facebook pixel

Pantai Bali, Surga Tersembunyi yang Sempat Diporakpondakan Tsunami Tahun 2004

Setelah hancur saat tsunami di Aceh tahun 2004, Pantai Bali perlahan bangkit dan bersolek. Kini tak ada yang meragukan kecantikan pantai ini


Pantai Bali merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Ladang, Kecamatan Susoh yang berjarak sekitar 5 Km dari ibu kota Aceh Barat Daya atau sekitar membutuhkan waktu tempuh 10 menit dari ibu kota. Pantai ini pernah diporakporandakan oleh tsunami 2004 silam. Namun sekarang pantai ini ‘bangkit’, kembali menjadi pantai berpanorama indah berkat usaha keras mereka yang peduli.

Momen matahari terbenam di pantai ini menjadi salah satu hal yang ‘pantang’ untuk dilewatkan. Damainya senja dan syahdunya suasana saat ujung-ujung cemara melambai diterpa angin sepoi-sepoi yang berhembus dari laut, itulah yang saya rasakan saat pertama kali menjejakkan kaki di pantai ini, Pantai Bali.

Dan Ini beberapa fakta yang perlu kamu tahu tentang Pantai Bali:

1. Pantai Bali, tapi tidak terletak di Bali

pantai bali

Foto dok. pribadi penulis

Jangan berpikir pantai ini terletak di Provinsi Bali, Pantai Bali sendiri sebenarnya bukan nama yang resmi, menurut masyarakat setempat pantai ini memiliki keindahan yang hampir menyerupai primadona pariwisata yang sangat terkenal di Indonesia. Sejak itulah Penduduk setempat banyak menyebutnya Pantai Bali dikarenakan keindahan pantai tersebut tidak kalahnya dengan keindahan Pantai di Bali.

2. Tidak ada jalur khusus menuju pantai ini

Akses menuju pantai ini sangatlah mudah, hanya melewati jalan beraspal yang terlelak di Desa Ladang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Saran saya gunakanlah kendaraan bermotor menuju pantai ini.

3. Surga bagi para pemburu sunset

pantai bali

Foto dok. pribadi penulis

Seperti yang saya tulis di bagian awal artikel, Pantai Bali tak dapat dipisahkan dari pesona sunset atau matahari tenggelamnya yang eksotik. Gulungan ombaknya yang seirama dengan lirikan sang mentari sore dari balik awan. Bila malam menjelang maka mata akan dibuat terpesona oleh gugusan kilau lampu kapal-kapal di tengah laut.

Kamu juga dapat mencicipi kuliner di sini yang banyak tersedia berbagai jenis makanan & minuman khas seperti aneka jus buah, Mie Aceh, serta aneka makanan khas lainnya.

4. Foto pre-wedding dengan ‘studio’ alam

Saat saya berkunjung, ada sepasang (nampaknya) calon mempelai tengah melakukan sesi pemotretan di tepi pantai. Dengan latar belakang sunset berwarna jingga keemasan, cocok menjadi ‘studio’ alam bagi sepasang kekasih tersebut dengan memakai pakaian Adat Aceh. Tak diragukan lagi pantai ini menjadi tempat yang kerap digunakan sebagai lokasi untuk pemotretan bagi para pencinta fotografi.

5. Ratusan Bangau Putih penghias muara

pantai bali

Foto dok. pribadi penulis

Sulit menemukan burung camar di pantai ini, di kawasan pesisir pantai kamu bisa melihat bangau putih, tepatnya di pinggir Muara Sangkalan. Menyenangkan sekali menikmati pelayaran danau yang menghubungkan Pantai Bali berlayar pelan-pelan dengan ratusan bangau putih mulai beterbangan tepat di atas kepala di antara pepohonan mangrove.

6. Romantisme di antara rimbunan pohon cemara

pantai bali

Foto dok. pribadi penulis

Pantai- pantai di Aceh Barat Daya memang terkenal dengan keindahannya, termasuk Pantai Bali. Pantai ini khas dengan kerindangan pepohonan cemaranya. Ya, ini memang jadi panorama paling khas dari Pantai Bali yang didominasi oleh pepohonan cemara hijau.

Pohon- pohon cemara ini memang tampak rindang sehingga membuat suasana pantai jadi sangat nyaman digunakan untuk bersantai sambil menikmati senja.

Ombak pantai ini relatif tenang, sehingga membuat pengunjung bisa menikmati mandi atau berenang sambil manatap luasnya langit biru. Gulungan ombak dan birunya langit juga bisa dinikmati sambil berteduh di gazebo yang telah disediakan pihak pengelola.

Pantai ini terbilang masih alami, pengunjung diharapkan turut menjaga kebersihannya yaitu dilarang membuang sampah secara sembarangan.

7. Berselfie ria di Jembatan Bambu

pantai bali

Foto dok. pribadi penulis

Salah satu yang menarik di Pantai Bali adalah jembatan bambu yang dibuat oleh pihak pengelola. Jembatan sepanjang 10 meter yang dicat dengan warna merah terang dan putih ini menjadi tempat berkumpulnya para pecinta foto selfie. Tak ayal di sepanjang jembatan akan dipenuhi oleh anak- anak dan remaja untuk menyalurkan hobi ‘modelingnya’.

8. Jika Kamu hobi memancing, Pantai Bali tempatnya

Kalau Kamu salah satu orang yang gemar memancing, maka jangan melewatkan untuk berkunjung ke Pantai Bali. Spot paling digemari di Pantai Bali oleh para pemancing adalah Bukit Batu Gajah yang disusun memanjang membatasi Muara Sangkalan dengan Pantai Bali.

banner experience