Sidebar

Sungai Amazon, Sungai Terpanjang di Benua Amerika yang Liar

Sungai Amazon adalah sungai terapanjang di Benua Amerika, dan menjadi terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil di Benua Afrika.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sungai Amazon adalah sungai terapanjang di Benua Amerika, dan menjadi terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil di Benua Afrika. Aliran air Sungai Amazon begitu deras bahkan dianggap yang terkuar, membawa debit air lebih besar dari Sungai Nil, Sungai Misissipi, dan Sungai Yangtze. Muara Sungai Amazon menuju Samudera Atlantik di timur Benua Amerika.

Bagian utama Sungai Amazon memiliki lebar mencapai 6 mil hingga dapat kapal uap samudera besar sejauh 800 mil menuju arah hulu wilayah Manaus di Amazonas, Brasil. Air yang mengalir di Sungai Amason berasal dari pegunungan yang memanjang di Benua Amerika. Menurut catatan peneliti, sumber paling jauh ditermukan dari Dataran Tinggi Inter-Andes yang berada dekat dengan Samudera Pasifik.

(Instagram/rodex1313_blogger)

Wilayah Sungai Amazon sangatlah liar, dikelilingi oleh hutan-hutan yang gelap penuh oleh berbagai jenis hewan buas dan Suku Pedalaman. Jika tidak berhati-hati, penjelajahan Sungai Amazon bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Bagian perairan Sungai Amazon merupakan habitat bagi gerombolan ikan piranha, anaconda hijau, belut listrik, dan buaya caiman hitam.

Terdapat satu suku yang mendiami wilayah Sungai Amazon, dikenal dengan nama Suku Amazon. Suku Amazon sangatlah unik karena hanya terdiri dari kaun wanita saja. Para wanita Suku Amazon dapat meneruskan keturunan dengan menculik pria-pria pilihan untuk dijadikan suami semalam. Ketika telah hamil, pria yang diculik akan dikembalikan lagi ke asalnya. Hanya anak perempuan yang lahir dari wanita Suku Amazon yang akan dirawat, sedangkan jika anak laki-laki yang lahir maka akan dibuang ke tengah hutan.

(fotokita.grid.id)

Jelajahi Benua Amerika dengan seru bersama Phinemo Marketplace. Ratusan produk wisata dari tour operator kenamaan Indonesia tersedia di halaman Phinemo Marketplace. Transaksi gagal, seratus persen uang akan dikembalikan melalui fitur Dompet Bersama. Tunggu apalagi? Cek selengkapnya di >> Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Pulau Terindah di Dunia Dibuka Hanya untuk Eks Pasien Covid-19

Point Nemo Island, Tempat Paling Terpencil dan Misterius di Bumi

Cano Cristales River di Colombia Menjadi Sungai Tercantik di Dunia

Perkampungan Jawa di Suriname, Bukti Suku Jawa Menguasai Dunia

San Rafael Waterfall, Misteri Raibnya Air Terjun Tertinggi di Ekuador

Kepulauan Galapagos di Ekuador, Tempat Permulaan Teori Evolusi Darwin

FALLBACK
The END