Cara Membuat Video Perjalanan yang Mudah dan Praktis Ala Teguh Sudarisman

Bikin video perjalanan itu mudah. Pakai smartphone juga bisa kok. Ini caranya!

Echi • April 12, 2017

Video perjalanan yang keren itu bukan dilihat dari seberapa canggih alatnya, tapi tentang pesan yang bisa tersampaikan

– ECHI-

Teguh Sudarisman, travel writer dan fotografer. Foto berasal dari Teguh Sudarisman

Tahun 2017 ini, trend traveling telah mengalami pergeseran. Kalau dulu banyak orang membagikan momen perjalanan lewat sebuah foto, sekarang ini orang beramai-ramai membuat video perjalanan. 

Perubahan inilah yang mendorong banyak orang ciptakan video perjalanan yang keren untuk menjaga eksistensinya di sosial media. Nah, masalahnya, bukankah membuat video perjalanan yang oke itu butuh kamera yang keren juga? 

Ternyata hal itu nggak bener lho. Karena kata Teguh Sudarisman, seorang travel writer dan fotografer, Kamu pun  bisa membuat video perjalanan yang keren hanya dengan gunakan smartphone.

Manfaatkan kemudahan smartphone untuk membuat video berdurasi pendek 

Menurut penjelasan Teguh Sudarisman, daripada membuat video perjalanan berdurasi 5 menit, lebih baik bikin video berdurasi maksimal 2-3 menit. 

Kamu bisa membuat video perjalanan singkat ini dengan menggunakan smartphone. Kenapa? Karena smartphone bisa melakukan hampir semua fungsi dari kamera saku, mirrorless maupun DSLR. Melalui smartphone, Kamu bisa langsung mengedit video menggunakan aplikasi yang tersedia dan mengunggahnya ke Facebook, Instagram, Twitter, Path, Youtube, dan channel video lainnya. 

Meski kualitas gambar kamera di smartphone masih kalah jauh dari kamera profesional, tapi smartphone sangat mudah digunakan

Soal kualitas, jangan bandingkan kamera smartphone dengan kamera profesional, tentu akan jauh berbeda. Meski kualitas gambar masih dibawah kamera profesional, asalkan kamu memahami standar pengambilan gambar, tentu gambar yang kamu ambil dari smartphone juga akan memuaskan.

Kamu bisa gunakan aplikasi edit video di smartphone buat hasilkan video yang oke

Enaknya smartphone itu, selain mudah dalam pengambilan gambar, Kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi edit video yang ada di smartphone Kamu. Banyak aplikasi edit video yang bisa Kamu pilih. Kalau saran Kami sih mending pakai Adobe Premier Clip atau Power Director. Kedua aplikasi tersebut mudah digunakan sih.

Masih bingung? Ikut workshopnya aja, semua detail pembuatan video dengan smartphone akan dibahas di sana

Dalam rangka pembukaan Hazotel Semarang, Teguh Sudarisman diundang sebagai pengisi materi workshop bertema #SmartphoneVideography. Kamu yang berdomisili di Semarang atau sekitarnya, bisa ikutan workshop yang diadakan pada Sabtu, 15 April 2017 di Hazotel Semarang ini.

Pendaftarannya gratis lho. Kamu bisa mendaftarkan dirimu dengan mengirimkan data diri Kamu melalui Whatsapp 085 799 935 

***

 Tertarik dengan videografi?