Rekomendasi Waktu Terbaik Liburan Murah ke Luar Negeri pada 2018

Wisata naik unta di Abu Dhabi. Sumber foto

Saat membuat perencanaan liburan, persoalan biaya sering jadi pertimbangan utama. Dalam hal ini, perencanaan keuangan yang matang saat liburan menjadi kunci. Mau ke manapun dan seperti apapun gaya liburan seseorang, perencanaan keuangan yang matang jadi faktor penting lancar tidaknya liburan.

Hal pertama yang harus diperhitungkan tentu biaya perjalanan dan penginapan. Apalagi jika berencana liburan murah ke luar negeri, ada banyak hal lagi yang perlu diperhitungkan. Semisal tentang pemilihan waktu keberangkatan.

Booking.com, situs yang menghubungkan wisatawan dengan beragam pilihan akomodasi di seluruh dunia, coba melakukan perhitungan pada tahun 2018, mengenai waktu terbaik untuk berkunjung ke destinasi – destinasi populer di seluruh dunia. Waktu terbaik yang dimaksud adalah bulan berkunjung ke destinasi tersebut, di saat harga penginapan tak terlalu tinggi.

Baca: Prediksi tren traveling pada tahun 2018

Penentuan waktu terbaik tersebut berdasar pada pengambilan data kalkulasi harga di penginapan-penginapan bintang 3,4 dan 5 destinasi populer dunia, pada periode bulan Oktober 2016 hingga bulan Oktober 2017. 

Ini hasil kalkulasi mereka, waktu dan harga terbaik  untuk liburan murah ke luar negeri pada tahun 2018:

1. Januari – Copenhagen, Denmark

liburan murah ke luar negeri nyhavn copenhagen

Cantiknya Nyhavn, Copenhagen. Sumber foto

Wisata ke Copenhagen di bulan Januari dapat menghemat 41% dari bulan termahal di tahun 2018.

Sebagai ibu kota sebuah negara, Copenhagen bisa dibilang tidak terlalu padat dan ramai kendaraan bermotor. Kebanyakan warga lokal menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Hal yang tak boleh dilewatkan saat di sini antara lain mengunjungi Nyhavn, kanal dengan bangunan warna-warni berdiri megah di pinggirannya, menonton pergantian penjaga istana ratu di halaman Amalienborg, dan untuk kulinernya mungkin bisa coba di Copenhagen Street Food (Kamis – Minggu).

2. Februari- Buenos Aires, Argentina

liburan murah ke luar negeri buenos aires

Buenos Aires bak surga bagi pencinta wisata sejarah dan budaya. Sumber foto

Wisata ke Buenos Aires pada bulan Februari dapat menghemat 16% dari bulan termahal di tahun 2018.

Kota yang berjuluk ‘Paris of South America’ ini merupakan salah satu dari 20 kota terpadat di dunia. Sempatkan untuk mampir ke Teatro Colon, gedung opera terbesar kota ini. Atau Plaza Francia yang selalu semarak oleh berbagai atraksi seni budaya ala warga lokal. Jika ingin belanja suvenir khas, Calle Florida bisa jadi pilihan.

3. Maret- Kuta, Indonesia

liburan murah ke luar negeri

Kuta sudah sejak lama jadi ikon wisata di Bali. Sumber foto

Wisata ke Kuta pada bulan Maret dapat menghemat 33% dari bulan termahal di tahun 2018.

Jika memang tidak berencana liburan ke luar negeri, Bali bisa jadi pilihan. Bicara Bali, tak bisa tidak membahas Kuta. Tempat ini sudah sejak lama jadi salah satu ikon wisata pulau dewata. Kuta sangat ramai jelas, bersiaplah menghadapi itu. Di Kuta, coba main ke waterbom Bali, atau ke museum 3D di Dream Museum Zone, dan yang tak boleh terlewat tentu melihat sunset romantis di Pantai Kelan.

4. April- Zurich, Switzerland

liburan murah ke luar negeri zurich

Pulau Ufenau di Zurich. Sumber foto

Wisata ke Zurich pada bulan April dapat menghemat 15% dari bulan termahal di tahun 2018.

Zurich tergolong kota besar, namun masih nyaman dijelajahi dengan jalan kaki. Jika tertarik membeli chocolate ruffle, mampirlah ke toko Luxemburgerli. Lalu ada juga bangunan bersejarah Gereja Grossmunster. Yang tak boleh dilewatkan adalah ke pulau kecil di tengah Danau Zurich, Lutzelau dan Ufenau.

5. Mei – Melbourne, Australia

Makmur-Dimila---Gambar-7_Kangen-Melbourne-karena-20-Hal-ini

Suasana Melbourne membuat betah. Foto oleh Makmur Dimila/Kontributor Phinemo.com

Wisata ke Melbourne pada bulan Mei dapat menghemat 22% dari bulan termahal di tahun 2018.

Melbourne populer sebagai kota yang kaya akan budaya. Saat berada di sini, coba naik Trem City-Circle, yang akan membawa wisatawan keliling dari kawasan central hingga Docklands. Di trem, penumpang akan mendapat penjelasan mengenai objek menarik dan bersejarah yang dilewati. Selain itu, coba juga kunjungi Flinders Station dan Victoria State Library, dua spot ikonik yang tak pernah dilewatkan wisatawan di Melbourne.

Baca: Fakta menarik tentang Melbourne yang perlu diketahui.

6. Juni- Chiang Mai, Thailand

liburan murah ke luar negeri

Menariknya melihat aktivitas gajah. Sumber foto

Wisata ke Chiang Mai pada bulan Juni dapat menghemat 26% dari bulan termahal di tahun 2018.

Thailand tak hanya tentang Bangkok. Ada juga Chiang Mai, yang tahun belakangan ini sudah menarik perhatian banyak wisatawan dari seluruh dunia. Di sini ada Mae Sa Elephant Camp yang terletak di Mae Rim District, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Chiang Mai. Di dalam area camp, terdapat Baan Tong Luang yang merupakan tempat tinggal 6 suku asli di kawasan utara Thailand, termasuk yang paling populer adalah ‘leher panjang’.

7. Juli- Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

abu dhabi

Wisata naik unta di Abu Dhabi. Sumber foto

Wisata ke Abu Dhabi pada bulan Juli dapat menghemat 46% dari bulan termahal di tahun 2018.

Abu Dhabi dikenal sebagai pusat pemerintahan di Uni Emirat Arab. Ada Ferrari World, taman bermain superluas, Pantai The Corniche, atau tempat bersejarah Qasr Al – Hosn Palace. 

8. Agustus- Rio de Janeiro, Brazil

liburan murah ke luar negeri rio de janiero

Patung ‘Kristus Sang Penebus’ di puncak Gunung Corcovado di Taman Nasional Hutan Tijuc. Sumber foto

Wisata ke Rio pada bulan Agustus dapat menghemat 40% dari bulan termahal di tahun 2018.

Kota terbesar kedua di Brasil ini memiliki semua yang dicari wisatawan, seperti hamparan pantai berpasir putih hingga lanskap pegunungan dan pelabuhan yang cantik. Tidak mengherankan jika Rio de Janeiro memiliki julukan ‘cidade maravilhosa‘ yang berarti ‘kota yang luar biasa’. Selain Patung Kristus, spot lain yang layak dikunjungi di sini adalah Pantai Ipanema dengan hamparan pasir putihnya. Atau Jrdim Botanico yang memiliki koleksi lebih dari 8000 spesies tanaman.

9. September – Kota Meksiko, Meksiko

mexico city

Banyak wisata sejarah di Mexico city. Sumber foto

Wisata ke Kota Meksiko pada bulan September dapat menghemat 46% dari bulan termahal di tahun 2018.

Jangan sampai melewatkan beberapa tempat yang ada di Mexico City seperti misal Cultural Polyforum, sebuah tempat yang menjadi tuan rumah terbesar karya mural di dunia yang disebut “La Marcha de la Humanidad”.  Atau Museum Tequila yang menyimpan koleksi minuman dari berbagai daerah di Meksiko.

10. Oktober – Auckland, New Zealand

liburan murah ke luar negeri

Wisata Sky Tower di Auckland. Sumber foto

Wisata ke Auckland pada bulan Oktober dapat menghemat 16% dari bulan termahal di tahun 2018.

Auckland diapit 2 pelabuhan alam besar, Waitemata Harbour dan Manukau Harbour. Hal yang tak boleh dilewatkan di sini adalah Sky Tower, yang akan jadi favorit para adrenaline junkies, atau bisa juga mengunjungi Pulau Waiheke yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah.

11. November – Athena, Yunani

liburan murah ke luar negeri kuil parthenon

Kuil Parthenon yang jadi ikon Athena. Sumber foto

Wisata ke Athena pada bulan November dapat menghemat 31% dari bulan termahal di tahun 2018.

Sama seperti Roma, Athena merupakan salah satu kota tertua di dunia. Liburan ke kota ini tak perlu takut kantong jebol, banyak spot wisata bersejarah murah nan menarik di sini, seperti Kuil Parthenon, Theatre of Dionysus, Temple of Olympian Zeus dan Temple of Hephaestos. 

12. Desember – Amsterdam, Belanda

Ikon Kota Amsterdam. Sumber foto

Wisata ke Amsterdam pada bulan Desember dapat menghemat 35% dari bulan termahal di tahun 2018

Ke Amsterdam, tidak lengkap jika belum berfoto di depan patung tulisan ‘I Amsterdam’. Atau jika menyukai bangunan bersejarah bisa mengunjungi Museum Square atau Rijksmuseum, museum paling populer di Belanda dengan tingkat kunjungan hingga 2,2 juta/tahun. 

***

Perhitungan harga yang dilakukan Booking.com merupakan harga rata- rata per-hari. Kota- kota yang diulas di atas diakui, setelah adanya lebih dari 10,000 pemesanan selama setahun.

Dapatkan ulasan menarik tentang tren traveling dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar