Rute Baru Geopark Ciletuh, Perjalanan Makin Seru dan Menantang

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Jika dulu pengunjung harus menempuh jarak 71 km untuk menuju Geopark Ciletuh via Sukabumi, maka kini pengunjung lebih dimudahkan dengan adanya rute baru. Rute baru Geopark Ciletuh via Cikidang hanya memiliki jarak sekitar 33 km saja. Waktu tempuh yang semula mencapai 6,5 jam, kini cukup ditempuh dalam empat jam saja.

Rute baru Geopark Ciletuh tersebut terbentang mulai Simpang Loji di Jalan Pelabuhan Ratu hingga melewati Muara Cisaar di Kecamatan Ciemas. Bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar di pintu Ciawi, Bogor. Seteah keluar, arahkan kendaraan ke Sukabumi.

Baca juga: Sah! Geopark Ciletuh Telah Diresmikan Sebagai Global Geopark Oleh UNESCO

Untuk Anda yang datang dari arah Bogor bisa menempuh perjalanan dari tol baru Bocimi dan keluar di Jalan Raya Sukabumi, atau pintu Benda. Jika menggunakan roda dua, bisa lewat Jalan Raya Cihideung-Cigombong lalu ke Jalan Raya Benda.

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta maupun Bogor pasti akan melewati Jalan Benda. Dari sini, arahkan kendaraan ke Jalan Parungkuda di Jalan Raya Sukaraja-Sukabumi hingga pertigaan Pamuruyan. Di sini wisatawan bisa memilih dua jalur.

Rute Ciletuh via Cikidang. Foto: bikersnote.co.id

Jalur pertama adalah jalur Cikidang, dengan kelokan tajam di sisi perbukitan dan jurang. Jalur ini memang lebih pendek dan bisa memangkas waktu perjalanan hingga 1,5 jam. Namun Anda harus berhati-hati dengan kondisi jalannya.

Jalur kedua adalah jalur Cibadak yang lebih aman dan ramai. Jalur Cibadak ini lebih landai, meski sama-sama berkelok.

Setelah keluar dari jalur Cikidang atau Cibadak, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pelabuhan Ratu-Ciletuh. Sekitar 40 menit Anda akan sampai daerah Bagbagan dan Simpang Loji. Di simpang loji inilah terdapat pertigaan, ke kanan jalan baru sedang ke kiri jalan lama menuju Geopark Ciletuh. Ambil lah jalur kanan, turun ke bawah, ke Cibutun, Muara Cisaar, lewat jembatan baru Cisaar.

Puncak Darma sebagai penanda masuknya wisatawan di kawasan Ciletuh. Foto: trivindo.com

Saat melewati rute baru Geopark Ciletuh ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah. Jalurnya berkelok dan naik turun, namun tidak terlalu curam. Setelah 50 menit berkendara, Anda akan disambut keindahan Puncak Darma di Kecamatan Ciemas.

Baca juga: Lava Bantal Sleman, Geowisata yang Konon Jadi Cikal Bakal Pembentukan Pulau Jawa

Jika sudah bertemu dengan Pantai Cisaar dan Puncak Darma, berari Anda telah sampai di kawasan Geopark Ciletuh. Dari sini Anda akan menuju ke Pantai Palangpang pusat Geopark Cietuh, melewati beberapa air terjun atau curug.

Rute baru ini memangkas jarak hingga lebih dari separuhnya. Sedangkan jalur lama harus memutar, melewati Kiara Dua, Simpang Waluran, Malereng, Taman Jaya, hingga Pantai Palangpang. Jalur ini bisa digunakan wisatawan baik dari Jabodetabek, maupun Bandung seteah masuk Sukabumi terlebih dahulu.