5 Pantai di Jogja Untuk Camping

Sedang liburan di Jogja? Camping di pantai bisa jadi pilihan. Ini rekomendasi terbaik kami, beberapa pantai di Jogja untuk camping.

Ditulis Oleh Shabara Wicaksono

Bagi pencinta wisata adventure, khususnya penikmat camping, merasakan sensasi hidup di alam walau sejenak, merupakan sensasi yang memuaskan. Bermalam di puncak tertinggi Jawa, di taman belakang rumah, ataupun di arena pantai selalu menjadi cerita menyenangkan.

Terkait hal itu,  Jogja yang identik dengan wisata pantainya, menjadi buruan untuk berkomtemplasi dari tumpukan pekerjaan atau macetnya jalan raya di tengah polusi. Jogja menawarkan obat penghilang rasa suntuk yaitu dengan merasakan kemping di pantai. 

Berikut rekomendasi kami, pantai di Jogja untuk camping melepas penat:

Baca juga: Wisata alam di Jogja paling romantis

1. Pantai Siung yang terapit dua tebing karang kokoh

siung

Gambar dari Arief

Ikon dari Pantai Siung Yogyakarta adalah karang-karang kokoh untuk tempat panjat tebing. Lokasi ini pernah dijadikan tempat penyelenggaraan  The Asian Climbing yang dihadiri 80 peserta dari 15 negara.

Terletak di antara dua tebing, pantai ini seperti ceruk yang menjorok. Pantai ini sangat aman untuk tempat mendirikan tenda. Wisatawan bisa menaiki bukit keesokan paginya yang akan menyuguhkan panorama khas laut yang indah.

2. Berkontemplasi di Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Foto oleh Yoga Hanggara

Akses pantai yang cukup sulit akan terbayar oleh pemandangan hijau yang mengitari Pantai Jungwok ini. Pantai Jungwok memiliki simbol batu karang besar yang ditumbuhi tumbuhan hijau. Oleh warga sering disebut watutopi atau ‘batu topi’. Batu ini biasa dijadikan lokasi memancing yang strategis.

Pantai ini masih jarang dikunjungi orang sehingga sangat tepat untuk dijadikan lokasi camping, serasa pantai milik pribadi. Wisatawan bisa menghabiskan waktu di pantai ini dengan bermain-main dengan biota laut seperti ikan-ikan yang bersembunyi di batu karang.

3. Pulau-pulau karang di sekitar Pantai Drini

Pulau Karang menjadi tanda bahwa seseorang sedang berada di Pantai Drini.

Pulau Karang yang ditumbuhi pohon-pohon ini ditakuti oleh ular-ular berbisa.  Wisatawan bisa berjalan menyusuri pinggir pantai hingga sampai di pantai lain berpasir putih yang tak kalah eksotis. Pantai ini sekaligus menjadi kawasan konservasi penyu.

4. Menjumpai air tawar dari goa di Pantai Seruni

pantai seruni

Foto dari sarangpenyamun

Pantai ini terlalu sepi untuk dijadikan tempat camping. Namun, bukankah ketenangan di alam liar justru yang paling dicari?

Tak perlu cemas kehabisan minum, karena wisatawan bisa mengambilnya dari sebuah goa kecil yang mengalirkan air tawar di sini.

5. Menikmati ‘the best place sunset’ Pantai Pok Tunggal

pok tunggal

Foto dari sarang penyamun

Wisatawan akan menyesal jika tak menikmati momen matahari terbenam di tempat ini. Karena dari pantai sini, wisatawan dapat melihat sunset terindah dari kota Yogyakarta. Duduk memandang ke laut lepas, menikmati semburat jingga yang mulai menghiasi langit, dan menyesap secangkir kopi. 

Salah satu yang terbaik, pantai di Jogja untuk camping.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA JOGJA, tulisan lain Shabara Wicaksono

Tag : , ,



Next Post