9 Pengalaman Seru Para Pejalan, Kamu Pasti Pernah Merasakannya Juga!

Pengalaman seru mana yang sering Kamu alami?

Rizqi Y • April 20, 2017

Perjalanan tak akan bermakna tanpa ada cerita yang bisa Kamu kenang.

Setiap perjalanan pasti bakal punya cerita tersendiri. Dan saat Kamu mengingatnya, mungkin cerita-cerita itu akan jadi sesuatu yang konyol, norak atau lucu. Ya, meski awalnya memang lebih menyakitkan, menakutkan, atau menyedihkan.

Setiap pejalan entah dia seorang pendaki, diver, atau backpacker pasti pernah punya pengalaman nggak terlupakan. Kayak gini contohnya. 

1. Ketinggalan kereta, bus, kapal atau pesawat. Terus Kamu harus susah payah cari tiket lagi

pengalaman para pejalan

Siapa nih yang pernah ketinggalan kereta? Sumber foto

Karena saking ribetnya ngurus ini dan itu sebelum berangkat jalan-jalan, Kamu malah ngelupain jadwal keberangkatanmu. Pas Kamu sadar udah telat, dan berusaha buat ngejar jam keberangkatan tapi tetep aja gagal.

Di situ Kamu ngerasain hampir putus asa, tapi semangat liburan masih menggebu. Jadi langsung cas cis cus cari tikel lagi. 

2. Ketika barang-barang yang penting justru ketinggalan, duh teledor banget!

via GIPHY

Seringnya kayak dompet, paspor, atau peralatan penting yang justru ketinggalan di rumah atau di hotel pas mau balik. Padahal kalau nggak ada barang-barang itu mungkin Kamu nggak bisa ngelakuin apa-apa, atau justru gagal total buat berpetualang. 

Jadi mau nggak mau Kamu harus balik dan ngambil barang itu. Secepatnya!

3. Kehabisan uang dan nggak tahu harus ngapain. terus mutusin buat telepon orang terdekat

via GIPHY

Nggak tahu karena emang cuma bawa uang sedikit, atau emang kebanyakan belanja ini dan itu. Alhasil dompet rasanya bocor dan uang amblas gitu aja. Padahal jalan-jalanmu di kota, gunung, atau pantai masih 2 hari lamanya.

Terus Kamu mutusin buat telepon temen, pacar, atau orang terdekat biar bisa transfer uang ke Kamu. Pernah?

4. Kesasar dan bingung harus apa, akhirnya ya dinikmati aja

pengalaman para pejalan

Kalau nyasar ya udah dinikmatin aja sambil cari jalan balik. Sumber foto

Nggak cuma di tengah kota, di jalan, tapi di gunung juga bisa nyasar. Kalau udah gitu, Kamu bingung mau ngapain. Setelah duduk sejenak, akhirnya mutusin buat cari jalan balik sambil dinikmatin aja gitu kesasarnya. 

Ya, siapa tahu pas kesasar justru dapet gebetan baru. Tapi serem juga ya kalau yang nyasar di gunung. Bayangin dia bakal ketemu sama siapa?

5. Susah nyari toilet yang bersih. Pendaki malah nggak bisa ketemu yang satu ini

pengalaman para pejalan

Pendaki sih boro-boro bisa nemu toilet. Foto oleh Echi

Pas lagi jalan-jalan keliling tiba-tiba Kamu pengen ke toilet. Padahal nggak ada toilet bersih yang bisa dipake. Akhirnya mutusin buat pake toilet seadanya meski agak nggak tega buat makenya.

Masih mending yang jalan-jalan di tengah kota, coba bayangin yang lagi naik gunung. Nggak ada tuh toliet, jadi Kamu harus cari tempat tersembunyi dan bikin lubang dulu kalau mau buang air. Tapi hal-hal kayak gini bakal jadi pengalaman yang lucu buat Kamu kan?

6. Nggak sengaja dapet kenalan baru gara-gara hal konyol

pengalaman para pejalan

Nggak sengaja kenalan karena salah orang awalnya. Sumber foto

Misalnya nih, pas Kamu lagi duduk nunggu jam penerbangan, tiba-tiba ada orang asing nyapa. Eh ternyata dia salah orang. Ya udah, akhirnya malah kenalan.

Atau pas lagi dapet pemandangan bagus, terus langsung narik orang asing buat motoin. Tanpa rasa bersalah gitu. Tapi akhirnya Kamu malah jadi temen deket dia sampe sekarang. Hayo siap nih yang pernah punya pengalaman gini?

7. Kena scam transportasi, yang tadinya mau hemat jadi gagal

pengalaman para pejalan

Kamu harus ngerasain scam transportasi. Sumber foto

Pas naik transportasi udah bayar sekian puluh ribu rupiah. Tapi ternyata di tengah jalan harus bayar lagi. Duh, uang yang tadinya mau Kamu pake buat beli logistik makanan malah kepake buat bayar uang transport double.

Kan ngeselin? Tapi mungkin kalau udah lama bakal jadi cerita yang konyol buat diceritain ke anak cucu. 

8. Sering gagal paham pas diajak ngobrol warga lokal, karena emang Kamu nggak ngerti bahasa lokalnya

pengalaman para pejalan

Sering roaming pas diajak ngobrol warga lokal. Sumber foto

Bukannya nggak seneng diajak ngobrol warga lokal. Tapi kadang Kamu nggak ngerti mau nanggepin gimana karena emang nggak paham sama bahasanya. Jadi Kamu cuma senyum-senyum manis sambil ngangguk-ngangguk.

Contohnya kayak percakapan antara orang Jawa dengan seorang cewek dari NTT ini,

Jawa : Meniko badhe tindak pundi? Badhe sami teng curug nopo? (ini mau pergi kemana? Mau pergi ke air terjun?) 

NTT : *Manggut sambil senyum manis karena nggak paham

9. Nemuin barang yang harganya tiba-tiba jadi super mahal cuma karena masuk ke area wisata

pengalaman para pejalan

Kadang Kamu nemuin barang yang harganya jadi selangit. Sumber foto

Padahal cuma gantungan kunci, tapi nggak tahu kenapa harganya jadi mahal banget. Yang tadinya cuma 5ribu, Kamu kadang nemuin gantungan sejenis dijual di base camp atau tempat jual oleh-oleh dengan harga 15ribu. 

Dan di situ niat ngasih oleh-oleh ke temen di rumah tiba-tiba ilang gitu. Berat!

***

Semua pengalaman akan lucu pada waktunya. Percayalah! Yang tadinya nyebelin sekalipun suatu saat pasti bakal berubah jadi sesuatu yang lucu dan konyol. Coba Kamu inget-inget, pengalaman konyol apa yang sering Kamu alami pas lagi jalan?

Baca juga artikel lainnya: