Pantai Temboko Lehi, Satu-Satunya Pantai Air Panas di Indonesia

Pantai Temboko Lehi, pantai air panas satu-satunya di Indonesia (Instagram/@gladykalesaran).

Pantai Temboko Lehi berlokasi di Pulau Siau Sitaro tepatnya Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Pulau ini berjarak sekitar 137 meter dari pusat keramaian Kota Manado. Lokasinya yang cukup jauh dan terpencil membuat pantai ini tak begitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat Sulawesi Utara Sekalipun.

Tak seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Temboko Lehi sangat unik karena menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang memiliki air hangat. Para ahli menduga tingginya suhu air di pantai ini disebabkan karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Berapi Karangetang yang masih aktif. Air hangat dapat dirasakan di sepanjang garis Pantai Temboko Lehi.

Selain hangat, perairan di Pantai Temboko Lehi juga sangat jernih dan bersih. Air lautnya juga tidak terlalu asin sehingga jarang ditemui biota laut yang mendekat bibir pantai. Tak ada karang yang tumbuh di dasar perairannya karena tak mampu bertahan hidup dengan tingginya suhu air di Pantai Temboko Lehi,

Beberapa titik di Pantai Temboko Lehi dikenal memiliki suhu yang sangat panas, bahkan dapat membuat telur menjadi matang saat dicelupkan ke dalam pantai ini. Tak sembarang orang diijinkan berenang di Pantai Temboko Lehi karena suhu air pantai ini dinilai cukup membahayakan.

Bagi yang ingin berenang bisa menuju ke sebuah kolam kecil di sekitar pantai yang biasa digunakan oleh warga setempat mandi. Air di kolam ini cukup hangat sehingga aman untuk berenang maupun mandi. Setiap pengunjung diharapkan tetap selalu waspada karena terkadang semburan uap hangat tiba-tiba muncul di permukaan pantai berpasir.

Menuju Pantai Temboko Lehi dengan jalur komersial hanya bisa ditempuh dengan perahu dari Pelabuhan Manado selam empat jam. Dari Pelabuhan Manado kemudian akan sampai di Pelabuhan Pehe yang terletak di Pulau Siau. Di Pelabuhan Pehe perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan ojek selama 20 menit.

Dapatkan ulasan menarik tentang sulawesi utara dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar