Sidebar

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Paspor Hilang di Luar Negeri

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Paspor sebagai dokumen resmi yang dikeluarkan suatu negara yang memuat identitas pemegang dan menjadi suatu alat yang berfungsi agar pemegang paspor bisa melakukan perjalanan antar negara memang sangatlah penting. Namun, bagaimana jika mendapat musibah paspormu hilang? Apa yang harus dilakukan? Ini tipsnya:

Jangan panik! Cek dengan hati-hati setiap detail barang-barangmu

A photo posted by Dani Karamoy (@danikaramoy) on


Sebelum memastikan bahwa paspormu hilang saat berada di negara lain, usahakan untuk tidak panik. Karena dimungkinkan rasa panikmu ini akan membuatmu kurang teliti ketika mencari paspor. Cobalah untuk mengingat di mana kamu melatakannya, di mana terakhir berkunjung, mungkin saja tertinggal di hotel atau tempat-tempat tertentu. Pokoknya, keep calm dulu.

Jika benar-benar hilang, segera lapor ke pihak Kepolisian setempat dan Kedutaan

A photo posted by Abdul Majid (@el_majid) on


Untuk bisa mendapatkan paspor darurat, datanglah ke kantor kepolisian terdekat yang akan membuatkan surat keterangan kehilangan paspor. Setelah mendapatkan surat keterangan ini, kamu bisa langsung ke KBRI untuk membuat Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang bisa menggantikan fungsi paspor sementara.

*Sebelum ke KBRI, mintalah bantuan kepolisian untuk melakukan panggilan ke KBRI.

Untuk bisa mendapatkan SPLP,  kamu akan dimintai kartu identitas dari Indonesia, bisa KTP, Akta lahit atau buku nikah, atau KK, surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat, formulir permohonan SPLP yang telah diisi dan ditangani, foto ukuran paspor, dan mambayar biaya pembuatan SPLP.

Setelah sampai di Indonesia, segera urus kehilangan paspor ke kantor Imigrasi


Setelah sampai di Indonesia, usahakan untuk menyisakan waktu untuk melaporkan kehilangan paspor untuk membuat paspor barumu. Datanglah ke kantor imigrasi untuk pembuatan jadwal Berita Acara Pemeriksaaan (BAP) yang syaratnya hampir sama dengan syarat pembuatan SPLP.

Setelah mendapatkan jadwal pembuatan BAP, nanti kamu akan diwawancarai seputar sebab kehilangan paspor, setelah itu datanglah ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan persetujuan pembuatan paspor baru, setelah disetujui kamu bisa ke kantor Imigrasi untuk mendapatkan paspor yang baru.

***

Proses pembuatan paspor baru karena kehilangan memang sedikit ribet, jadi usahakan untuk selalu mengantisipasi kehilangan paspor selama traveling ke luar negeri.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Cara Mengurus Paspor Kolektif, Petugas Imigrasi Datang Ke Rumah!

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

FALLBACK
The END