Selain 10 Destinasi yang Telah Ditetapkan Pemerintah, Tempat-tempat Ini Juga Layak Menjadi 'Bali Baru'

Gambar diambil dari sini

Jika pemerintah RI baru saja menetapkan destinasi prioritas yang dinamakan ’10 Bali Baru’, maka sebenarnya masih banyak pula potensi wisata yang beterbaran di Indonesia. Potensi-potensi ini amat sayang jika dibiarkan, sebab kealamian dan kecantikannya memiliki ciri khas yang tak tertandingi. Berikut tempat-tempat wisata di Indonesia yang mampu jadi tandingan ‘Bali Baru’ berdasar kriteria 3 A; atraksi, aksesbilitas dan aminitas (fasilitas pendukung).

 

1. Cantiknya Taman Nasional Takabonerate (Sulawesi Selatan)

Taman Nasional Takabonerate

Gambar diambil dari sini

Selain Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara, ada pula Taman Nasional Takabonerate yang tak kalah indah. Ia merupakan salah satu hamparan pulau karang yang terbesar di Indonesia. Tiga jenis kategori terumbu karang, Fringing Reef alias terumbu karang tepi, Barrier Reef atau terumbu karang penghalang dan Atol atau terumbu karang cincin. Kekayaan bawah lautnya amat menakjubkan, dengan terumbu karang cincin. Selain itu, ada pula sekitar 261 karang lainnya yang yang membuat pemandangan bawah laut Taman Nasional Takabonerate sungguh memanjakan mata.

Jika sudah berada di Sulawesi Selatan, bisa pula mampir ke Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba. Pantai yang  sudah terkenal dengan pasir seputih kristal dan air yang begitu jernih hingga membuat dasar pantai bisa dilihat. Banyak pihak yang menyayangkan tidak terpilihnya Sulawesi Selatan sebagai 10 ‘Bali Baru’. Sebab, lihat saja Pantai Tanjung Bira atau Taman Nasional Takabonerate ini, bagaikan surga dunia. Di sini Anda bisa berenang, menyelam, snorkeling, atau hanya sekadar berjemur di bawah pepohonan rindang sembari digoda oleh semilir angin yang berhembus.

&nbsp

2. Sang Niagara dari Borneo (Kalimantan Barat)

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

Air Terjun Mananggar (juga bisa disebut Air Terjun Melanggar, Menanggar, atau Banangar) sering disebut-sebut sebagai Niagara dan Borneo. Ada pula ucapan yang mengatakan bahwa tak akan lengkap rasanya bila berkunjung ke Kalimantan namun tak singgah ke sini.

Air terjun ini terletak 700 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian dan lebar sekitar 60 meter. Di bawah air terjun terdapat danau yang luasnya sekitar 2 hektar dan di kiri kanan air terjun terdapat hutan alami yang masih terjaga.

Tak hanya itu, di sekitar lokasi air terjun juga terdapat Gua Sanjan yang memiliki air terjun dan sungai kecil. Sebuah paket wisata yang lengkap sehingga liburan pun tak terasa membosankan.

Jaraknya dari Kota Pontianak 5 jam ditempuh dengan jalur darat, lokasi persisnya di Kecamatan Serimbu, Kabupaten Landak.

 

3. Titik Nol di Pulau Weh (Sabang, Banda Aceh)

Pantai Iboih

Gambar diambil dari sini

Selain Belitung, pulau Sumatera juga punya tempat wisata berpotensi, Pulau Weh namanya. Sebuah tempat indah di ujung utara Banda Aceh, tepatnya di Kota Sabang. Mencapai tempat ini bisa dengan kapal feri atau speed boat dari Banda Aceh.

Menghabiskan liburan di Pulau Weh akan jadi pengalaman berharga yang tak pernah dilupakan, sebab Pulau Weh kaya akan tempat wisata yang wajib disinggahi seperti Iboih, di mana terdapat dua pantai yakin Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui.

Jika menginginkan pantai berpasir putih, maka mainlah ke Pantai Teupin Layeu. Jika ingin melihat keindahan pantai karang, pergilah ke Pantai Teupin Sirkui. Tak hanya pantai, namun destinasi lain seperti Tugu Nol Kilometer Sabang yang merupakan penanda geografis terjauh ujung barat Indonesia. Berada di sana akan membuat Anda merasakan sensasi berbeda yang sulit dijabarkan.

 

4. Penuh Festival di Pantai Boom (Banyuwangi)

Gambar diambil dari sini

Gambar diambil dari sini

Lokasinya berada di pusat Banyuwangi membuat Pantai Boom jadi salah satu destinasi yang mudah dikunjungi. Anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan ke sana jika posisi berada di alun-alun blambangan. Pantainya berpasir hitam yang bersih, sehingga terlihat seperti butiran kristal hitam yang elegan.

Pantai Boom sering pula menjadi tempat penyelenggaraan event besar seperti tarian kolosal gandrung yang bertajuk Sewu Gandrung atau Banyuwangi Beach Jazz, yang kesemuanya merupakan rangkaian acara Banyuwangi Festival 2016.

Jika sudah di Banyuwangi, sempatkan pula berjalan-jalan di Teluk Hijau atau akrab disebut Green Bay. Pantai berwarna biru kehijau-hijauan ini menjadi salah satu surga kecil yang menyimpan seribu keindahan. Pasir pantai yang lembut dan kealamian pemandangan yang tampak sungguh membuai hati. Tak jarang beberapa hewan langka seperti monyet akan sering dijumpai di sini.

 

5. Menyatu dengan Alam di Pulau Nikoi (Kepulauan Riau)

Pulau Nikoi

Gambar diambil dari sini

Tak diragukan lagi, Pulau Nikoi adalah salah satu provinsi yang memiliki bayak keindahan wisata, terutama pantai dan pulaunya. Salah satunya adalah Pulau Nikoi, yang dimasukkan dalam 10 pulau indah di Asia.

Dengan luas pulau sekitar 19 hektare dan terletak di timur laut Pulau Bintan, Pulau Nikoi mempunyai keindahan alami. Dikelilingi pantai berpasir putih dan karang koral warna-warni spektakuler dan garis pantai yang memesona. Keindahannya menjadikan Pulau Nikoi dinobatkan sebagai salah satu dari tiga finalis World Legacy Awards 2015 yang diselenggarakan National Geographic.

Akses menuju ke tempat ini dapat dimulai dari Kota Tanjungpinang, lkemudian menempuh perjalanan laut dengan speedboat sekitar 30 menit. Di pulau ini terdapat resort-resort yang dibuat senatural mungkin seolah menyatu dengan alam.

Bukan pemandangan asing jika Anda menemukan deretan pondok terbuat dari alang-alang berjejer menghadap pantai di pulau ini, sebab resort-nya sengaja dibuat begitu agar wisatawan yang datang dapat dengan mudah menikmati lanskap pantai seolah milik pribadi.

***

Itulah beberapa tempat wisata Indonesia yang memiliki potensi sebagai ‘Bali Baru’. Destinasi yang tak kalah indahnya, adanya akses untuk mencapai tempat tersebut, serta atraksi  pulau yang masuk kategori Bali Baru oleh Tim Phinemo.

Apakah Anda ingin menambahkan mana lagi destinasi yang layak jadi Bali Baru? Beri komentar Anda di bawah ini.

 

Baca juga:

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Sophie Maya

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran