Sidebar

Pulau Hari, Surga Bahari Lain yang Jarang Terjamah di Timur Indonesia

Satu di antara 17.000 pulau Indonesia yang wajib didatangi tahun ini adalah Pulau Hari. Sebuah pulau tak berpenghuni di Kendari Sulawesi Tenggara yang suguhkan surga lain di Timur Indonesia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Bermimpi untuk hopping island  di Indonesia itubukan hal yang mustahil. Ada lebih dari 17.000 pulau di Indonesia dan semuanya memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi hopping island di Indonesia adalah sebuah keniscayaan yang bisa dilakukan siapapun asal mau. 

Salah satu kota tempat tujuan hopping island adalah Kendari. Ibukota Sulawesi Tenggara ini punya sederet pulau cantik yang siap puaskan hasrat petualangan para pelancong. Beberapa di antaranya adalah Pulau Labengki, Pulau Bokori, Pulau Senja dan yang saat ini sedang jadi primadona adalah Pulau Hari. Sebuah pulau tenang yang asyik untuk dijadikan tempat “bermeditasi” sejenak dari hiruk pikuk kota. 

Baca juga : Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara

Untuk pelancong yang berniat mengunjungi Pulau Hari, ulasan berikut mungkin akan jadi informasi yang bermanfaat. 

Pulau Hari memiliki sebuah rumah adat di tepi pantai yang bisa disewa wisatawan

Rumah adat d itepi pantai Pulau Hari Konawe. Sumber

Setibanya di Pulau Hari pengunjung memang akan langsung melihat sebuah rumah adat yang bertengger gagah di tepi pantai. Rumah adat yang terbat dari kayu berwarna cokelat ini menurut informasi merupakan penginapan milik pejabat Sulawesi Tenggara dan disewakan untuk wisatawan yang ingin bermalam di Pulau Hari. 

Rumah adat ini juga sering dimanfaatkan untuk spot foto para pengunjung, namun hanya di bagian depan atau terasnya saja. 

Ombak yang tenang membuat pulau ini jadi lokasi yang asyik untuk berenang

Bersantai menikmati ketenangan Pulau Hari Sulawesi Tenggara. Foto oleh @sandylaliasa

Pulau Hari banyak didatangi wisatawan karena lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sehingga menjadi tempat yang asyik untuk menyepi.

Cara paling asyik untuk menikmati ketenangan pulau ini adalah berendam dan berenang di pantainya sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. 

Agar bersantai makin nyaman, cobalah untuk membawa kasur udara atau pelampung yang bisa digunakan sebagai alas untuk bersantai di atas permukaan pantainya. 

Panorama bawah laut pulau ini begitu menakjubkan, jadi sayang jika tak diselami

Panorama bawah laut yang cantik. Foto oleh @w8y

Seperti Pulau Labengki dan pulau-pulau lain di sekitarnya, pulau ini juga memiliki panorama bawah laut yang kaya akan biota laut. Terumbu karangnya yang masih alami dan terjaga dari kerusakan menjadi bagian yang tak boleh dilewatkan oleh pengunjung. 

Baca juga : Cantiknya Pulau Bokori di Sulawesi Tenggara yang Hampir Hilang Karena Abrasi

Taman laut di Pulau Hari memiliki koleksi biota laut yang cukup lengkap, dari yang berukuran kecil hingga besar. Beberapa jenis ikan di sini di antaranya lown fish, angel fish, fire shrimp, anemo shrimp, ascidians, mawar laut, dan nudibranchJika beruntung wisatawan juga bisa melihat electrik clamp, yaitu kerang laut yang mengeluarkan cahaya pada malam hari. 

Penyu menjadi pemandangan langka di pulau ini. Foto oleh @adelina.tampubolon

Selain itu ada juga ikan langka di perairan pulau ini, yaitu ikan sunu dan sotong. Bonus yang paling dicari adalah saat wisatawan bisa menjumpai penyu yang berenang bebas di perairan Pulau Hari. Spot snorkeling dan diving di pulau ini cocok untuk yang masih pemula atau pun sudah pro. 

Tips dan himbauan untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Hari

Perhatikan hal ini sebelum berkunjung ke Pulau Hari. Foto oleh @jooo89

Jika punya rencana untuk berlibur ke Pulau Hari Konawe maka pastikan untuk mengerti beberapa hal berikut. 

Cara menuju ke Pulau Hari

Cara menuju ke Pulau Hari. Foto oleh @molako_lako

Dari Kota Kendari wisatawan bisa naik speedboat yang ada di Pelabuhan Beringin, Kompleks pasar Sentral, Kendari. Dari pelabuhan ini wisatawan butuh waktu menyeberang sekitar 1,5 hingga 2 jam. Untuk yang mabok perjalanan sebaiknya minum obat anti mabok terlebih dahulu. Pastikan juga cuaca sedang bagus dan tidak ada ombak besar, sehingga perjalanan ke Pulau Hari tetap aman dan nyaman. 

Untuk mencapai Pulau Hari, Anda bisa berangkat dari Kota Kendari menggunakan speedboat yang ada di Pelabuhan Beringin, Kompleks Pasar Sentral, Kendari. Jarak tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sungai Tamborasi di Sulawesi Tenggara, Sungai Terpendek di Dunia

Pulau Siompu, Desa Unik di Indonesia yang Warganya Bermata Biru

Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara

Air Terjun Tirta Rimba Bau-Bau, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara yang Menyegarkan

Maginti, Pesona Destinasi Wisata di Sulawesi Tenggara yang Belum Dijamah Manusia

Saingi Raja Ampat, Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Akan Bangun 50 Homestay

FALLBACK
The END