Travel Fashion: Jangan Asal Trendy, Nyamankah dengan Apa yang Kamu Pakai?

Foto diambil dari Leonardo Slatter

Menjelajah Indonesia tidak akan puas jika menghabiskan waktu hanya di pantai saja, di keramaian kota saja, atau di bertualang di hutan-hutan saja. Awal menekuni hobi traveling, saya selalu membawa barang-barang yang hanya pakaian yang saya suka tanpa mempedulikan tempat dan fungsi. Namun kini saya mulai belajar melihat situasi dan kondisi untuk menentukan baju apa yang saya kenakan di perjalanan.

Pernah suatu ketika di pendakian Merapi, saya melihat seorang wanita di papah saat menuruni gunung. Usut punya usut, ternyata ia terkilir akibat terpeleset. Ia mengenakan sepatu kets yang kurang mantap daya cengkeramnya. Saya lihat pula ia mengenakan celana jeans yang kaku dan ketat, pasti berpengaruh pada ruang geraknya.

Ada beberapa hal tentang fashion saat traveling agar tak asal trendy dan perjalananmu lebih nyaman;

Fashion untuk menjelajah kota

travel-fashion

Foto diambil dari Leonardo Slatter

Surabaya, Jakarta, Bandung adalah contoh dari kota yang bisa kamu jelajahi sisi metropolitannya. Kamu bisa bermain di mall super megah, bermain di taman rekreasi, bisa berjalan-jalan di taman kota sambil menikmati suasana, atau menjelajah kota yang tertata rapi sambil belanja fashion. Kota-kota tersebut memiliki cuaca yang panas terik dan berdebu. Pastikan saat berkeliling, kamu gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal tapi menutup semua bagian tubuh dari panas. Tidak salah kalau kamu menggunakan hot pants atau baju-baju tanpa lengan, kalau cuaca mendukung. Kamu bisa menggunakan sepatu kets atau sandal yang nyaman untuk jalan santai.

Saat tujuanmu ke mall atau nongkrong di cafe, saya bisa sarankan untuk gunakan dress, rok, atau baju yang santai tapi trendy dengan paduan high heels dan tas jinjing.

Fashion untuk menjelajah alam (trekking)

baju-outdoor

Foto oleh Nia Nastiti

Saat awal mendaki, saya pun pernah seperti wanita yang lihat dipapah di pendakian merapi, memaksakan untuk menggunakan sepatu kets dan celana jeans. Alasannya biar tetap terlihat keren walaupun di hutan. Nyatanya celana tersebut malah menyulitkan saya ketika melewati medan menanjak dan terjal. Ditambah sepatu tersebut membuat semua ujung jari kaki berdenyut pegal. Sedangkan teman saya tanpa rasa sakit, dengan leluasa tetap nyaman menikmati perjalanan. Pakaian dan sepatu yang nyaman adalah poin yang perlu diutamakan. Celana training yang nyaman dan lentur untuk melangkah dan juga sepatu hikking serta kaus kaki adalah pilihan yang harus dipilih. Untuk alas, pakai sepatu dengan 1 ukuran lebih besar dari ukuranmu sebenarnya di kegiatan outdoor seperti ini.

Fashion untuk menjelajah Pantai

baju-pantai

Foto diambil dari My Bali Gift

Indonesia yang terdiri lebih banyak perairan yang membuatnya memiliki pantai-pantai cantik di segala daerah. Pantai di deretan gunung kidul Yogyakarta, Bali, Lombok dan banyak pantai-pantai indah lainnya yang berada di pulau lain.

Baju renang akan sangat cocok digunakan di tempat ini, dress pantai yang ringan, ataupun kain-kain pantai yang akan berkibar. Namun bagi warga muslim, bisa menggunakan pakaian tertutup namun tidak terlalu tebal.Tidak perlu membawa sepatu  ke sini. Alas kaki tersebut menyulitkan ketika berjalan di pasir. Pasir-pasir akan masuk ke dalam sepatudan pilihan terakhir adalah saya harus berjalan tanpa alas kaki di pasir pantai yang panas. Penggunaan sandal jepit lebih membuat saya nyaman.

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rani Suryatama

Tags:

Paket Produk Penawaran