Rekomendasi Peralatan VR yang Bisa Temanimu Untuk Ber-Virtual Travelling

Ilustrasi. Wisata VR yang mulai nge-tren akhir-akhir ini. Foto dokumentasi Booking.com

Kemunculan Virtual Reality (VR) merupakan pertanda bahwa teknologi telah kembali memasuki babak baru yang lebih tinggi dari sebelumnya. Semakin ke sini, kemampuan teknologi peralatan VR yang memang sudah ada sejak dulu tentu semakin maju dan berkembang. 

Kamu yang memiliki hobi main game mungkin tahu bahwa selama ini VR dikenal sebagai gadget untuk bermain video game. Namun siapa sangka, ternyata teknologi VR bisa mengajakmu keliling dunia. Virtual Travelling seperti ini juga diprediksi akan ramai dilakukan oleh masyarakat di dunia pada 2018 mendatang.

Ketahui prediksi wisata yang akan booming di tahun 2018 dengan klik di sini.

Dengan berkembangnya teknologi VR, sekarang Kamu dapat merasakan sensasi bepergian ke gunung-gunung tertinggi di dunia tanpa harus pergi langsung ke sana. 

Untuk mendukung aktifitas virtual travellingmu, kami merekomendasikan beberapa peralatan VR yang bisa Kamu gunakan. Berikut daftarnya:

1. Xiaomi Mi VR Headset Box 3D

peralatan VR

Xiaomi juga mengeluarkan VR yang tak kalah keren. Sumber foto.

Tidak mau kalah, brand yang sedang naik daun dari beberapa tahun lalu ini juga memproduksi alat VR mereka. Xiaomi Mi VR Headset terbuat dari bahan plastik yang berkualitas untuk menopang smartphone dan dilengkapi pula dengan tali elastis untuk mengikatkannya di kepalamu agar lebih nyaman. Tali yang digunaka di kepala juga menggunakan desain yang baru yang tidak akan membuat kepalamu terasa berat ketika menggunakannya bahkan dalam jangka waktu yang lama.

VR dari Xiaomi ini dilengkapi dengan 3 buah lensa yang berbentuk petak yang mampu memberikan penglihatan lebih luas hingga 68 derajat atau setara dengan layar 150 inchi. Masalah utama ketika menggunakan VR adalah ketika Kamu seorang yang merupakan pengguna kacamata. Dengan VR Xiaomi ini Kamu tak perlu melepas kacamatamu untuk dapat menggunakannya. Dan VR ini sudah memiliki fitur yang membuatnya tidak bergoyang ketika sedang digunakan.

Tempat VR yang digunakan Xiaomi VR ini juga dapat Kamu custom sendiri. Jadi Kamu bisa mengekspresikan apa yang Kamu mau untuk digunakan sebagai tempat VR tersebut.

2. Samsung VR Oculus 2016 SM-R323

peralatan vr

Samsung terus berkembang dengan mengeluarkan VR terbaru mereka. Sumber foto.

Sesuai namanya, Samsung VR Oculus ini dibuat untuk mendukung perangkat smartphone Samsung agar bisa melakukan VR. Memiliki layar super AMOLED ditambah dengan prosesor yang baik membuat pengalaman VR-mu seperti melakukannya di dunia sungguhan. Didukung dengan teknologi dari ‘penguasa’ VR, Oculus, Samsung VR ini mampu memberikan pengalaman yang sangat natural.

Ketahui pengalaman mendaki Everest menggunakan VR dengan klik di sini.

Dengan berat yang hanya 300 gram membuatnya tidak akan terasa berat jika Kamu gunakan di mata dan kepalamu. Sudah menggunakan USB tipe-C yang kompatibel dengan Galaxy Note7. Kalau Kamu belum memiliki Galaxy Note 7, jangan khawatir karena VR ini juga dilengkapi dengan microUSB yang kompatibel dengan Samsung Galaxy lainnya.

Sensor-sensor yang terdapat pada VR ini juga terbilang cukup lengkap. Terdapat sensor accelerometer, gyrometer, dan proximity yang akan membuat pengalamanmu menggunakan VR ini tidak terlupakan karena nampak seperi pengalaman nyata. Selain fitur software-nya, fitur hardware-nya juga lengkap. Terdapat beberapa tombol dibagian depan yang bisa Kamu gunakan sebagai touchpad, tombol kembali, dan tombol volume.

3. HTC Vive VR System

peralatan vr

Vive mengeluarkan VR lengkap dengan wireless controller-nya. Sumber foto.

Merupakan peralatan VR yang terbilang lengkap, karena Kamu dapat menggenggam barang-barang yang Kamu temui ketika berada di dalam VR. HTC Vive VR tidak hanya menyediakan headset saja untuk melakukan VR, tapi juga menyediakan wireless controllers. Jika headset berfungsi untuk mengarahkan penglihatanmu ke depan atau ke belakang, wireless controllers mampu membuatmu seperti menggunakan peralatan yang Kamu temui menggunakan tanganmu.

Headset yang terdapat di dalam box pembelian juga dapat Kamu atur ukurannya, sehingga akan sangat nyaman jika berada di kepalau dengan ukuran yang tepat. Terdapat juga lensa yang bisa Kamu atur ketajamannya. Dengan adanya wireless controllers, pengalamanmu di dalam VR akan menjadi sangat nyata karena Kamu bisa menggunakan alat-alat yang ada di dalam sana. Misalnya ketika Kamu menggunakan tongkat untuk mendaki gunung, posisi tanganmu di dunia maya sesuai dengan posisi tanganmu di dunia nyata. Hal tersebut sangatlah menarik dan memberikan pengalaman yang luar biasa.

4. Shinecon VR Headset

peralatan vr

Shinecon Virtual Reality. Sumber foto.

VR Headset Shinecon ini memiliki lensa optik yang berkualitas high definition (HD) dengan diameter sebesar 38 mm. Fitur yang terdapat di dalam lensa juga terbilang lengkap karena mampu menjaga matamu dari efek samping ketika merasakan pengalaman seru ber-VR dengan gadget ini. Tentunya juga memiliki pengikat kepala yang bisa Kamu atur-atur sesuai dengan ukuran kepalamu dan memberikan kenyamanan ekstra.

Menariknya, headset ini sangat kompatibel dengan berbagai jenis smartphone. Dari android maupun iOS juga mampu dijalankan menggunakan headset ini. Di dalam box tidak hanya terdapat headsetnya saja, tapi juga terdapat sebuah joystick yang bisa Kamu gunakan untuk mengontrol pergerakan dirimu ketika berada di dalam VR.

5. BlitzWolf BW-VR3 3D

peralatan vr

Peralatan VR dari BlitzWolf. Sumber foto.

Peralatan VR dari BlitzWolf yang bernama BlitzWolf BW-VR3 ini mengalami peningkatan daripada versi sebelumnya. Peningkatan tersebut berupa perubahan lensa yang menjadi lebih baik dan tidak menimbulkan efek ketika digunakan oleh penderita mata minus maupun plus. Selain itu, VR ini juga sudah kompatibel dengan berbagai jenis ukuran smartphone, bahkan sampai yang berukuran 6,3 inchi.

Lensa yang terdapat di VR ini bisa diatur sesuai keinginanmu dan sesuai dengan kelebaran matamu. Jadi Kamu tak akan tersiksa dengan layar yang terlalu sempit maupun terlalu lebar. Jika Kamu menggunakannya untuk bermain VR berupa pendakian gunung, Kamu akan merasa berada di gunung tersebut secara nyata. Kamu bisa mengeksplorasi keadaan di gunung tersebut. VR ini memiliki karet pelindung di bagian dalam, sehingga ketika digunakan, dahi kepalamu tak akan mengalami lecet dan akan terasa sangat nyaman.

Dapatkan ulasan menarik tentang gadget travelling dan tulisan Lain dari Faiz Abi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar