Palm Beach, Pilihan tepat untuk Wisata Keluarga Hingga Gathering Komunitas di Singkawang

Wisata keluarga, gathering komunitas, pacu adrenalin, santai menikmati alam, semua bisa dilakukan di Palm Beach, destinasi favorit di Singkawang.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Bulan Februari, waktu di mana Kota Singkawang Kalimantan Barat kedatangan banyak “tamu”. Bukan tanpa alasan, karena seperti biasa di bulan Februari Singkawanag selalu menggelar peringatan imlek. Perayaan ini selalu menarik minat puluhan ribu wisatawan, apalagi saat digelarnya Pawai Tatung. Saat di mana ratusan tatung atau orang yang dirasuki roh-roh leluhur mengenakan baju berdarah dengan wajah yang ditusuk benda tajam. Mengerikan? Pastinya, tapi disitulah daya tarik utama yang tak dimiliki kota lain di Indonesia. 

Tak hanya tentang perayaan imlek, Singkawang yang terletak di antara gunung dan laut ternyata juga punya banyak pesona wisata alam yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata pantai, Singkawang punya Pantai Pasir Panjang, Pantai Kura-Kura, Sinka Island Park, Palm beach, dan banyak lagi. Jika ingin ke tempat yang lebih tinggi, maka wisatawan bisa berkunjung ke Bukit Rindu Alam yang tak jauh dari Kota Singkawang. 

Lalu bagaimana jika wisatawan ingin merasakan wisata alam pantai sambil melakukan banyak aktivitas? Jawabannya, datanglah ke Palm Beach. Destinasi wisata ini tak hanya menyajikan keindahan pantai namun juga pilihan aktivitas yang cukup beragam. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Palm Beach bisa jadi tempat yang asyik untuk bersantai sambil menikmati debur ombak

palm beach

Serunya berenang di Palm Beach. Foto oleh @eco_susanto23

Panorama alam yang ditawarkan Palm Beach tentu saja pantai dengan segala keindahan deburan ombak, pasir putih yang lembut dan pepohonan yang melambai tenang saat tersapu angin laut. Karena memiliki ombak yang tidak terlalu besar pantai ini juga bisa dinikmati dengan cara berenang di tepiannya. Namun wisatawan harus tetap berhati-hati, apalagi jika mangajak anak-anak. Sebagai pengaman ekstra bisa juga menyewa ban atau pelampung agar tak tenggelam saat berenang di tepi pantainya. 

palm beach

Hunting foto dengan latar laut. Fotooleh @shetiaintanilkstrso

Selain berenang, wisatawan yang enggan berbasah-basahan juga bisa menikmati Palm Beach dengan berfoto dengan latar lautan dan bebatuan di tepi pantainya. 

Menantang adrenalin dengan menjajal arena offroad

 

A post shared by Asnawi (@asnawi_106) on

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Singkawang, Palm Beach ternyata menyediakan arena khusus untuk para pecinta tantangan offroad. Wisatawan yang ingin menikmati kawasan pantai dengan cara yang berbeda bisa menjajal trek offroad di destinasi ini. Tak hanya diperuntukkan bagi wisatawan saja, Palm Beach juga kerap dijadikan tempat untuk penyelenggaraan kompetisi offroad. Seperti tiap tahunnya destinasi ini dijadikan lokasi final Kejurda Kalbar Sirkuit teplo mx.

Memiliki area yang luas membuat Palm Beach kerap jadi lokasi gathering komunitas

palm beach

Acara Family Gathering YVC-I V di Palm Beach. Foto oleh @dony_thogh

Salah satu fasilitas yang juga disediakan oleh Palm Beach adalah camping ground atau area perkemahan. INi juga yang menjadi destinasi ini banyak dipilih komunitas-komunitas untuk melakukan gathering. Biasanya yang sering melakukan gathering di tempat wisata ini adalah komunitas motor atau komunitas pecinta traveling di sekitar Kota Singkawang. 

Jadi selain bisa membuat suasana akrab antar anggota komunitas, mereka juga bisa berwisata sekaligus. Mengobrol santai sambil menikmati secangkir kopi di tepi pantai pasti akan membuat obrolan antara anggota komunitas makin akrab. 

Fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung

palm beach

Fasilitas pondok atau gazebo di tepi pantai. Foto oleh @bambangherlambang29

Nah selain fasilitas lain yang sudah diulas di atas tadi, Palm Beach juga masih punya sederet fasilitas lain yang bisa dinikati pengunjung. Beberapa di antaranya adalah hotel, kantin,  kolam renang, taman bermain anak dan area volly pantai. Di area tepi pantai juga terdapat semacam pondok atau gazebo yang dimanfaatkan pengunjung dengan cuma-cuma. 

Untuk masuk ke area Palm Beach pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Harga ini akan sangat mungkin berubah sewaktu-waktu. 

Lokasi dan cara menuju ke Palm Beach Singkawang


Di atas adalah peta lokasi untuk memudahkan wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Palm Beach. Sebagai petunjuk arah, wisatawan yang datang dari arah Kota Singkawang bisa melewati Jalan Ahmad Yani dan lurus terus terus hingga bertemu dengan Jalan Sedau. Setelah mulai memasuki kawasan Jalan Sedau wisatawan akan menemukan pertigaan Jalan Pantai Pasir di sebelah kanan jalan. Nah wisatawan bisa masuk dan mengikuti Jalan Pantai Pasir Panjang ini sampai bertemu dengan papan petunjuk Palm Beach. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KALIMANTAN BARAT, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post