Sejarah Kebun Raya Cibodas yang Kini Berusia Lebih dari 1,5 Abad

Koleksi Kaktus Kebun Raya Cibodas (Instagram/@nazmudinadji_)

Kebun Raya Cibodas merupakan kawasan kebun raya yang terletak di Kota Cianjur, Jawa Barat dengan luas wilayah 84,99 kilometer persegi. Kebun Raya Cibodas berada di lereng Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian  1425 mdpl. Berjarak 85 kilometer dari Kota Jakarta, dengan waktu tempuh 90 menit dari Bogor.

Kebun Raya Cibodas didirikan pada 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann seorang kurator Kebun Raya Bogor. Awal didirikan Kebun Raya Cibodas bernama Bergtui te Tjibodas yang bermakna Kebun Pegunungan Cibodas yang difungsikan sebagai tempat aklimatisasi tanaman yang berasal dari luar daerah dengan nilai penting dan ekonomi tinggi. Seiring berjalannya waktu kemudian berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dengan nama Cabang Kebun Raya Cibodas. Tahun 2003 Kebun Raya Cibodas lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pada tanggal 11 April 2019 kemarin Kebun Raya Cibodas merayakan hari jadinya yang ke-167. Dalam rangka memeriahkan hari jadinya, pihak manajemen Kebun Raya Cibodas menggratiskan tiket masuk selama satu hari penuh. Saat hari-hari normal biaya tiket masuk Kebun Raya Cibodas adalah Rp. 16.500,- dengan biaya tiket parkir Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 16.000 untuk kendaraan roda empat.

Kebun Raya Cibodas saat ini tidak kalah dengan Kebun Raya Bogor. Di sini terdapat air terjun, danau, sungai, hutan, kaktus, berbagai tanaman langka, dan taman sakura. Daya tarik utama Kebun Raya Cibodas adalah adanya taman sakura. Taman sakura disini hanya berbungga selama sepuluh hari saja pada akhir Januari hingga awal Februari. Selain di waktu mekarnya, pohon sakura di taman sakura Kebun Raya Cibodas tampak seperti pohon kering yang tidak memiliki daun.

Tak perlu khawatir, saat bunga sakura tidak sedang bermekaran kamu bisa menikmati aktivitas seru lainnya disini. Berjalan menyusuri sungai, melihat keindahan danau, menikmati air terjun, atau bermain taman yang sejuk bisa kamu lakukan. Selain tumbuhan, disini juga ditemukan berbagai satwa seperti ikan, rusa dan monyet. Perlu diperhatikan bahwa monyet si Kebun Raya Cibodas adalah monyet liar yang bisa jadi cukup agresif dengan manusia.

Dapatkan ulasan menarik tentang jawa barat dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar