Tip Liburan ke Luar Negeri Murah Saat Rupiah Melemah

ilustrasi kondisi rupiah yang kini kian melemah

Liburan ke luar negeri murah tetap dapat Anda nikmati meski kini nilai tukar rupiah sedang melemah. Ada beberapa hal yang bisa Anda siasati dalam kondisi seperti ini.

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Honeymoon di Bali, Romantis dan Bikin Kantong Irit

Berikut adalah beberapa tip liburan ke luar negeri murah yang bisa Anda terapkan supaya isi kantong aman terkendali, namun tetap bisa berlibur dan menghabiskan waktu dengan bahagia.

1. Mengubah destinasi tujuan

Liburan ke luar negeri murah bisa dinikmati dengan memerhatikan negara mana yang akan Anda tuju. Sebaiknya, ubah destinasi liburan Anda ke negara dengan nilai tukar rupiah yang tidak terlalu mahal.

Anda bisa memilih beberapa destinasi negara di kawasan Asia Tenggara maupun Asia Selatan seperti Filipina, Vietnam, India, Nepal, dan lain-lain.

Anda juga tetap dapat memilih beberapa negara di kawasan benua Eropa maupun Amerika, namun disarankan Anda memilih negara tujuan yang tak menggunakan dolar AS sebagai mata uang utama.

Liburan ke luar negeri murah

tentukan tujuan negara (Foto/herpackinglist)

2. Menyiapkan uang tunai

Jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai yang akan Anda pakai saat akan menuju ke negara tujuan. Anda tak disarankan untuk menukarkan uang di money changer negara tujuan.

Hal ini sebagai antisipasi karena nilai tukar di negara tersebut belum tentu rendah. Selain berfungsi sebagai antisipasi, menyiapkan uang tunai juga dapat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi dengan lebih cepat.

3. Memanfaatkan kartu kredit

Salah satu trik liburan ke luar negeri murah adalah dengan memanfaatkan kartu kredit, hal ini bisa menjadi pilihan lain selain menyiapkan uang tunai. Transaksi dengan kartu kredit memungkinkan Anda untuk mendapatkan rate yang murah.

Tak hanya itu, biasanya kartu kredit juga menyediakan promo-promo untuk transaksi di luar negeri. Hal ini tentu saja bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran.

Liburan ke luar negeri murah

Kartu kredit, trik liburan ke luar negeri murah. (Foto/liputan6)

4. Mengikuti perkembangan kurs terbaru

Menjadi penting bagi Anda untuk mengikuti perkembangan kurs terbaru, hal ini dapat membantu Anda untuk merencanakan perjalanan dan budgeting dengan lebih mudah.

Rencana pengeluaran dalam perjalanan dapat berupa bujet destinasi, transportasi, akomodasi, dan sebagainya.

5. Mencari promo tiket pesawat

Meski kini kondisi rupiah sedang melemah, liburan ke luar negeri murah bisa Anda siasati dengan mencari promo-promo tiket pesawat.

Dengan memanfaatkan berbagai promo yang ada, Anda bisa mendapatkan harga tiket yang cukup miring.

Baca Juga: Rekomendasi Hostel Murah di Bali dengan Tarif di Bawah Rp50 ribu

6. Memanfaatkan relasi

Terakhir, manfaatkanlah sebaik mungkin jaringan dan pertemanan di negara tujuan yang akan Anda kunjungi. Bila Anda memiliki sanak famili maupun kenalan di sana, jangan sungkan untuk meminta bantuan.

Anda dapat bertanya mengenai penginapan murah di sana maupun tempat wisata yang indah namun tak perlu mengeluarkan bujet berlebih untuk menuju ke destinasi itu.

Dapatkan ulasan menarik tentang Tips dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar