Wisata Misteri, Tren Baru Pariwisata yang Digandrungi Milenial

Wisata misteri, potensi pariwisata baru yang sedang digandrungi (Instagram/@yukita_jalanjalan).

Wisata misteri merupakan sebuah tur perjalanan wisata ke tempat-tempat yang dikenal angker untuk menguak kebenaran misteri yang masih menyisakan tanda tanya. Beberapa tempat di Indonesia yang kerap kali menjadi tujuan wisata misteri diantaranya adalah Lawang Sewu (Semarang), Kuburan Jeruk Purut (Jakarta), Jembatan Ancol (Jakarta), Alas Mantingan (Ngawi), Alas Roban (Batang), dan Goa Belanda (Bandung).

Wisata misteri sebenarnya tak begitu populer di negara-negara maju seperti Eropa atau Amerika, namun sangat digandrungi di Indonesia. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia yang sangat religius dan masih mempertahankan adat istiadat yang erat kaitannya dengan arwah leluhur. Ditambah lagi dengan Indonesia yang memiliki catatan sejarah panjang yang cukup tragis terkait penindasan pribumi oleh penjajah asing pada masa kolonialisme dan imperialisme.

Tak terhitung jumlah bangunan atau infrastruktur yang dibangun dengan mengorbankan nyawa-nyawa manusia pada masa kolonialisme Belanda dan Jepang. Ketika Indonesia telah sepenuhnya merdeka dari penjajahan, banyak dari bangunan ini yang terbengkalai dan dihuni arwah para korban yang ditumbalkan. Dari hal itu kemudian lahirlah cerita-cerita misteri urband legend yang telah mengakar di masyarakat.

Wisata misteri memiliki pangsa pasarnya tersendiri yang biasanya lebih didominasi oleh milenial. Jumlahnya pun tak sedikit, hal ini dibuktikan dengan mulai maraknya tour wisata misteri di beberapa kota besar di Indonesia. Beberapa tur wisata misteri yang ada di Indonesia diantaranya Tur Urbandung Legend, Semarangker: Memecah Mitos Watu Kunti, dan Tur Misteri Pengabdi Setan.

Sangat menarik bagi anda sebagai pelaku bisnis tour travel untuk mulai mengangkat wisata misteri, mengingat bahwa setiap tempat atau kota di Indonesia memiliki kisah misterinya masing-masing. Mengembangkan wisata misteri akan sangat menguntungkan karena dapat menjangkau semua kelas pasar karena harganya yang terjangkau disebabkan oleh biaya yang produksi yang tidak terlalu tinggi.

Bagi anda pelaku bisnis tour travel, segera bergabung bersama kami di Phinemo Marketplace. Kami akan memberikan wadah untuk mempromosikan semua produk-produk dari bisnis anda secara gratis. Tunggu apalagi, gabung sekarang melalui link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar