Bingung City Tour ke Singapura? Inilah Cara Naik MRT

MRT Singapore

sumber foto awesome.net

Singapura merupakan salah satu negara yang dinilai ribet dalam urusan transportasinya. Benarkah demikian? Sebenarnya tak seribet apa yang Kamu bayangkan, jika Kamu paham mengenai transportasi di sana. Memang dari Segi aturan Singapura tergolong negara yang tertib.

Salah satunya saat naik MRT (Mass Rapid Transit). Bayak sekali wisatawan yang mengeluh ketika mengalami kendala saat naik MRT Singapore. Apakah Kamu salah satunya? Coba baca petunjuk dibawah ini!

Dapatkan tiket EZ-Link atau STP (Singapore Tourist Pass)

Sebelum naik MRT, Kamu harus mendapatkan EZ-Link atau kartu STP. Untuk mendapatkan kartu EZ-Link atau STP Kamu dapat membelinya di loket stasiun pada bagian ticket office.Bila loket yang Kamu jumpai tutup, maka Kamu bisa mencarinya di kios 7-Eleven yang tersebar di Singapura. EZ-Link ini dapat Kamu beli dengan harga $12 yang berisi uang $7 dan $5. Namun kartu EZ-Link ini tidak dapat dikembalikan.

Bawalah peta MRT Singapore

Biar Kamu nggak bingung atau nyasar saat naik MRT Singapore, sebaiknya Kamu membawa peta MRT. Peta ini dapat Kamu dapatkan melalui brosur yang tersebar di setiap sudut bandara atau Kamu pun bisa mencarinya melalui internet.

Cari mesin tiket MRT

MRT-dua

Tap kartu Kamu pada mesin ini. Sumber foto YukuninSingapore.blogspot.com

Agar Kamu dapat masuk ke area stasiun, cari mesin tiket MRT dan tap kartu EZ-Link pada mesin tiket tersebut. Pastikan mesin tersebut berbunyi “tittt…” agar kamu tidak bermasalah saat keluar dari stasiun yang kamu tuju.

Baca peta baik-baik sebelum naik MRT

Pada peta yang sudah Kamu miliki terdapat sebuah jalur kereta berwarna warni. Jalur kereta tersebut sengaja dibuat berwarna-warni agar memudahkan penumpang untuk naik MRT. Setiap warna memiliki jalur sendiri-sendiri. Jadi Kamu jangan sampai salah membaca peta agar tidak salah jalur.

Antrelah dengan tertib

Seperti yang Kamu ketahui bahwa Singapura merupakan negara yang tertib. Oleh karena itu tunjukan dedikasimu sebagai orang Indonesia untuk tertib dalam antrian.

Jangan makan dan minum dalam MRT

Untuk menjaga kebersihan dalam kereta maka Kamu dilarang makan dan minum. Sebagai turis, sebaiknya Kamu mematuhi peraturan tersebut. Meskipun begitu, di dalam setiap stasiun MRT terdapat beberapa gerai tempat makan dan minum. Mungkin Kamu bisa makan di sana tanpa membawanya ke dalam stasiun.

Perhatikan Pengumuman di dalam kereta

Biar Kamu tidak salah turun, maka ada baiknya perhatikan pengumuman yang ada di dalam ketera. Beberapa sebelum kereta berhenti maka petugas operator akan memberikan pengumuman tempat pemberhentian MRT. Bila tujuan Kamu dirasa sudah dekat, maka ada baiknya Kamu berdiri di depan pintu ketera.

Hati-hatilah saat keluar

Pada saat pintu terbuka, keluarlah dengan hati-hati. Perhatikan celah antara kereta dengan peron, jangan sampai Kamu terperosok ke dalam lubang tersebut.

Setelah Kamu berhasil keluar, maka carilah mesin tiket MRT untuk melakukan tap kartu EZ-Link atau STP. Ulangi langkah ketika Kamu masuk ke dalam stasiun.

Bagaimana cara top up EZ-Link?

Setelah Kamu berhasil naik MRT, pastinya kamu akan bertanya cara isi ulang atau topup EZ-Link agar dapat dipergunakan kembali. Kamu bisa melakukan top up general ticketing machine (GTM).

Caranya:

  1. Letakkan kartu Kamu di tempat kartu yang letaknya agak menajorok.
  2. Pilih  Add Value > cash pada bagian kiri yang ada di layar monitor.
  3. Masukkan uang Kamu berupa uang kertas dengan nominal $10, $20 atau $50 ke dalam lubang uang kertas yang ada di bagian kanan atas.
  4. Ambil kartu Kamu setelah terdapat notifikasi boleh mengambil kartu.

Selain top up di GTM, Kamu juga dapat melakukan top up Online. Nah, untuk informasi lebih lengkapnya Kamu bisa kunjungi website resmi EZ-Link.

Baca artikel menarik ini juga!

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar