Sidebar

Cara Memesan Tiket Kereta Lokal Melalui Aplikasi KAI Access

Mengingat kereta lokal merupakan fitur baru di KAI Access, banyak yang belum begitu mengerti terkait cara memesan tiketnya. Berikut disajikan langkahnya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Tidak hanya kereta antar kota (Intercity Train) saja, sejak 1 September 2019 lalu, KAI Access juga melayani pembelian tiket kereta lokal (Local Train). Kereta lokal adalah layanan transportasi kereta api untuk daerah tertentu saja, berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya. Berbeda dengan kereta antar kota, kereta lokal termasuk jenis kereta lambat dengan jarak tempuh paling jauh 100 km. Terdapat sekitar 29 kereta lokal yang dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access.

Mengingat kereta lokal merupakan fitur baru di KAI Access, masih banyak yang belum begitu mengerti terkait cara memesan tiketnya. Oleh karena itu berikut disajikan langkah-langkahnya.

1. Instal KAI Access

Bagi yang belum memiliki aplikasi KAI Access, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan isntal. Dapat diunduh gratis di Play Store. Pastikan bahwa aplikasi dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia. Setelah proses instal selesai, tahap selanjutnya adalah membuat akun dengan melakukan registrasi akun di aplikasi KAI Access.

2. Daftarkan Akun di KAI Access

Pendaftaran dan registrasi akun dilakukan dengan mengisi identitas diri berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat surel, nomor ponsel, dan nomor kartu identitas seperti KTP atau paspor. Pastikan identitas yang terisi adalah benar dan sesuai dengan kartu identitas. Nantinya satu akun dapat digunakan untuk membeli maksimal empat tiket dalam sekali perjalanan.

3. Masuk Menu Local Train

Setelah pendaftaran selesai, selanjutnya masuk ke menu Local Train untuk pembelian tiket kereta lokal. Perlu diketahui bahwa tidak semua wilayah memiliki akses kereta lokal. Sebagai contoh, Prambanan Ekspres (Prameks) hanya melayani rute Solo – Jogja, sedangkan Joglosemarkerto melayani rute Jogja – Solo – Semarang – dan Purwokerto. Dalam satu hari, kereta lokal dapat berangkat beberapai kali dari pagi hingga sore hari.

4. Pilih Tanggal Keberangkatan

Langkah selanjutnya pilih tanggal keberangkatan, stasiun awal, dan stasiun tujuan. Pilih jadwal keberangkatan yang sesuai dengan jadwal anda lalu pesan. Setelah pemesanan selesai akan muncul nama dan nomor identitas akun pada halaman e-ticket. Pastikan identitas dan waktu keberangakatan sudah benar untuk menghindari kesalahan tekhnis.

5. Pembayaran

Terakhir adalah melakukan pembayaran. Pembayaran kereta lokal hanya dapat dilakukan melalui e-wallet Link Aja. Waktu pemesanan mulai H-30 hingga H-7 keberangkatan, serta di hari keberangkatan atau go show. Tidak ada fitur untuk memilih tempat duduk di kereta lokal. Berbeda dengan kereta antar kota, kereta lokal beberapa penumpang harus berdiri.

6. Scan Boarding

Penumpang yang membeli tiket melalui KAI Access tidak perlu mencetak tiket fisik, cukup memperlihatkan kepada petugas atau scan langsung e-ticket di alat pemindai barcode. E-ticket dapat dilihat di menu My Trips. Petugas akan mencocokan identitas yang ada di e-ticket dengan identitas asli penumpang seperti KTP, SIM, atau paspor.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Casa Sosrowijayan Jogja, Penginapan AirBnB Unik di Jalan Malioboro

Makam Tua di Batam, Tujuan Wisata Religi di Lautan Selat Malaka

YATS Colony Yogyakarta, Hotel Ekslusif yang Sering Disinggahi Artis

Grand Tjokro Yogyakarta Hotel, Penginpan Mewah dengan Harga Murah

Sejarah Labuan Bajo, Tanah Lahir dari Ras Manusia Ikan Asli Nusantara

Kenapa Orang Jawa Dibenci Masyarakat Luar Pulau Jawa? Ini Alasannya

FALLBACK
The END