Sidebar

Sah! Geopark Ciletuh Telah Diresmikan Sebagai Global Geopark Oleh UNESCO

Dengan diresmikannya Geopark Ciletuh sebagai geopark dunia, kawasan geopark ini pun secara resmi menjadi destinasi wisata internasional.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi kini resmi menjadi global geopark pertama di Jawa Barat. Kepastian ini sebenarnya sudah disampaikan pada September 2017 lalu, namun karena terganjal beberapa hal terkait masalah teknis, keputusan resmi pemilihan Ciletuh Palabuhanratu sebagai geopark dunia baru diputuskan pada sidang Executive Board Unesco ke 204, Komisi Programme and External Relations pada Kamis (12/4/18) di Paris, Perancis.

Baca juga: Lokasi batu jodoh yang dikunjungi banyak wisatawan pencari pasangan

Pemandangan laut dari bukit di kawasan Geopark Ciletuh. Foto dari pikiran-rakyat.com

Untuk diketahui, geopark merupakan wilayah terpadu yang berada dalam perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara berkelanjutan. Konsep ini pertama kali dikenalkan UNESCO pada 2000an.

Dengan diresmikannya Geopark Ciletuh sebagai geopark dunia, kawasan geopark ini pun secara resmi menjadi destinasi wisata internasional.

Kabar bahagia ini pun disambut suka cita warga Ciletuh, Sukabumi.

Serangkaian kegiatan bertajuk Geopark Ciletuh Palabuhanratu Fun Day Towards UNESCO Global Geopark digelar untuk merayakan momen membanggakan ini. Kegiatan yang diselenggarakan di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas ini meliputi seperti penanaman pohon di kawasan geopark, pertunjukkan budaya lokal, kuliner lokal, hingga atraksi paralayang.

Air terjun menjadi salah satu daya tarik wisata Geopark Global Ciletuh. Foto dari akun instagram manggalih

Pemilihan atraksi paralayang untuk dihadirkan dalam acara tersebut pun memiliki tujuan khusus bagi perkembangan pariwisata Ciletuh. Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Ning Wahyu, atraksi paralayang perlu dihadirkan untuk kembangkan pariwisata Geopark Ciletuh.

Mengutip dari republika.co.id, menurutnya, lahan dirgantara bisa diciptakan untuk menghadirkan wahana paralayang tingkat internasional. Jadi, atraksi paralayang bisa dihadirkan lebih profesional di kawasan wisata Geopark Ciletuh.

Baca juga: Pepedan hills, destinasi wisata di Jawa Barat yang berikan banyak tantangan

Pengembangan kawasan Geopark Ciletuh harus menjadi prioritas karena memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Di kawasan seluas 37 ribu kilometer persegi, berbagai potensi daya tarik wisata bisa dikembangkan seperti air terjun, puncak gunung, dan pantai.

Saat ini, daya tarik wisata yang sudah bisa dinikmati wisatawan misalnya Air terjun Awang, Taman Purba, dan Bukit Panenjioan.

Selain kembangkan potensi wisata yang ada, Geopark Ciletuh pun akan dibenahi dari sisi fasilitas seperti perbaikan jaringan sinyal internet. Jadi, nantinya jika sudah dibenahi dengan baik, wisatawan yang berkunjung akan merasa nyaman.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Unik di Lembang untuk Staycation Saat Libur Panjang Akhir Pekan

Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Jadi Oleh-oleh Khas Bandung

Are You and I Bandung, Hotel Murah Paling Instagramabel di Priangan

De'savanna Restaurant Bogor, Sensasi Bersantap Bersama Satwa Afrika

Villa Van House, Akomodasi Mewah di Tengah Alam Asri Lembang

5 Hotel Murah di Lembang dengan Kolam Renang untuk Liburan Keluarga

FALLBACK
The END