Tak Perlu Khawatir Bila Ternyata Pilot Tidur selama Penerbangan

Ilustrasi Awak Penerbang Tertidur (Foto/Basith Subastian)

Pilot tidur di tengah-tengah perjalanan udara barangkali merupakan sesuatu yang mengerikan, namun jangan langsung berpikir demikian dahulu.

Baca Juga: Berbahayakah Minum Kopi Sebelum Naik Pesawat? Ini Jawabannya

Mengutip Travel and Leisure pada Senin (17/9), pada bulan Agustus kemarin terjadi “drama di udara” ketika seorang pilot United Airlines tertangkap kamera sedang tertidur dalam pesawat dengan tujuan dari Amerika ke Glasglow, Skotlandia.

Foto yang telah tersebar itu sontak menjadi tanda tanya dan membuat heboh, lantaran berpikir jika pilot tidur siapa yang mengendalikan pesawat.

pilot tidur

Ilustrasi. (Istockphoto/Humonia)

Seorang penumpang yang mengambil foto tersebut mengaku melihat sang pilot tertidur di luar kokpit selama 90 menit. Sebelum memejamkan mata, penumpang mengaku melihat sang pilot pergi ke toilet dan mengganti bajunya.

Walaupun terdengar mengerikan, sesungguhnya kondisi tidurnya pilot merupakan hal yang tak perlu dikhawatirkan. Sebenarnya, sama seperti penumpang, pilot pun punya hak untuk beristirahat.

The Federal Aviation Administration, sebuah badan administrasi AS, justru meminta para awak penerbang untuk istirahat saat melakukan penerbangan panjang.

Tak hanya itu, di bawah peraturan penerbangan federal FAR 117, pilot pun juga diminta untuk istirahat. Mereka bisa memejamkan mata di luar kokpit selama penerbangan berlangsung.
pilot tidur

ilustrasi penumpang pesawat yang tengah tertidur (Foto/Fodors)

Penerbangan panjang biasanya memiliki pilot cadangan yang siap dirotasi ketika salah satu pilot diharuskan beristirahat.

Dan pada kasus penerbangan United Airlines, juru bicara maskapai mengungkapkan bahwa penerbangan tersebut dioperasikan oleh tiga awak kokpit.

Pada umumnya, pesawat dengan kapasitas besar memiliki area istirahat bagi awak kabin yang tak terlihat oleh penumpang.

Baca Juga: Mengenal Aviofobia, Kecemasan yang Dialami Saat Naik Pesawat dan Cara Mengatasinya

Namun karena penerbangan United Airlines dilakukan dengan pesawat Boeing 757-200 yang berukuran kecil, kursi kosong yang disediakan sebagai tempat istirahat awak kabin berada dekat dengan kursi penumpang pesawat.

Dapatkan ulasan menarik tentang pesawat dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar