Alasan Mengapa Ban Pesawat Harus Segera Dilipat Setelah Take Off

ban pesawat atau landing gear harus dimasukkan setelah lepas landas selesai (Foto/Kompas)

Proses lepas landas atau yang lebih dikenal dengan istilah take off merupakan tahap dalam penerbangan ketika pesawat terbang pada suatu transisi dari berjalan di landasan untuk terbang di udara, pada umumnya di suatu landasan pacu.

Ketika Anda menaiki pesawat dan duduk di sebelah kaca jendela, pernahkah Anda memerhatikan dna merekam apa saja yang terjadi ketika proses lepas landas pesawat berlangsung? Adalah sesuatu yang mengganjal atau selalu menjadi tanda tanya bagi Anda?

Baca Juga: Arti Bunyi “Ding” di Pesawat Terbang yang Perlu Anda Ketahui

Yang terjadi setelah pesawat take off

Jadi, ketika proses take off selesai rupanya ada suatu standar dimana ban atau roda pesawat harus segera dilipat atau dimasukkan.

Jawaban akan pertanyaan mengapa ban pesawat harus segera dilipat sesaat setelah pesawat lepas landas atau take off dibagikan oleh akun twitter Angkasa Pura.

Angkasa Pura melalui akun twitternya @AP_Airports menjelaskan bahwa kondisi seperti ini, melipat ban atau roda pesawat segera setelah lepas landas karena untuk mengurangi gaya hambat udara.

Menjelang lepas landas, landing gear harus segera dimasukkan ke dalam badan pesawat, sehingga dapat mengurangi gaya hambat udara saat terbang dengan kecepatan tinggi. Upaya ini dilakukan juga untuk menghindari kerusakan landing gear ketika diterpa angin yang sangat kencang.

Ban atau rpesawat (Landing Gear) atau yang dikenal pula sebagai undercarriage berguna untuk membawa pesawat dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat ‘naik’. Ban pada pesawat akan disimpan begitu tidak bersentuhan lagi dengan landasan pacu.

Dilansir AeroNewsTV,  penyimpanan ban pesawat juga dilakukan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, sehingga dapat terbang lebih cepat.

Baca Juga: Memprihatinkan, Inilah yang Terjadi Ketika Pesawat Mengalami Turbulensi

Dari segi keamanan, penyimpanan landing gear aau ban pesawat ini dilakukanpula agar pesawat dapat mendarat dengan aman di landasan pacu.

Dapatkan ulasan menarik tentang pesawat dan tulisan Lain dari Himas

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

REKOMENDASI

POPULER MINGGU INI

Sorry. No data so far.