Sidebar

Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Nikmati Liburan Sekolah di Yogyakarta

Jika Anda berencana mengajak anak-anak menikmati liburan sekolah di Yogyakarta, berikut rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Libur lebaran sudah usai, tapi belum dengan libur sekolah. Masih ada banyak waktu hingga pertengahan bulan Juli, jadi Anda masih bisa ajak anak-anak liburan sekolah di Yogyakarta. Kota Pelajar dengan banyak pilihan destinasi wisata, mulai dari wisata edukasi, taman bermain, hingga pilihan destinasi wisata alam di Jogja pun melimpah.

Jika Anda berencana mengajak anak-anak menikmati liburan sekolah di Yogyakarta, berikut rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi:

1. Omah Salak Sleman

Liburan sekolah di Yogyakarta, datang ke Omah Salak Sleman. Foto: niagatour.com

Omah Salak Sleman cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan anggota keluarga karena menyajikan beragam wahana seru yang mampu mengembangkan sistem motorik. Salah satunya memetik salak hingga makan di tengah kebun salak.

Omah Salak memiliki luas 27 hektar dan dengan sekitar 17 jenis salak yang ditanam mulai dari salak Bali, Salak Semeru, Salak Gading, Salak Manggala, Salak Pondoh Hitam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: The Ranch Lembang dan Cisarua, Pilihan Wisata Alam dan Edukasi di Puncak Bogor

Lokasi Omah Salak berada di Jalan Perum Gadjah Mada Asri Kentang Turi Sleman, Wono Kerto, Turi, Yogyakarta. Tiket masuknya sangat terjangkau yakni Rp3 ribu saja dan buka mulai dari pukul 08.00 – 20.00 WIB.

2. Taman Pintar

Taman Pintar jadi destinasi yang wajib dikunjungi. Foto: yogyes.com

Sambut libur sekolah, wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta menambah jenis wahana baru yang bisa diakses hingga malam hari. Salah satu wahana itu adalah Rumah Gerabah atau lebih dikenal dengan nama Rumah Batik.

Pengunjung bisa berwisata ke wahana Rumah Gerabah,  playground, perpustakaan, dan science theater hingga pukul 21.00 WIB mulai 5 Juni 2018 dengan jumlah kunjungan kurang dari 100 orang.

Taman Pintar sendiri memang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata edukasi dengan koleksi pengetahuan yang cukup lengkap. Mulai dari astronomi, sains, alam, sejarah, dan banyak lagi. Destinasi ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan sekolah di Yogyakarta.

3. Sindu Kusuma Edupark

Bersenang-senang di Sindu Kusuma Edupark. Foto: travelspromo.com

Di Sindu Kusuma Edupark, Anda dan anak-anak bisa merasakan sensasi menonton film 8D. Tentu akan jadi pengalaman yang luar biasa bagi anak-anak, yang mana biasanya hanya menonton film dalam versi 2D atau 3D.

Selain menonton film, Anda juga bisa mengajak anak-anak menjajal berbagai wahana bermain yang ada di SKE. Beberapa di antaranya atraksi trampolin, sling shot, naik kereta api, Ferris Wheel, menjajal segway, naik mobil kuno, dan banyak lagi.

4. Museum Gunung Merapi

Liburan sekolah di Yogyakarta, coba ajak anak-anak mampir ke sini. Foto: sportourism.id

Museum Gunung Merapi sebetulnya dibangun sebagai langkah antisipasi untuk memberikan pemahaman pentingnya upaya mitigasi bencana. Sehingga tujuan utamanya tentu saja untuk memberikan edukasi bagi wisatawan dan juga masyarakat secara umum.

Museum ini ternyata juga digunakan untuk pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan bencana alam lainnya. Agar lebih menarik minat anak-anak untuk belajar tentang gunung api, maka berbagai penjelasan di museum ini dibuat secara menarik. Penjelasan yang disajikan melalui gambar visual, film pendek, maket, dan ruang simulasi.

5. Wisata alam Kaliurang

Tempat wisata alam di Jogja untuk habiskan liburan sekolah di Yogyakarta. Foto: hobiwisata.com

Kaliurang merupakan salah satu destinasi wisata alam Jogja yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Menikmati kemegahan Gunung Merapi dengan udara yang sejuk, tentu akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar. 

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Keluarga di Malang, Khususnya Sekitar Kota Batu

Wisata alam Kaliurang menawarkan berbagai aktivitas seru, seperti misalnya berenang, jalan-jalan hingga bersantai. Spot paling asyik untuk berenang adalah di Telogo Muncar. Anda sekaligsu bisa mengajak anak berolahraga fisik bukan saat mengajak mereka berkunjung ke sini.

Selain ke Telogo Muncar, Anda juga bisa berkunjung ke Tlogo Putri, Gua Jepang, Taman Bermain Anak, atau Gardu Pandang. Di sekitar Kaliurang juga banyak penginapan untuk menginap bersama keluarga.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel di Jogja Dekat Pantai yang Berhadapan dengan Laut Selatan

Sisi Gelap Kota Jogja yang Tidak Banyak Diketahui Orang, Ngeri!

Awandaru Village Jogja, Surga Tersembunyi di Hutan Tropis Kota Pelajar

Toko Djoen Jogja, Kedai Roti Legendaris dari Kota Pelajar Sejak 1935!

Wabi Sabi House Jogja, Hotel Murah dan Instagenis di Pusat Pariwisata

Sejarah Pasar Kembang Jogja, Pusat Pelacuran yang Selalu Menarik Turis

FALLBACK
The END