7 Tempat Wisata Anak di Bandung

Tak perlu bingung mengajak anak berlibur, ada banyak tempat wisata anak di Bandung yang bisa jadi tempat untuk liburan sekaligus belajar banyak hal.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Anak-anak butuh banyak berlibur agar dia tumbuh menjadi seorang yang sehat, ceria dan bisa mengenal banyak hal. Itulah mengapa perlu untuk mengajak anak-anak rutin berlibur ke tempat wisata anak yang tak hanya memberikan hiburan, tapi juga memberikan edukasi. Akan lebih baik lagi kalau mengajak anak-anak berwisata alam, sehingga ia akan tumbuh jadi anak yang lebih cinta pada alam.

Bandung bisa dibilang punya banyak pilihan tempat wisata anak yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Udaranya yang masih sejuk dan alamnya yang indah menjadikan kota ini cocok untuk berlibur bersama anak-anak. 

Baca juga: Rekomendasi tempat glamping di Bandung untuk keluarga yang ingin mengenalkan alam pada anak-anak. 

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata anak di Bandung yang bisa dikunjungi pada akhir pekan atau saat musim liburan:

1. Mengajak anak untuk mengenal berbagai jenis hewan di Farm House Lembang

tempat wisata anak

Anak-anak sedang bermain dengan domba. Foto dari @farmhouselembang

Farm House Lembang merupakan salah satu tempat wisata anak di Bandung yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Untuk anak-anak, Farm House Lembang bisa jadi destinasi wisata edukasi. Di sini anak-anak bisa mengenal berbagai jenis hewan, seperti misalnya kalkun, kelinci, anak sapi, iguana, ayam, sugar glider, dan berbagai jenis burung salah satunya kakak tua.

Anak-anak juga tak hanya boleh melihat hewan ini, namun  bisa mengelus dan memberikan mereka makan. Anak-anak bisa memberikan makan anak sapi, sekaligus melihat proses pemerasan susu sapi. Udara sejuk pegunungan juga akan membuat anak-anak lebih betah berlama-lama di Farm House Lembang. 

2. Menghabiskan malam di alam terbuka bersama anak-anak di Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

tempat wisata anak

Camping bersama anak-anak. Foto dari @ciwideyvalley

Jika ingin mulai mengenalkan anak-anak pada alam dan membuatnya lebih dekat dengan alam, cobalah untuk mengajak mereka camping di Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Di sini terdapat area camping ground yang bisa disewa untuk satu keluarga. Saat malam, ajak anak-anak untuk melihat indahnya langit dengantaburan bintang yang cantik. Saat pagi hari, ajak mereka menghirup segarnya udara pegunungan yang mungkin sudah jarang ditemui di kota.

Dari sini anak-anak juga bisa belajar tentang mencintai dan menjaga kelestarian alam. Dengan begitu sedikit demi sedikit akan tumbuh rasa cinta pada alam dan isinya. 

3. Mengenalkan berbagai rambu lalu lintas sejak dini pada anak-anak

tempat wisata anak

Bermain sambil belajar rambu lalu lintas. Foto dari @intan_aadkkng

Pentingnya memberikan edukasi sejak dini pada anak-anak tentang peraturan rambu lalu lintas harus menjadi perhatian bagi para orang tua. Untuk yang berada di Bandung harusnya edukasi ini bukan lagi jadi kendala, karena sudah ada Taman Lalu Lintas. Di sini terdapat berbagai macam alat transportasi yang bisa dinaiki anak-anak lengkap dengan segala rambu lalu lintasnya. 

Jadi selain bisa belajar tentang jenis transportasi, anak-anak juga bisa memahami berbagai macam rambu lalu lintas. Adanya edukasi sejak dini akan menciptakan generasi muda yang patuh dan disiplin dalam hal berlalu lintas. 

Baca juga: Rekomendasi taman di Bandung yang ramah untuk dewasa dan juga anak-anak.

4. Jendela Alam Bandung, peternakan yang bisa jadi wisata edukasi anak

tempat wisata anak

Berwisata sambil belajar. Foto dari @jendelaalambandung

Jendela Alam merupakan salah satu tempat wisata anak yang tak hanya menyajikan keindahan alam, tapi juga menyajikan wisata edukasi. Jendela Alam sendiri merupakan wisata alam yang diperuntukkan bagi keluarga, anak-anak dan rombongan sekolah. 

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Jendela Alam misalnya Tour Sahabat Alam, Berkebun Konvensional, Berburu Harta Karun, Panen Telur dan banyak lagi. Tour Sahabat Alam merupakan aktivitas berkeliling kawasan wisata Jendela Alam bersama seorang tour guide. Di sini anak-anak akan diajak melihat lebih dekat peternakan dan perkebunan. Selain itu ada juga aktivitas Berkebun Konvensional, di mana anak-anak bisa bercocok tanam secara tradisional layaknya para petani di desa. 

5. Asyiknya mengajak anak-anak menghabiskan hari Minggu dengan ikut cooking class

tempat wisata anak

Peserta cooking class. Sumber

Jika sedang bingung memilih aktivitas yang menghibur untuk anak saat hari Minggu tiba, mungkin mengajaknya mengikuti cooking class bisa jadi pilihan yang pas. Centropunto Indofusion Resto, merupakan salah satu tempat wisata anak di Bandung berupa resto yang menyiapkan kelas memasak khusus anak-anak dihari Minggu. Jika ingin mengikuti kelas ini, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebab antriannya yang selalu mengular. 

Di resto ini, anak-anak tak hanya bisa bersantai sambil menikmati makanan lezat. Tapi juga ikut tahu proses pembuatannya. Jadi mereka akan makin menghargai makanan yang mereka miliki. 

6. Memberikan pengalaman tak terlupakan bagi anak dengan menjadikannya sebagai cowboy cilik

tempat wisata anak

Berkuda ala cowboy cilik. Foto dari @deranchlembang

Tak ada salahnya sesekali mengajak anak untuk berpetualang dan membuatnya mirip dengan cowboy seperti dalam serial TV. De Ranch, salah satu tempat wisata anak yang menyajikan atraksi berkuda bagi orang dewasa dan juga anak-anak. Tak sekedar berkuda, anak-anak akan dipinjami kostum ala cowboy, lengkap dengan aksesoris baju dan sepatu cowboy. 

Ada juga berbagai macam permainan yang bisa dimainkan bersama anak-anak, misalnya balon air, peti luncur dan memancing di kolam. 

7. Padepokan Dayang Sumbi, tempat belajar segala hal tentang sutera

tempat wisata anak

Asyiknya belajar tentang ulat sutera. Sumber

Padepokan Dayang Sumbi merupakan tempat wisata anak dan juga dewasa yang akan memberikan edukasi tentang sutera. Di sini anak-anak bisa melihat langsung bentuk ulat sutera dan cara merawat serta mengolahnya menjadi sebuah kain.

Anak-anak juga akan diajak untuk memberi makan langsung ulat sutera ini, namun tetap dengan pengawasan petugas padepokan. Anak-anak juga akan diajak melihat langsung bagaimana proses pembuatan kain sutera dengan cara menenun. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BANDUNG, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post