam satu hari.

 

5. Air Terjun Tadah  Hujan

wisata pati

Foto diambil dari akun instagram Andi Ristiya

Air Terjun Tadag Hujan merupakan wisata air terjun Pati lainnya. Wisata Pati ini berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Jika hendak menuju tempat ini, ikuti saja jalan raya arah Purwodadi. Dari sana akan ada papan petunjuk yang mengarahkan Anda ke sana. Air Terjun setinggi 75 m terlihat manis dengan hiasan pepohonan hijau di sekililingnya. Pantas menjadi destinasi wisata pati wajib dikunjungi.

 

6. Goa Pancur

wisata pati

Foto diambil dari akun instagram Faizalvin

Ternyata wisata Pati cukup lengkap. Pati juga mempunyai wisata goa, yaitu Goa Pancur. Goa alam yang terlihat indah dengan pemandangan staglagmit dan staglatitnya ini berada di Desa Jimbaran, Kayen, Pati. Jika tertarik menuju goa ini, ada baiknya Anda mengajak guide setempat. Karena terdapat aliran sungai setinggi pinggang orang dewasa di dalamnya.

 

7. Bumi Perkemahan Regaloh

wisata-pati-7

Foto diambil dari akun instagram Nurul

Wisata Pati yang satu ini sangat cocok digunakan untuk liburan keluarga. Anda dan keluarga bisa bersantai duduk di gazebo, piknik, atau bermain flying fox. Untuk menuju lokasi wisata ini, Anda harus mengambil jalur ke arah Kecamatan Tlogowungu. Ikuti jalan raya hingga menemukan Pasar Tlogowungu. Setelah melewati pasar, ambil arah kanan. Bumi Perkemahan Regaloh berada kurang lebih 1 km setelah pasar.

 

8.Pintu Gerbang Majapahit

wisata-pati-8

Foto diambil dari akun instagram Budaya Indonesia

Sebenaranya tak banyak yang bisa Anda lakukan di wisata Pintu Gerbang Majapahit selain berfoto selfie dan belajar sejarah. Tempat ini menjadi menarik karena menyimpan salah satu Peninggalan kerajaan Majapahit. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menuju Stadion Joyokusumo terlebih dahulu. Setelah Anda melewati stadion, ambil arah kiri. Pintu Gerbang Majapahit berada sekitar 2 km di kanan jalan.

 

9. Stadion Joyo Kusumo

wisata-pati-9

Foto diambil dari akun instagram Panji Setiyawan

Bagi warga Pati, stadion Joyo Kusumo tak sekedar gelanggang olahraga. Bagi pecinta bola, Anda bisa menyaksikan pertandingan Tim Sepakbola Pati (Persipa). Jika tak menyukai bola, Anda bisa sekedar jalan-jalan di stone track atau sekedar duduk-duduk sore menanti senja. Setiap Minggu, tempat ini berubah menjadi lokasi car free day. Lokasi berada di kota Pati.

 

10. Pulau Seprapat

wisata pati

Foto diambil dari akun instagram kisidiq

Pulau berukuran kecil ini terletak di kecamatan Juwana, Pati. Jika Anda berasal dari arah Semarang, Anda hanya perlu jalan lurus mengikuti jalan raya Pati – Juwana. Kebanyakan orang yang datang ke pulau ini hanya untuk berziarah ke sebuah makam yang berada di sana. Lebatnya pepohonan menciptakan suasana mistis.

 

11. Sego Tewel Tambak Romo

wiasta pati

Foto diambil dari akun instagram Hana Larasati

Jika Sego Gandul sudah terkenal di mana-mana, ada satu lagi makanan khas Pati yang patut Anda cicipi, yaitu Sego Tewel. Penyajian Sego Tewel sangat sederhana. Hanya nasi yang disajikan diatas piring beralaskan daun jati, diguyur sayur tewel (sayur nangka muda), dan tempe goreng hangat sebagai lauk pendampingnya. Menu makanan ndeso yang sangat ramai diminati warga setempat. Warung Sego Tewel berada di Desa Ngerang, Kecamatan Tambak Romo Pati. Satu porsi Sego Tewel dihargai Rp. 4.000, tempe goreng Rp. 500. Sangat bersahabat dengan kantong bukan? Warung mulai buka pukul 17.00 hingga 22.00 WIB.

Baca Juga:


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar