facebook pixel

Stasiun Tugu Punya Executive Lounge Pertama di Indonesia

Executive lounge pertama di Indonesia ada di Stasiun Tugu Yogyakarta lho!


Karena nyaman bisa bikin bahagia, jadi nyamanlah! 

Buat Kamu pencinta kereta api, ada yang baru nih di Stasiun Tugu Jogja. Stasiun yang nggak pernah sepi penumpang ini sukses jadi stasiun pertama yang punya lounge executive di Indonesia. Melansir dari Harian Jogja, PT. Kereta Api Indonesia sudah meresmikan Anggrek Executive Lounge ini tanggal 22 April 2017 kemarin.

Punya interior dan fasilitas mewah, lounge ini dibuat supaya penumpang lebih nyaman

stasiun tugu punya lounge executive

Di lounge ini Kamu bisa makan sepuasnya. Sumber foto

Anggrek Executive Lounge ini punya desain interior yang mewah dan dilengkapi juga dengan fasilitas lain yang bakal bikin Kamu nyaman. Punya luas sekitar 381 meter persegi, lounge mewah ini punya kapasitas sekitar 102 kursi. 

Di ruang tunggu eksekutif ini Kamu bisa menikmati berbagai layanan seperti makan prasmanan, snack atau coffee break, mushala, free wifi serta ada ruang khusus untuk perokok. Yang jelas di ruang tunggu khusus ini Kamu nggak akan kuatir kepanasan, bising, atau bau asap rokok dimana-mana. 

Nah, untuk bisa menikmati fasilitas Anggrek Executive Lounge ini Kamu cukup bayar Rp65.000 aja. Dan karena baru aja diluncurkan, tarif yang berlaku saat ini masih promo yaitu Rp.50.000;-. Kalau melihat fasilitas yang bakal Kamu dapatkan sih nggak terlalu mahal. Apalagi Kamu bisa makan dan ngopi sepuasnya sambil streaming youtube.

Nggak cuma di Stasiun Tugu, executive lounge ini bakal dibangun di stasiun lain juga

stasiun tugu punya lounge executive

Lounge mewah ini bakal ada juga di empat stasiun lain. Sumber foto

PT. Kereta Api Indonesia berkomitmen untuk terus bisa memberi pelayanan prima untuk penumpangnya. Jadi ke depan akan ada banyak perbaikan dan pengembangan fasilitas yang bisa membuat penumpang nyaman dan aman.

Nah, untuk ruang tunggu eksekutif ini nantinya juga bakal dibangun di empat stasiun besar lainnya. Di antaranya Stasiun Tawang Semarang, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Gubeng Surabaya, dan Stasiun Gambir Jakarta.

Kita tunggu aja ya, semoga nantinya executif lounge ini bisa ada di semua stasiun di Indonesia. Dan kalau perlu layanan ini nggak usah pake bayar. Tapi emang udah jadi layanan standar buat semua penumpang kereta api. 

***

Kalau udah nyaman saat nunggu kereta apimu datang, lebih enak lagi kalau di kereta api Kamu juga ngerasaian kenyamanan. Nyaman di dalam kereta itu biasanya berhubungan sama posisi duduk Kamu juga.

Supaya Kamu bisa dapat tempat duduk yang nyaman di kereta apalagi pas traveling jarak jauh, coba deh ikuti tips ini.

1. Biar bisa dapat pemandangan indah selama di perjalanan, coba hindari kursi dekat bordes

stasiun tugu punya lounge excecutive

Hindari duduk dekat bordes. Sumber foto

Bordes adalah ruangan yang berada di ujung gerbong untuk naik turun penumpang, ruangan ini juga jadi akses untuk keluar masuk antar gerbong. Ada baiknya kalau Kamu mau traveling jauh dengan kereta api, hindari area dekat bordes ini. 

Karena selain bising, tempat duduk di dekat bordes juga nggak asyik karena pemandangan yang bisa Kamu lihat cuma bats gerbong aja. Dan lagi, area ini biasanya akan sedikit lebih bau nggak enak karena dekat dengan toilet. 

2. Kamu bisa pilih posisi kursi yang ada di tengah gerbong

stasiun tugu punya lounge executive

Kursi di bagian tengah lebih nyaman dan minim getaran. Sumber foto

Getaran pada gerbong akan semakin melemah pada posisi yang semakin ke tengah gerbong. Nah, kalau getaran yang paling terasa adalah di kursi yang ada di ujung gerbong atau kursi yang berada di dekat bordes. Karena itu juga PT. Kereta Api Indonesia membagi menjadi 4 kelas kursi di dalam gerbong berdasarkan posisi di dalam gerbong.

Simak tips no 3 untuk mengetahui kode kelas kursi di dalam gerbong.

3. Perhatikan juga nih kode kelas kursi di dalam gerbong

Kalau Kamu pesan Kereta Api secara online, maka pada beberapa kereta jarak jauh akan muncul jenis kelas gerbong yang diikuti oleh kode kursi di belakangnya, semisal Eko (S). Kode kelas kursi ini memiliki harga yang berbeda, kecuali ketika pada hari-hari tertentu yang telah ditentukan oleh PT. KAI atau saat ada promo.

tips memilih kursi kereta api

Perhatikan bahwa ada perbedaan harga pada masing-masing kode. sumber dari website booking PT KAI

Berikut ini penjabaran kode kelas kursi pada masing-masing kelas gerbong :

Eksekutif               : A, H, I, J, X (Tarif tertinggi A, terendah J, Promo X)

Bisnis                     : B, K, N, O, Y (Tarif tertinggi B, terendah O, Promo Y)

Ekonomi               : C, P, Q, S, Z (Tarif tertinggi C, terendah S, Promo Z)

Nah, untuk lebih jelasnya Kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

stasiun tugu punya lounge executive

Denah tempat duduk untuk beberapa kelas kereta api. Sumber foto

Posisi tempat duduk ini emang nggak selalu akurat karena mungkin ada perubahan tanpa pemberitahuan oleh pihak PT. KAI.

4. Akan lebih nyaman kalau Kamu pilih gerbong yang posisinya di tengah

stasiun tugu punya lounge executive

Gerbong tengah biasanya dekat juga dengan restorasi. Sumber foto

Biasanya sih untuk kereta jarak jauh, gerbong yang ada di tengah adalah gerbong eksekutif. Emang agak mahal sih, tapai kalau untuk kenyamananmu sendiri kayaknya nggak masalah deh. Lagi pula, dengan memilih gerbong eksekutif yang ada di bagian tengah rangkaian ini, Kamu bakal dapat beberapa keuntungan.

Misalnya nih, Kamu jauh dari lokomotif yang biasanya bikin berisik. Kamu juga lebih dekat ke akses restorasi, jadi kalau lapar di tengah perjalanan lebih gampang juga akses ke restonya. Duduk di gerbong tengah juga punya kelebihan lain, yaitu lebih mudah naik dan turun. Karena biasanya kereta berhenti dengan memposisikan gerbong tengah dekat dengan pintu keluar/masuk stasiun. 

5. Memilih kursi dekat jendela nggak akan pernah mengecewakanmu

stasiun tugu punya lounge executive

Pilih kursi dekat jendela biar Kamu nyaman. Sumber foto

Kalau Kamu berniat traveling jauh dengan transportasi kereta api, coba deh pilih tempat duduk yang dekat jendela. Selain bikin Kamu nggak cepet bosen, duduk dekat jendela juga berarti dekat dengan stop kontak. Jadi kalau Kamu mau charge hp lebih gampang. 

Atau kalau Kamu nggak suka berada di dekat jendela karena susah kalau mau keluar, pilih tempat duduk yang dekat koridor. Jadi Kamu lebih bebas kalau mau keluar ke toilet atau restorasi. Kalau Kamunaik kereta kelas ekonomi, hindari duduk di sisi tengah kursi yang berkapasitas 3 orang. Karena ini adalah posisi paling nggak nyaman, apalagi untuk pergi jarak jauh. 

***

Soal nyaman emang masing-maisng orang beda tolak ukurnya. Tapi, nggak salah juga sekali-kali Kamu coba ruang tunggu eksekutif kalau lagi mampir di Stasiun Tugu. Jadi nggak cuma ngerasain nyaman selama duudk di dalam kereta, tapi saat nunggu kereta di stasiun juga. 

Baca juga:

banner experience