Pulau Umang, Tempat Refreshing Terbaik Bagi Para Pekerja Jakarta

Pulau Umang, salah satu pulau yang terletak di wilayah Banten yang kerap jadi pelarian kaum urban dari bisingnya kehidupan kota. Terutama mereka yang hidup di Jakarta dengan segala permasalahan polusi, kemacetan dan tekanan pekerjaan. Tak heran jika banyak para pekerja Jakarta memang butuh tempat untuk menenangkan diri sejenak dari semua permasalahan tersebut. Dan Pulau Umang memang akan jadi pilihan yang tepat, apalagi pulau ini sudah dikelola dengan baik dan fasilitasnya pun lengkap.

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Banten yang coock jadi pelarian kaum urban Jakarta. 

Lalu aktivitas apa saja yang bisa dilakukan wisatawan jika sedang berkunjung ke Pulau Umang? Berikut rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan:

Menjajal berbagai permainan air untuk melepaskan segala kepenatan

pulau umang

Serunya bermain banana boat bersama sahabat, Foto oleh @bravo.tango45

Pulau Umang yang dikelola oleh pihak swasta bisa dibilang sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisatawan yang datang ke pulau ini tak hanya bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah, namun bisa juga menjajal berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan. Seperti misalnya bermain jetski dan banana boat. 

Untuk yang ingin beraktivitas bersama keluarga bisa bermain banana boat, karena biasanya permainan ini bisa dilakukan oleh 5 sampai 6 orang sekaligus. Tapi jika ingin sensasi yang lebih menantang bisa juga bermain jetski. Jika wisatawan merasa belum lancar atau belum handal mengoperasikan jetski maka tak masalah untuk meminta bantuan dari pihak pengelola. 

Hal yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan adalah keamanan saat bermain. Yang jelas jangan lupa untuk memakai pelampung dan pastikan juga bahwa pelampung yang digunakan dalam kondisi baik dan berfungsi normal. 

Menyelami keindahan bawah laut Pulau Umang dan pulau kecil di sekitarnya

pulau umang

Snorkeling di Pulau Ora. Foto oleh @ujungkulon_adventure

Kondisi bawah laut yang masih terjaga membuat Pulau Umang memiliki spot yang menarik untuk aktivitas snorkeling. Namun jika wisawatan ingin pemandangan bawah laut yang lebih cantik maka bisa mencoba untuk menyeberang ke Pulau Ora. Pulau ini tidak terlalu jauh dan masih masuk dalam satu kawasan dengan Pulau Umang. 

Ada berbagai jenis ikan laut, terumbu karang dan koral yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Sebelum melakukan aktivitas snorkeling ini pastikan untuk mengecek semua peralatan, mulai dari kaca mata, fin dan snorkle. Jangan lupa juga untuk membawa kamera underwater, karena akan ada banyak biota lucu yang wajib difoto. 

Olahraga bersama para sahabat ditemani ombak dan semilir angin laut

pulau umang

Berolahraga bersama sahabat di tepi pantai. Sumber

Kalau biasanya bermain futsal atau voli di lapangan olahraga indoor, bagaimana rasanya jika kini bisa bermain di tepi pantai sambil ditemani ombak dan angin sepoi-sepoi? Ya, di Pulau Umang ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga di tepi pantai. Mulai dari voli, sepak bola atau sekedar main kejar-kejaran layaknya masa kecil dulu. 

Area pantai yang landai dan pasirnya yang lembut memang cocok untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga. Bahkan jika wisatawan mau, di pantai ini pun mereka bisa melakukan yoga hingga sekadar tidur santai saja. 

Berenang sambil menikmati panorama pantai

pulau umang

Berenang sambil menikmati keindahan pantai. Foto oleh @pulauumangresort

Pulau Umang saat ini sudah memiliki beberapa resort yang bisa disewa oleh wisatawan. Salah satu fasilitas yang diberikan resort di pulau ini adalah kolam renang yang langsung menghadap ke pantai. Tak heran jika salah satu aktivitas favorit di Pulau Umang adalah berenang sambil menikmati panorama pantai yang cantik. 

Tak hanya disiapkan untuk dewasa, kolam renang di sini juga disediakan untuk anak-anak. Bahkan disediakan juga area bermain khusus untuk anak-anak yang juga memiliki panorama alam yang cantik. Inilah salah satu alasan mengapa pulau ini tak hanya cocok untuk anak muda dan pasangan muda, tapi juga coock untuk keluarga. 

Menikmati kuliner khas Pulau Umang yang terkenal dengan olahan seafoodnya

pulau umang

Menikmati sajian seafood. Foto oleh @melia.budiman

Tak lengkap rasanya berlibur tanpa bersantap kuliner. Pulau Umang terkenal dengan aneka olahan seafood yang lezat, terutama ikan kakap merah dan ikan kerapu. Ada berbagai macam olahan dengan jenis bumbu yang berbeda di sini, jadi bisa pilih sesuka hati. Jika wisatawan tidak suka dengan oalahan seafood ada juga berbagai macam olahan makanan lain berbahan daging. 

Menikmati seafood akan lebih nikmat jika ditemani es kelapa muda. Apalagi sambil menikmati sepoi angin laut, pasti akan terasa lebih lezat lagi. Kapan lagi bisa menikmati makan “enak” di tengah pulau terpencil dan jauh dari kebisingan kalau bukan di Pulau Umang?

Baca juga: aneka kuliner khas Banten yang wajib dicoba saat liburan nanti. 

Menghabiskan malam di resort mewah dan berfasilitas lengkap

pulau umang

Menghabiskan malam di resort. Foto oleh @erik_frederik

Rasanya tidak akan puas berlibur ke Pulau Umang jika hanya sehari. Maka tak ada salahnya untuk menjajal sensasi menginap di resort tepi pantai pulau terpencil ini. Ada beberapa cottage yang bisa disewa wisatawan. Sebaiknya sebelum datang ke sini wisatawan sudah memesannya terlebih dahulu. Sebab jumlah kamar yang tersedia terbatas, jadi jika tidak melakukan pemesanan terlebih dahulu kemungkinan besar akan kehabisan kamar. Apalagi disaat musim liburan tiba.

Biaya sewa untuk satu kamar berkisar diangka Rp5.000.000 untuk menginap selama 3 hari 2 malam. Namun harga ini tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk mengecek harga terlebih dahulu di beberapa situs booking online agar tidak kecewa. Meski terbilang mahal namun sebenarnya kamar di resort ini bisa dipakai untuk 4 orang. Jadi kalau dihitung pun akan lebih murah, melihat segala kelebihan dan fasilitas yang diberikan. 

Bagaimana cara menuju ke Pulau Umang?

Untuk sampai di Pulau Umang dari Jakarta, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 183 km. Ada dua rute darat yang bisa ditempuh oleh wisatawan. Rute pertama lewat tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Serang Timur (km 71). Kemudian mengikuti jalan Pandeglang sampai Labuan, terus menuju Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibaliung – Cimanggu hingga akhirnya tiba di Sumur.

Rute kedua yang bisa dipilih adalah melewati tol Jakarta – Merak, lalu keluar di pintu Cilegon Barat. Selanjutnya mengikuti jalan Anyer – Carita hingga akhirnya tiba di Labuan lalu mengikuti jalur yang sama dengan rute pertama di atas hingga tiba di Kecamatan Sumur.

Jika sudah tiba di Sumur wisatawan akan menemukan loket penjualan tiket penyebrangan ke Pulau Umang. Loket ini berada di sekitar 1 km dari pinggir Pantai Sumur. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp100.000 untuk menyeberang menggunakan speedboat denganlama perjalanan sekitar 10 menit

Dapatkan ulasan menarik tentang Jawa Barat dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar