Sidebar

Taman Sari Yogyakarta dan Potret Keindahannya yang Instragramable

Taman Sari menyajikan keindahan ethnic khas Keraton Yogyakarta yang sangat cocok untuk titik berfoto. Tak mengherankan jika menjadi tempat favorit di Jogja.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Taman Sari berlokasi di Jalan Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan, Yogyakarta. Taman Sari merupakan situs bersejarah yang dibangun oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tahun 1758-1765/9 di era kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono I. Pembangunan Taman sari dipimpin oleh arsitek keraton bernama Tumenggung Mangundipuro.

Awal pembangunannya Taman Sari mendapat julukan sebagai The Fragrance Garden. Luas total Taman Sari sekitar 10 Ha dengan bangunan didalamnya berjumlah 57 buah, meliputi jembatan gantung, kolam pemandian, lorong, pulau buatan, danau buatan, gedung, dan masih banyak banyak lagi. Komplek Taman Sari terbagi atas empat bagian dengan fungsi yang berbeda-beda.

Taman Sari menyajikan keindahan ethnic khas Keraton Yogyakarta yang sangat cocok untuk titik berfoto. Tak mengherankan jika tempat ini menjadi tempat favorit bagi generasi milenial yang menggemari fotografi dan selfi. Berikut disajikan potret keindahan Taman Sari yang diambil dari laman Instragram.

Bagian depan Taman Sari Yogyakarta (Instagram/@ourhappyfootprints)

Bagian depan Taman Sari Yogyakarta yang megah berupa pintu gerbang dengan ukiran eksotis di bagian dindingnya. Berfoto di tempat ini akan menghasilkan foto apik nan instagramable.

Kolam Pemandian Umbul Binangun di Taman Sari Yogyakarta (Instagram/@_fatiikha)

Pemandian Umbul Binangun adalah salah satu komplek bangunan di Taman sari Yogyakarta yang dulunya digunakan sebagai pemandian bagi keluarga kerajaan. Di tempat ini terdapat bekas air mancur berbentuk jamur.

Bangunan kuno di kompleks Taman Sari (Instagram/@irmalasaputri).

Bahkan berfoto diantara bangunan kuno yang ada di komplek Taman Sari dapat menghasilakn gambar potret diri yang apik dengan kesan kuno yang indah.

Puing Masjid Gumuling di komplek Taman Sari Yogyakarta (Instagram/@wirayudhahasan346).

Masjid Sumur Gumuling merupakan bagian berlantai dua berbentuk cincin yang berada di sebelah barat Pulo Kenongo. Untuk mencapai tempat ini hanya dapat dijangkaui melalui terowongan air saja. Dahulunya tempat ini adalah masjid di komplek Taman sari Yogyakarta. Titik ini menjadi salah satu spot favorit berfoto para pengunjung yang datang.

Terowongan air di komplek Taman sari Yogyakarta (Instagram/@dinal.bigd).

Terowongan air di komplek Taman Sari Yogyakarta pun bisa menjadi spot foto yang instagramable. Kesan kuno dari bangunan kusam dan penuh lumut menjadikan lokasi ini menjadi spot terbaik untuk berfoto.

Bagaimana, sangat Instragramable bukan foto-foto diatas? Tunggu apalagi, bagi kamu yang belum merencanakan liburan akhir pekan nanti, tempat ini menjadi rekomendasi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Seram di Jogja yang Membuat Bahagia, Cocok untuk Staycation!

5 Promo Hotel Malioboro untuk Libur Panjang Oktober, Mulai Rp 65 Ribu!

Upala Java Huise, Hotel Seram di Hutan Jogja yang Membuat Bahagia

5 Hotel Mewah di Jalan Malioboro dengan Harga Dibawah Rp 500 Ribu

Rumah Senjakala Jogja, Hotel Murah di Tengah Hutan yang Tersembunyi

5 Hotel AirBnb di Jogja Paling Seru untuk Staycation Setelah Pandemi

FALLBACK
The END