Mengintip Keunikan Perayaan Hari Kemerdekaan dari Berbagai Negara di Dunia

peringatan hari kemerdekaan di India (Foto/traveltalesfromindia)

Perayaan hari kemerdekaan ternyata diperingati secara berbeda-beda di setiap negara. Ada yang melakukannya dengan menggelar upacara, melakukan suatu tradisi tertentu, maupun merayakannya dengan berbagai acara istimewa yang beragam.

Baca Juga: Berencana Upacara 17 Agustus-an di Puncak Gunung? Lihat Kumpulan Fotonya Dulu di Sini

Berikut ini adalah beberapa negara di dunia yang melakukan perayaan kemerdekaan dengan cara yang beragam.

1. India

perayaan hari kemerdekaan

peringatan hari kemerdekaan di India (Foto/traveltalesfromindia)

Negara India memeringati hari kemerdekaan tepat 2 hari sebelum peringatan hari kemerdekaan Indonesia, yakni tanggal 15 Agustus.

India juga memiliki peringatan yang sama dengan Indonesia yaitu menggelar upacara bendera. Namun ada hal unik yang biasa dilakukan sebelum upacara.

Orang-orang India sebelumnya melakukan pawai pasukan berkuda di awal upacara. Tak hanya itu, masyarakat di sana juga menerbangkan layang-layang sebagai simbol kebebasan dan kemerdekaan India.

2. Ukraina

perayaan hari kemerdekaan

peringatan hari kemerdekaan di Ukraina (Foto/Kompas.com)

Sama halnya dengan Indonesia dan India, kemerdekaan Ukraina juga dirayakan pada bulan Agustus. Uniknya, perayaan di negara ini dilangsungkan selama 3 hari.

Perayaan dimulai dari tanggal 23 Agustus,  yaitu hari penghormatan bendera. Pada hari itu, negara ini akan didominasi oleh warna biru dan kuning. Kemudian tanggal 24 Agustus, masyarakat Ukraina dengan kompaknya akan mengenakan kostum tradisional.

Sedangkan pada hari terakhir, tepatnya tanggal 25 Agustus, biasanya akan ada kebaktian perayaan kemerdekaan di St. Sophia Cathedral. Di acara kebaktian ini, Presiden turut hadir dan melakukan kebaktian bersama rakyatnya.

3. Filipina 

perayaan hari kemerdekaan

peringatan hari kemerdekaan di Filipina (Foto/sdmmuda)

Filipina merayakan kemerdekaannya pada tiap tanggal 2 Juni. Bagi masyarakat Filipna, libur kemerdekaan adalah hari khusus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk memperingati hari kemerdekaannya, di Filipna ada juga pawai hari kemerdekaan yang meliputi pertunjukkan seni dan budaya.

4. Peru 

perayaan hari kemerdekaan

peringatan hari kemerdekaan di Peru (Foto/Okezone)

Lain halnya dengan Ukraina yang merayakan kemerdekaannya selama 3 hari berturut-turut, Negara Peru memeringati hari bersejarahnya ini selama 2 hari, yakni pada tanggal 28 dan 29 Juli.

Baca Juga: 11 Promo Makan Murah Hut RI ke-73

Selain upacara kenegaraan, perayaan kemerdekaan dipusatkan di Miraflores, pusat kota Lima. Pada lokasi tersebut, biasanya digelar parade raksasa yang melibatkan ratusan orang berpakaian kostum berwarna-warni disertai tabuhan gendang energik.

Parade berlangsung selama beberapa jam, dan masyarakat biasanya membawa beberapa makanan ringan khas Peru.

Dapatkan ulasan menarik tentang 17 agustus dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar