Panduan Wisata ke Taman Laut Taka Bonerate 4 Hari 3 Malam

Taman Nasional Taka Bonerate. Foto dari Wikipedia

Taman Laut Taka Bonerate merupakan destinasi cantik yang ada di Sulawesi Selatan dan terkenal sebagai tempat terbaik untuk menyelam, snorkeling, dan wisata bahari. Topografinya di kawasan yang menarik di mana terdapat atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong dan karang serta terumbu karang yang luas.

Pada saat air surut, terlihat jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil. Sangat cantik!

Taka Bonerate memiliki 244 jenis moluska, 261 jenis terumbu karang dari 17 famili, 295 jenis ikan karang aneka warna, dan daratan terumbu karang sebesar 500 kilometer persedi di atol seluas 220.000 hektar.

Baca juga tentang: Taka Bonerate, Definisi Short Escape yang Sebenarnya

Waktu terbaik ke Taman Laut Taka Bonerate

Wisata ke Taman Laut Taka Bonerate

Pemandangan yang selau diburu wisatawan ke Taka Bonerate. CC Flickr 2.0 (asri to’)

Untuk Kamu yang pertama kali ke Taka Bonarate lebih baik datang kala musim panas di bulan April – Juni karena cuaca sedang bagus-bagusnya. Atau Oktober – Desember tiap tahunnya karena beberapa event diselenggarakan di sana.

Kamu bisa menyaksikan atraksi wisata di Kabupaten Selayar, lalu mengikuti event Ekspedisi Taka Bonerate di bulan Oktober – Desember yang mencakup turnamen memancing internasional, Underwater Exhibition, exploring, Lomba Fotografi Bawah Luat dan Lomba Foto Darat, Lomba Menulis Blog, hingga Fam Tour, Parade Joloro Hias, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Destinasi yang Patut dikunjungi di Taka Bonerate Selama 4 Hari 3 Malam

Wisata ke Taman Laut Taka Bonerate

Cantiknya pemandangan bawah laut di Taka Bonerate. CC Flickr 2.0 asri to’

Hari Pertama

Perjalanan menjelajahi Taka Bonerate dimulai dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju ke Tanjung Bira yang ditempuh selama 4 jam perjalanan. Sesampainya di Tanjung Bira, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki Ferry ke Pelabuhan Pamatata Selayar dengan waktu sekitar 2 jam.

Perjalanan masih belum usai. Kamu masih harus melakukan perjalanan panjang menuju Kota Benteng, kemudian Pelabuhan Pattumbukan, hingga berakhir di Pulau Tinabo Taka Bonerate. Total waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan.

Jarak tempuh yang panjang memaksa kita untuk melakukan perjalanan dari pagi hingga malam. Maka sebaiknya, kamu bermalam di Pulau Tinabo. Sore harinya, Kamu bisa menikmati sunset di Pulau Tinabo dan makan malam di restoran dekat hotel yang Kamu inapi.

Hari Kedua

Pagi menjelang di hari kedua, langsung saja lanjutkan perjalanan travelingmu untuk berkeliling di Pulau Tinabo. Kamu bebas berkeliling karena pulau ini memiliki aneka destinasi yang cantik. Kegiatan yang biasanya wajib dilakukan oleh wisatawan yang ke sini adalah bermain dengan baby shark.

Jangan lupa lakukan aktivitas snorkeling di sekitar dermaga Tinabo. Pada siang hari lanjutkan snorkeling di soft coral di Pulau Tinabo Kecil ke Bunging Tinabo untuk menikmati sunset terbaik Taka Bonerate.

Hari Ketiga

Wisata ke Taman Laut Taka Bonerate

CC Flickr 2.0 asri to’

Di hari ketiga lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi spot snorkeling di Pulau Tarupa Kecil dan berkunjung ke Pulau Tarupa. Siangnya, kembali ke Tinabo untuk makan siang lalu dilanjutkan menuju Latondo Kecil untuk snorkeling lagi.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Pulau Pattumbukang Selayar dan Kota Benteng untuk check in Hotel.

Malamnya Kamu bisa menjelajah kuliner di Kota Benteng dengan aneka kuliner di sana.

Hari ke-empat

Setelah sarapan, perjalanan akan dilanjutkan ke Pelabuhan Pamatata untuk menyeberang ke Tanjung Bira. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan singgah di Tanah Beru untuk melihat pembuatan Perahu Phinisi yang terkenal seantero Nusantara.

Kemudian siap-siaplah datang ke Makassar dan membeli oleh-oleh di Somba Opu, tempat beli oleh-oleh khas Makassar dan lanjutkan perjalanan ke Bandara untuk pulang.

Transportasi menuju ke Taman Laut Taka Bonerate

Wisata ke Taman Laut Taka Bonerate

Taman nasional Taka Bonerate. CC Flickr 2.0 asri to’

Sebenarnya selain menggunakan transportasi laut, untuk bisa menuju ke Taka Bonerate terdapat beberapa pilihan transportasi lain yang bisa dijajal.

Pesawat terbang

Dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) menuju ke Bandara H. Aeropala (Selayar), menggunakan pesawat jenis ART di mana lebih menghemat waktu menuju ke Taman Nasional Taka Bonerate dalam waktu 40 menit.

Armada yang digunakan adalah jenis ATR72-600 berkapasitas 70 orang, yang dioperasikan oleh Trans Nusa, Wings Air, dan Garuda Indonesia.

Menggunakan bus

Jika naik bus dari Makassar maka Kamu harus menuju terminal Bus Mallengkeri terlebih dahulu, atau menggunakan taksi dengan tujuan Benteng, Selayar dengan harga tiket bus Rp150 ribu. Waktu tempuhnya 5 jam dengan istirahat.

Dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, perjalanan akan dilanjutkan dengan Kapal Feri selama 2 jam menuju ke Pelabuhan Pamatata, Selayar hingga menuju ke Kota Benteng dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 – 2 jam.

Menggunakan travel

Untuk Kamu yang ingin menggunakan travel juga bisa. Umumnya jadwal keberangkatan dari Makassar menuju Taka Bonerate pukul 03.00 WITA. Jadi, harus pesan tiket yang memiliki jam kedatangan lebih awal.

Terdiri dari dua jalur yakni jalur Benteng – Tinabo dan Jalur Benteng – Jinato.