Inilah Referensi Tempat Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi Pas Tanggal Tua di Makassar dan Sekitarnya!

Sumber

Sesungguhnya tanggal tua hanyalah masalah angka, yang penting piknik.

Tanggal tua bisa menjadi hari yang sangat menyebalkan karena dengan uang yang pas-pasan Kamu pun harus mikir dua kali untuk jalan-jalan. Buat makan saja harus cari yang murah biar cukup sampai tanggal 1. Hal itu selalu dirasakan oleh setiap orang di tanggal-tanggal kritis seperti tanggal tua gitu. 

Buat Kamu yang ada di Makassar dan sekitarnya, Kamu tetap bisa jalan-jalan asik di berbagai destinasi wisata murah buat membunuh kebosanan saat tanggal tua lho. Cek di sini ya:

1. Duduk-duduk ditepian pantai Losari bisa membunuh kebosanan saat tanggal tua

Duduk santia aja di pinggir pantai Sumber

Pantai Losari adalah pantai yang ada di Makasar yang bisa jadi tempat nongkrong anak-anak muda di sore hari. Kamu bisa tuh main-main ke sana, duduk dan menikmati pantai yang luas pun bakal jadi kegiatan yang menyenangkan. Jangan lupa bawa makanan sendiri biar tambah irit dan nggak banyak keluar duit. 

2. Jacuzzi alami di Pemandian Alam Air Panas Lejja bisa jadi alternatif di tanggal tua

Jacuzzi murah nih Sumber

Mungkin di tanggal tua Kamu butuh relaksasi seperti jacuzzi. Tapi Jacuzzi di hotel akan menguras kantong apalagi di tanggal tua seperti ini. Kamu bisa datang ke Jacuzzi alami di Pemandian Alam Air Panas Lejja. Kolam berendam air hangat ini bisa Kamu temukan di kawasan hutan lindung Marioriawa Kabupaten Soppeng, Makassar. 

Oiya, ada yang unik dari Jacuzzi ini. Kamu bisa menggantungkan botol atau kaleng di pohon dekat sumber mata air Lejja itu. Konon botol dan kaleng yang di gantung adalah sebuah pengharapan.

3. Melihat kawanan kupu-kupu, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung aja

Cantik lho lihat kupu-kupu Sumber

Biar nggak murung Kamu yang tinggal di daerah Maros, Makassar, bisa datang ke Taman Nasional Bantumurung sambil melihat kawanan kupu-kupu yang indah bertebaran ke sana-ke mari. Ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan beberapa jenis kupu-kupu lainnya. Ya kalau di total hampir 250 jenis kupu-kupu. 

Di sana juga ada 80 goa alam dan goa prasejarah. Kamu juga bisa melihat pemandangan karts yang indah di sekitaran taman nasional itu. 

4. Main-main ke Tanjung Bira sambil melihat sunrise dan sunset biar Kamu nggak galau mikirin dompet

Kamu boleh nonkrong di sini dari sunrise sampai sunset Sumber

Kalau pas tanggal tua Kamu butuh tempat yang bisa mengobati rasa gelisahmu karena isi dompet yang miris. Keindahan sunrise dan sunset di Tanjung Bira bisa mengobati gelisahmu. Kamu pun tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk masuk ke kawasan tanjung Bira yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Berjarak sekitar 200 kilometer dari kota Makassar.

5. Kalau bosan dengan pantai Losari mungkin ke Benteng Ujung Pandang ( Fort Rotterdam )

Yuk belajar  sejarah Sumber

Kalau Kamu sudah bosan nongkrong di pinggiran Losari, Kamu bisa jalan ke Benteng Ujug Pandang (Fort Rotterdam). Lokasi Benteng ini nggak jauh dari pantai Losari. Benteng ini dibangun pada masa raja ke-9 kerajaan Goa-Tallo tahun 1545. Dulunya bangunan ini hanya terbuat dari tanah liat dan putih telur lho. Pada kejayaan raja ke-14 bangunan ini disempurnakan. 

6. Melihat proses pembuatan perahu Pinisi bisa buat Kamu lupa kalau lagi bokek

Liburan unik ke tempat galangan kapal Sumber

Kamu bisa melihat suku Bugis Makasar saat membuat perahu pinisi. Pusat kerajinan Perahu Phinisi ini terdapat di Tana Beru. Proses pembuatan perahu pinisi ini cukup unik karena pembuatannya memadukan keterampilan teknis dan kekuatan magis. Mereka percaya ada hari baik untuk mencari kayu yang biasanya jatuh pada hari ke-5 dan ke-7 di bulan yang sedang berjalan.

Konon angka 5 menyimbolkan naparilimai dalle‘na, yang berarti rezeki sudah di tangan sedangkan angka 7 menyimbolkan natujuangngi dalle‘na, yang berarti selalu mendapat rezeki. Sedangkan proses pembuatan 1 perahu bisa mencapai 3 sampai 6 bulan. 

7. Jalan-jalan mengenang Kerajana Goa ke Museum Balla Lompoa juga bisa jadi alternatif di tanggal tua

Masuk ke dalam unik kali ya! Sumber

Museum Balla Lompoa ini merupakan hasil rekontruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada tahun 1936 oleh Raha Gowa ke-31. Seperti di dalam Benteng Somba Opu, museum ini berbentuk rumah khas bugis yang terbuat dari kayu besi atau kayu ulin. Keunikan dari rumah panggung ini adalah dibuat dengan struktur kayu terbesar di Dunia. Museum ini terletak di Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 39, Kabupaten Gowa, Makassar.

8. Kamu bisa mengunjungi Benteng Somba Opu yang dibangun oleh Sultan Gowa ke IX

Benteng ini bisa jadi tempat alternatif Sumber

Benteng ini sangat bersejarah lho! Dulunya benteng ini dijadikan sebagai pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah dari Asia dan Eropa. Tapi pada tahun 1980-an kawasan ini dikuasai dan dihancurkan oleh VOC. Seorang ilmuan menemukan benteng ini dan direkontruksi ulang biar tampak lebih baik. Kamu bisa mengunjungi benteng ini di Jl. Daeng Tata Kab. Gowa, Makassar.

9. Mungkin Kamu bisa lebih bersyukur saat berkunjung di Kawasan Adat Ammatoa

bersyukurlah saat tanggal tua Sumber

Kawasan adat ini terletak di sekitar 56 KM dari Bulukumba bisa Kamu jadikan tempat alternatif di tanggal tua. Pola hidup masyarakat di sana tergolong unik karena jauh dari pola hidup modern atau kekinian. Kamu bisa belajar mensyukuri hidup saat berkunjung di sana. 

***

Nah dari 9 destinasi mana yang lebih pas buat suasana tangal tuamu jadi lebih ceria dan berarti. Jika ada destinasi lainnya Kamu bisa share di juga lho!

Baca juga pilihan destinasi di phinemo.com

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar