Wisata Palangkaraya yang Pamerkan Keindahan Alam, Siap Tenangkan Jiwa

Wisata Palangkaraya yang asyik ditelusuri dengan kelotok. Foto oleh @astiesugiarto

Palangkaraya digadang-gadang akan dijadikan sebagai pengganti ibukota Jakarta. Alasan utamanya karena Kota Palangkaraya sendiri merupakan kota terbesar di Indonesia dengan luasan 267.851 Ha.

Tak hanya itu saja, ternyata Palangkaraya memiliki potensi wisata dan kekayaan alam yang melimpah. Mungkin karena alasan ini juga ibukota Indonesia rencananya akan dipindah ke Kota Palangkaraya ini. 

Beberapa deretan wisata Palangkaraya yang cukup eksotis dengan panorama alamnya misalnya Sungai Kahayan yang disebut-sebut sebagai ‘Amazon-nya’ Indonesia. Ada juga yang menjadi rumah bagi para Orangutan di tengah rimbunnya hutan Borneo. Ini hanya sebagian dari kekayaan alam dan pesona wisata di Palangkaraya. 

Selain dua wisata Palangkaraya tadi, ada sederet tempat wisata lain yang tak boleh dilewatkan jika sedang berada di Palangkaraya, di antaranya:

Baca juga : Kalau Ibukota Indonesia Pindah ke Palangkaraya, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

1. Taman Nasional Sebangau

wisata palangkaraya

Taman Nasional Sebangau tempat wisata di Palangkaraya untuk melihat Orang Utan dan Bekantan. Foto oleh @gandhirinenggo19

Tak setenar nama TN. Tanjung Puting, tapi TN. Sebangau ini ternyata ditinggali 6500 Orangutan liar yang tersebar di area hutan rawa gambut. Wisatawan tak akan sulit menemukan Orangutan ini. Saat trekking di hutan atau saat menyusuri sungai pasti akan bertemu dengan mereka. 

wisata palangkaraya

Wisata Palangkaraya yang asyik ditelusuri dengan kelotok. Foto oleh @astiesugiarto

Keunikan lain tempat wisata Palangkaraya ini adalah hutan nipahnya yang sangat luas dan berliku. Akan lebih asyik kalau menyusuri kawasan taman nasional ini dengan longboat atau kelotok. Menyusuri setiap sudut keasrian dan rerimbunan yang begitu tenang dan menghipnotis. 

2. Danau Tahai

wisata palangkaraya

Wisata Palangkaraya yang sajikan keasrian alam. Foto oleh @h_yat

Danau Tahai ini cukup unik karena airnya berwarna hitam. Bukan karena tercemar, tapi karena di sekeliling danau memang ditumbuhi tanaman bakau. Wisata Palangkaraya ini dilengkapi jembatan dan juga gazebo, cocok untuk wisatawan yang ingin hunting foto sambil menikmati hijaunya alam di sekitar danau. 

wisata palangkaraya

Berkeliling Danau Tahai dengan bebek air sepertinya seru juga. Foto oleh @muel_muele

Dari Danau Tahai ini wisatawan juga bisa melihat orangutan yang bergelantungan bebas di sekitar danau. Untuk yang ingin menikmati danau sambil bermain, bisa juga menjajal bebek air yang disediakan pengelola danau. 

3. Pantai Ujung Pandaran

wisata palangkaraya

Pantai Ujung Pandaran, tempat wisata di Palangkaraya yang wajib dikunjungi. Foto oleh @newvillatess

Pantai Ujung Pandaran merupakam wisata di Palangkaraya yang menawarkan panorama pantai landai dengan pasir putih kecoklatan yang memiliki garis pantai nan panjang. Pantai ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Jika dilihat dari kejauhan pantai ini seperti memiliki pagar berupa pepohonan nyiur yang tertata rapi di sepanjang tepi garis pantai. 

wisata palangkaraya

Bermain banana boat di wisata Palangkaraya, Pantai Ujung Pandaran. Foto oleh @mka.watersport

Selain memiliki panorama pantai yang cantik, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air seperti banana boat dan jetski. Di Pantai Ujung Pandaran ini juga kaya akan ubur-ubur, ikan pari, dan berbagai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang.

4. Sungai Kahayan

wisata palangkaraya

Wisata Palangkaraya yang akan mengajak menyusuri pedalaman Borneo. Foto oleh @rivonugraha

Borneo dikenal sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia yang sungainya masih sangat alami. Hutan di sekelilingnya juga masih sangat rimbun.

Baca juga : Mengenal Kearifan Lokal dengan Berpesiar Menyusuri Pedalaman Kalimantan

wisata palangkaraya

Menyusuri Sungai Kahayan dan pedalaman Borneo. Fotooleh @mas.indr4

Jika wisatawan ingin merasakan sensasi menyusuri Sungai Amazon, maka tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika Selatan. Cukup ke Palangkaraya saja, karena di sini ada Sungai Kahayan dan Rungan.

Wisatawan bisa naik perahu yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat. Menyusuri pedalaman Borneo akan jadi pengalaman seru yang tak terlupakan. 

5. Kalawa Waterpark

wisata palangkaraya

Wisata Palangkaraya yang asyik untuk berlibur bersama keluarga. Foto oleh @kalawa_waterpark_pky

Kalawa Waterpark merupakan wahana bermain air yang ada di Palangkaraya. Tempat wisata di Palangkaraya yang satu ini bisa dibilang sebagai waterpark yang pertama dan terbesar di provinsi Kalimantan Tengah.

Berbagai wahana permainan yang tersedia di Kalawa Waterpark di antaranya kiddy pool, kalawa slide, lazy river, ember tumpah, mini animal slide, waterfall stone, sarang kalawa dan kid slide.

wisata palangkaraya

Wisata Palangkaraya dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Foto oleh @kalawa_waterpark_pky

Sebagai fasilitas pelengkap, Kalawa Waterpark juga menyediakan kamar bilas, kamar ganti, food court dengan pilihan menu yang beragam dan juga panggung hiburan. Wisata Palangkaraya ini cocok untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama anak-anak. 

Dapatkan ulasan menarik tentang Kalimantan dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar