Rumah 'Kapsul' Unik Tahan Gempa di Jogja

Selain Indonesia, ada India, Belize, Haiti dan Etiopia. Foto/@triptohiddenparadise

Sebagian besar daerah di Indonesia merupakan lokasi rawan gempa. Tak heran jika beberapa waktu ini terjadi gempa di beberapa daerah di Indonesia, seperti Lombok dan Palu. Uniknya, Indonesia ternyata punya kampung yang memiliki rumah ‘kapsul’ unik tahan gempa di Jogja.

banner promo phinemo merchant 2

Baca juga: Unik, Seluruh Rumah di Desa Ini Berbentuk Kapal Terbalik

Kampung yang beriisi rumah ‘kapsul’ unik tahan gempa di Jogja ini dibangun pasca gempa Yogyakarta pada tahun 2006 berkekuatan 5,6 SR yang mengakibatkan ribuan rumah warga hancur.

Sejumlah donatur membantu membangun tempat tinggal baru, dan salah satunya adalah rumah unik yang sering dibilang rumah teletubies atau Rumah Dome ini.

Rumah tahan gempa, angin, bahkan api

Rumah 'kapsul' unik tahan gempa di jogja

Foto/@mooe.abi

Selain bisa menahan gempa, rumah-rumah di kampung ini ternyata bisa menahan angin dan api.

Rumah-rumah ini memiliki fondasi sepanjang 20 cm di permukaan tanah dan ditutupi rangka besi sejumlah 200 buah rangka besi. Diameternya 7 meter dengan ketinggian 4 meter ke rumah kubah.

Bangunan unik ini konon menghabiskan $ 4000 dolar atau sekitar Rp60.253.800 per rumahnya. Cukup fantastis ya!

Diketahui, rumah teletubbies ini dibangun atas bantuan Mohammad Ali Alabar dan Domes For The World Foundation yang bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia pada 2006 silam.

Aneka fasilitas di rumah ‘Kapsul’ unik tahan gempa di Jogja ini juga bentuknya sama

Rumah 'kapsul' unik tahan gempa di jogja

Foto/@dyahemmy

Tak hanya rumah-rumah warga saja yang bentuknya seperti kubah, aneka fasilitas di perkampungan ini juga. Mulai dari puskesmas desa hingga mushala dibangun dengan bentuk kubah.

Mushalla di sini ukuranya lebih besar dari rumah warga dengan aneka fasilitas layaknya mushalla pada umumnya. Mushalla ini diberi nama Mushola Baiturrahman.

Saat ini, desa ini memiliki 80 unik rumah dengan total 73 kartu keluarga dengan empat anggota keluarga setiap kubah rumah. Mayoriyas mereka bekerja sebagai petani di desa.

Baca juga: Indonesia Punya Sederetan Rumah Unik Lho !

Unik memang, cobalah untuk datang ke sini jika ke Yogyakarta. Kini desa ini jadi desa wisata dan makin cantik dengan ornamen cantik yang bisa dijadikan spot berfoto.

Lokasi: Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, Sleman Yogyakarta.

Dapatkan ulasan menarik tentang unik dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar