7 Tempat Romantis di Jogja dan Sekitarnya Untuk Liburan Bersama Orang Terkasih

Berencana liburan ke Jogja bersama pasangan? Kami berikan rekomendasinya, tempat romantis di Jogja dan sekitarnya yang akan memberimu pengalaman berkesan

Ditulis Oleh Shabara Wicaksono

Kota Jogja dan kota-kota sekitarnya di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal akan adat budaya tradisionalnya. Banyak wisatawan datang berkunjung karena hal tersebut.

Tapi sebetulnya, selain adat dan budayanya, Kota Jogja dan daerah-daerah di sekitarnya juga memiliki sangat banyak spot wisata menarik, baik di tengah kota maupun yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa. Bahkan tak hanya indah, tempat-tempat ini juga memiliki nuansa romantis, cocok dikunjungi bersama orang terkasih.

Jika Kamu berencana berlibur ke Jogja namun belum punya ide akan berkunjung ke mana, kami berikan rekomendasinya, tempat wisata romantis di Jogja yang akan membuat pengalaman liburanmu makin berkesan:

1. Upside Down World Jogja, rasakan sensasi tinggal di dunia serba terbalik

tempat romantis di jogja

Foto oleh @patricia_go

Kita mulai dari tengah kota Jogja terlebih dahulu: Upside Down World Jogja.

Sejak hari pertama launching, Upside Down World Jogja langsung menyedot perhatian wisatawan, baik dari dalam kota maupun dari luar kota. Tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung.

Ruangan di dalam Upside Down World Jogja mengusung konsep tempat tinggal pada umumnya, seperti dapur, ruang tamu hingga ruang keluarga. Yang membedakan adalah, semuanya serba terbalik. Jangan kaget menemukan sofa menempel di langit-langit atau televisi di atas kepala kita.

Selain menyediakan ruangan untuk berfoto, Upside Down World Jogja menyediakan pemandu yang siap menjadi juru foto, serta mengarahkan pose apa yang menarik untuk pengunjung.

Lokasi: Jalan Ring Road Utara Kota Jogja
Buka: 10.00 – 19.00 WIB

2. Menikmati sore romantis di Candi Ratu Boko

Foto oleh @koko_brengs

Candi Ratu Boko atau dikenal juga dengan nama Istana Ratu Boko merupakan tepat wisata romantis berikutnya yang bisa Kamu kunjungi di Jogja.

Kompleks tempat wisata ini tergolong luas, sekitar 250.000 meter persegi. Di tengah kompleks terdapat gapura utama, kolam dan candi pembakaran.

Jangan berkunjung ke Candi Ratu Boko di siang hari, sangat terik sehingga tidak cukup nyaman untuk berkeliling.

Berkunjung pada sore hari adalah pilihan terbaik, tak terlalu terik dan cahaya matahari yang jatuh dengan sudut miring memunculkan nuansa romantis. Berfoto bersama orang terkasih bisa jadi pengalaman tak terlupa untuk kalian berdua.

Lokasi: Jalan Solo kilometer 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.
Buka: 06.00 – 17.00 WIB

3. Menikmati kerlip lampu kota pada malam hari di Pinus Pengger

Foto oleh @litaarviany

Pinus Pengger mungkin kurang populer di telinga wisatawan awam, Meski demikian, tempat ini tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata Jogja yang telah terkenal lebih dahulu semacam Malioboro hingga Taman Sari.

Hutan Pinus Pengger dilengkapi dengan banyak aksesoris menarik untuk berfoto, seperti sarang burung raksasa, jembatan pohon, hingga tangga cinta.

Jika ingin menikmati suasana alam lebih lama, pengunjung juga bisa berkemah di Hutan Pinus Pengger.

Lokasi: Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

4. Bercengkerama bersama pasangan di bawah taburan bintang di Bukit Panguk Kediwung, Dlingo

Foto oleh @Ferindats

Dibukanya Bukit Panguk Kediwung sebagai tempat wisata umum, masih tergolong baru. Namun fasilitas di sini sudah cukup lengkap.

Sudah dibangun gardu pandang dengan desain instagrammable, cocok untuk menghiasi feed Instagram Kamu. Berfoto bersama orang terkasih pasti akan meninggalkan kesan mendalam.

Berjarak 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan, akses menuju tempat ini tak terlalu mulus. Pengunjung harus melalui jalan menanjak dan berkelok. Meski begitu, saat sampai di puncaknya, semuanya akan terbayar dengan pemandangan alamnya yang cantik, jadi tak akan menyesal berkunjung ke sini.

Menariknya, tempat ini dibuka 24 jam, jadi Kamu bisa memilih ingin menikmati momen romantis apa; sunrise, sunset atau malam saat cuaca cerah dengan banyak bintang.

Lokasi: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Buka: 24 jam

5. Naik kapal di tengah bukit, hanya bisa di Jurang Tembelan Kanigoro

Foto oleh @awangnahardi

Masih di Mangunan, ada Jurang Tembelan Kanigoro. Tempat ini juga jadi alternatif menarik untuk dikunjungi bersama orang terkasih.

Pengunjung bisa berfoto di atas kapal yang terletak di atas bukit. Bukan kapal asli tentunya, namun gardu pandang yang didesain serupa kapal.

Hampir tiap akhir pecan tempat ini ramai pengunjung, karena itu kami rekomendasikan Kamu meluangkan waktu di weekdays, untuk mengambil cuti liburan jika ingin berkunjung ke sini agar lebih dapat menikmati suasana alam yang menyegarkan.

Lebih baik jangan terlalu berharap mendapatkan momen matahari terbit karena saat jam itu, tempat ini biasanya tertutup kabut.

Datanglah agak siang, sekitar pukul 06.00 – 08.00 WIB untuk mendapat cahaya dan panorama terbaik.

Lokasi: Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY.
Buka: 24 jam

6. Mengintip Pintu Langit Dahromo, salah satu tempat romantis nan unik di Bantul

Foto oleh Suryojdb

Pintu langit Dahromo, spot berfoto dengan suasana romantis berlatarkan megahnya alam di Bantul. Bantul sepertinya memang menjadi surganya para penikmat alam. Ada sangat banyak tempat wisata bernuansa alam di sini.

Pintu langit Dahromo terletak di Bukit Dahromo. Lokasi yang paling ikonik di sini adalah pintu putih dengan daun pintu terbuka, yang langsung menghadap pemandangan alam di depannya.

Tempat wisata romantis nan unik ini tergolong sangat terjangkau, tak sampai Rp20.000,- dihabiskan jika Kamu berkunjung bersama pasangan.

Lokasi: Bukit Dahromo, Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY.

7. Pencinta panorama pantai? Bukit Pengilon akan jadi favoritmu

Foto oleh Kevin Romario

Di tempat ini tak ada hamparan pasir putih, tapi Kamu yang pencinta pemandangan pantai dan laut pasti akan menyukainya. Kamu dapat memandang keduanya dari sudut berbeda, yaitu dari atas bukit.

Hamparan rumput hijau yang menyelimuti Bukit Pengilon cocok untuk merebah santai, menikmati angin pantai.

Jika ingin berkemah di sini pun bisa, asal tetap menjaga kebersihan. Kamu bisa menikmati ‘milky way’ jika langit cerah.

Lokasi: Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rekomendasi hotel murah saat liburan di Jogja

Selain menentukan destinasi yang akan dikunjungi, memilih tempat menginap juga berperan penting pada lancar tidaknya liburanmu nanti. Tentu tak ada yang ingin suasana liburannya menjadi kacau hanya karena salah pilih tempat menginap.

Memilih tempat menginap yang cocok memang gampang-gampang susah. Jika Kamu sama sekali tak memiliki referensi hotel murah tapi nyaman di Jogja, kami rekomendasikan untuk mencoba booking hotel di Airy Rooms. Selain karena harga kamar hotel yang lebih murah, fasilitas hotel yang tersedia di Airy Rooms terjamin sedikitnya menyediakan AC, TV layar datar, perlengkapan mandi lengkap, tempat tidur yang bersih dan nyaman, shower air hangat, air minum, dan tentu saja fasilitas wajib yang ada di era sekarang: WiFi gratis.

Airy Rooms yang dikenal memiliki jaringan hotel dan guest house paling luas di Indonesia, menjadi sebuah jaminan Kamu akan mudah mendapat hotel di sekitar Kota Jogja, bahkan sampai hingga kawasan pinggiran kota.

Yang tak kalah penting, proses pembayarannya mudah untuk dilakukan, bisa melalui bank transfer, kartu kredit maupun bayar langsung di Indomaret.

Kalau mau dapat harga hotel Airy yang lebih murah lagi, kamu bisa pakai kupon untuk dapat diskon 30%, pakai kode kupon di bawah ini :

Kode kupon : AHM30

Periode bookingnya sampai 30 September 2017, dan periode menginapnya kapan saja. Jangan sampai kelewatan ya!

Terakhir, untuk memudahkanmu memesan hotel, lebih baik memasang aplikasi Airy Rooms (android & iOS) di smartphonemu.

*Artikel ini adalah advertorial yang didukung Airy Rooms.

Next Post