Panduan Seru Wisata Pulau Kakara di Halmahera, Maluku Utara

Wisata Pulau Kakara di Halmahera, Maluku Utara. sumber foto.

Satu lagi destinasi asli Indonesia yang pantas Kamu kunjungi, bersebab keindahan dan pesona alamnya, dialah wisata Pulau Kakara yang terletak di Kabupaten Halmahera, Maluku Utara.

Wisata Pulau Kakara merupakan salah satu dari ribuan gugusan pulau milik Nusantara yang memiliki destinasi alam yang cantik nan ciamik.

Berada di antara Pulau Halmahera yang juga merupakan pulau terbesar dari bagian Kepulauan Maluku, selain menyimpan destinasi asyik yang cukup tersembunyi, pulau ini juga menyimpan sejarah panjang kolonialisme di masa lalu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penginapan di Pulau Banda Neira

Pulau Halmahera sangat erat hubungannya dengan perkembangan budaya dan peradaban di seputar Maluku, sebab saat sebelum kolonialisme masuk dan menjajah Halmahera merupakan salah satu pusat pemerintahan dari kerajaan yang berdaulat saat itu.

Diketahui bahwa Halmahera yang salah satu destinasinya merupakan wisata Pulau Kakara, sebenarnya merupakan tambang emas dan berbagai hasil tambang alam lainnya.

Ini membuktikan bahwa tanah Halmahera memanglah kuat akan sumber kekayaan alam yang tiada duanya dan hanya ada di Indonesia.

Wisata Pulau Kakara Halmahera

Wisata Pulau Kakara

Wisata Pulau Kakara di Halmahera, Maluku Utara. sumber foto.

Pulau Halmahera di Maluku Utara didominasi oleh garis-garis pantai yang luar biasa indah dan wajib dikunjungi minimal sekali seumur hidup.

Salah satu yang menjadi rujukan dan direkomendasikan tentu saja, ialah wisata Pulau Kakara. Tempat wisata ini berada di bagian utara Halmahera, tepatnya di Kepulauan Tobelo.

Wisata Pulau Kakara menjadi penting mengada dalam bucket list Kamu, karena pesona alamnya yang memukau. Pasir putih pantai yang memanjakan hati, berpadi dengan perairan jernih yang sebening kristal, Kamu akan kian dibuat takjub bahwa kuasa Pencipta ialah nyata adanya.

Tak hanya perihal pesona alamnya, wisata PUlau Kakara juga menyuguhkan berbagai kekayaan kultur khasanah lokal. Kamu bisa menyaksikan bagaimana budaya Hibualamo mengada.

Hal ini bisa Kamu tengok melalui rumah-rumah adat yang ada di sana hingga laku keseharian masyarakat lokal yang baik untuk Kamu teladani. Orang-orang Kakara sendiri juga piawai dalam melakukan tarian tradisional Cakalele.

Satu lagi yang menjadi daya tarik wisata Pulau Kakara di Halmahera, Maluku Utara, terdapat macam-macam spot permainan air yang menantang dan pastinya juga mengesankan.

Kamu bisa melakukan snorkeling maupun diving di sini. Sembari melakukan aktivitas olahraga air tersebut, pandanganmu juga akan dimanjakan dengan lanskap Gunung Dukono yang kokoh menjulang dari kejauhan.

Cara menuju lokasi wisata Pulau Kakara

Wisata Pulau Kakara

Wisata Pulau Kakara di Halmahera, Maluku Utara. sumber foto.

Baca Juga: Panduan Menuju Pulau Banda Neira di Maluku Tengah

Beberapa persiapan perlu Kamu perhatikan bila Kamu berniat mengunjungi wisata Pulau Kakara. Untuk menuju ke destinasi ciamik ini, Kamu bisa menggunakan moda transportasi pesawat dan terbang menuju ke Tobelo.

Sesampainya di Tobelo, Kamu lantas bisa menggunakan perahu, atau yang di sana lumrah disebut dengan sebutan ketinting. Perahu ini bisa Kamu naiki dari Pelabuhan Dufa-dufa dengan estimasi waktu tempuh selama 15 menit perjalanan.

Kamu juga tak perlu pusing perihal bagaimana bermalam di sana, sebab telah tersedia berbagai pilihan penginapan di sekita Tobelo. Kamu bisa memilih penginapan yang layak, sesuai kebutuhan, harganya terjangkau dan sejalan dengan bujet perjalanan Kamu.

Sebenarnya ada cara lain untuk Kamu menginap di sana, yakni menumpang di rumah warga setempat. Namun tentu saja, hal ini dilakukan ketika Kamu benar-benar sudah tak menemukan adanya penginapan yang sesuai di sekitar.

Dapatkan ulasan menarik tentang maluku dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar