Ulasan Rekomendasi Penginapan di Sumba yang Terbaik dan Terfavorit

(Instagram/tophotelscout)

Berikut ini adalah deretan rekomendasi penginapan di Sumba yang bisa Kamu jadikan referensi kala hendak traveling di tanah yang kaya akan pesona alamnya. Tengok ulasannya di sini.

1. Nihiwatu Resort

 penginapan di Sumba

(Instagram/tophotelscout)

Rekomendasi penginapan di Sumba yang pertama, tentu saja ditujukan ke Nihiwatu Resort. Penginapan ini telah populer atau terkenal di kalangan wisatawan mancanegara sebagai hotel terbaik di dunia.

Pengakuan tersebut juga telah diakui oleh majalah Internasional Travel & Leisure. Dengan adanya title ini pun tentu Kamu ingin mengetahui sendiri alasan resort ini menjadi penginapan terbaik, bukan?

Penginapan di Sumba terbaik dunia ini berada di Desa Hobawawi, Wanukaka, Sumba Barat. Desain interior dan eksterior yang disuguhkan dalam penginapan ini kental dengan unsur lokal. Ditambah dengan keelokan alam yang menjadi latar resor ini, membuat Nihiwatu Resort kian digilai pengunjung.

Suguhan resor yang menghadap langsu g ke arah pantai, juga menjadi poin plus tersendiri. Beragam fasilitas juga disajikan seperti konsep vila berbentuk rumah pohon, vila di puncak bukit, vila dengan kolam renang privat, dan vila lainnya menjadi konsep yang menarik pada resor.

Baca Juga: Bersenyawa dengan Senja dan Sang Pencipta di Pantai Mbawana Sumba

2. Sumba Adventure Resort

 penginapan di Sumba

(Instagram/sumba_adventure_resort)

Rekomendasi penginapan di Sumba selanjutnya yang bisa Kamu jadikan referensi adalah Sumba Adventure Resort. Bukan tergolong penginapan mewah, namun penginapan ini tetap menyajikan pengalaman yang menyenangkan.

Berkonsep sederhana dengan paviliun terbuka yang serasa back to nature, Sumba Adventure Resort menyediakan beragam fasilitas olahraga yang bisa dijadikan andalan, seperti peralatan untuk aktivitas bersepeda, menyelam, snorkeling, dan berselancar tersedia di resor ini.

Fasilitas lain yang disediakan oleh resor ini ialah fasilitas camping dengan kamar mandi di dalamnya. Ada pula penginapan beach hut yang merupakan bangunan bambu yang langsung mengarah ke pantai, di dalamnya tersedia kamar mandi, kulkas bar, dan juga area kopi.

Ada juga Palm Forest hut. Penginapan ini berlokasi di bawah pohon kelapa sawit dengan dua macam pelindung atapnya. Tentunya tersedia kamar mandi privat yang terpisah dari huniannya.

Lalu yang terakhir adalah A-frame yang merupakan area terbuka beratapkan bambu dengan tempat tidur berupa hammock. Resor ini akan menjadi tempat yang asik bagi Kamu yang menyukai petualangan dan juga alam terbuka.

3. Watukaka Resort

 penginapan di Sumba

(Instagram/_justgoldy_)

Penginapan di Sumba selanjutnya yang bisa Kamu jadikan tempat bermalam adalah Watukaka Resort. Watukaka Resort sebenarnya adalah penginapan glamping yang terletak di Ubuoleta. 

Glamping merupakan singkatan dari glamorous camping dimana bentuk penginapan berupa tenda namun tenda yang mewah. Perpaduan fasilitas mewah seperti AC dengan aktivitas camping ini sendiri menjadi salah satu pengalaman yang seru untuk Kamu yang hendak memiliki momen dan pengalaman baru tak terlupakan.

Desain penginapan dibuat ramah lingkungan. Pendingin yang digunakan pun juga ramah lingkungan. Vila penginapannya sendiri terbuat dari material alam ekspos di setiap sisinya.

Baik dari eksteriornya hingga interior terdapat berbagai macam material alam seperti batang kayu atau kursi anyaman rotan, dan sebagainya. Adanya teras yang luas juga menjadi tempat tamu untuk melakukan berbagai aktivitas.

4. Sumba Nautil Resort

 penginapan di Sumba

(Instagram/epaisthalozie)

Rekomendasi penginapan di Sumba selanjutnya ada Sumba Nautil Resort yang berada di perbukitan miring di Kecamatan Lamboya, Sumba Barat.

Memiliki 7 paviliun mewah, penginapan di Sumba yang satu ini tetap menggunakan material pembangunan yang berbasis pada kearifan lokal.

Material lokal, artefak tradisional, dan juga jendela yang lebar menjadi acuan dalam perancangannya. Setiap paviliunnya juga tersedia teras untuk bersantai dengan pemandangan spektakular dari laut Indian dan berbagai pemandangan tebing.

Masing-masing paviliun, dapat digunakan untuk dua orang dengan dua macam kamar tidur yang berbeda yaitu kasur ukuran king atau kasur twin terpisah.

Di dalam kamarnya tersedia kipas angin di langit-langit, AC, kamar mandi dengan air panas, mini bar, pemanas air, dan juga brankas untuk menyimpan barang berharga.

Berbagai macam fasilitas juga tersedia di resor ini seperti kolam renang, perpustakaan di lobi, toko kerajinan, bar restoran, dan berbagai fasilitas servis seperti laundry dan telepon.

5. Maringi Eco Resort

 penginapan di Sumba

Maringi Eco Resort (Instagram/sumbahospitalityfoundation)

Baca Juga: Desa Watumbaka, Desa Instagramable Terbaik di Nusa Tenggara Timur

Maringi Eco Resort menjadi rekomendasi penginapan di Sumba terakhir pada artikel kali ini. Keunikan dari penginapan ini ialah, Maringi Eco Resort juga merupakan sebuah sekolah perhotelan untuk anak muda Sumba.

Inge de Lathauwer, sang pendiri adalah seorang wanita asal Belgia yang merupakan pendiri dari Sumba Hotel School dengan menggunakan biayanya sendiri.

Bila Kamu memilih resor ini sebagai tempat bermalam, maka secara tak langsung Kamu juga turut berkontribusi dalam pendidikan perhotelan ini.

Semua murid akan tinggal di asrama yang menyatu dengan resor, jadi jangan heran jika kamu melihat banyak murid yang bersliweran di penginapan ini.

Maringi Eco Resort ini dilengkapi dengan fasilitas 9 paviliun dari bambu, restoran, ruang kelas, dan juga kebun permaculture. Setiap paviliunnya sudah mendekati resor bintang empat dengan kamar mandi dalam, pendingin ruangan, dan juga air panas.

Dapatkan ulasan menarik tentang sumba dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar