3 Museum Rumah Pahlawan Segera Diresmikan di Surabaya

surabaya

Wisata sejarah di Surabaya makin variatif. Foto oleh Indah Fajarwati/kontributor Phinemo.com

Kota Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan. Predikat tersebut dipersembahkan langsung oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir.H.Soekarno, pada tanggal 10 November 1950. Penganugerahan predikat Kota Pahlawan merupakan wujud dan bukti sejarah heroiknya perlawanan rakyat Surabaya dalam peristiwa 10 November 1945. Selain itu, sebagai bukti monumental untuk mengabadikan Surabaya sebagai Kota Pahlawan, di kota ini juga didirikan Tugu Pahlawan. 

Baca rekomendasi hal menarik yang bisa dilakukan di Surabaya dengan klik di sini.

Kini, nuansa sejarah di Kota Pahlawan akan makin kental menyusul segera diresmikannya 3 museum sejarah. Pemkot Surabaya akan meresmikan Museum Rumah Hos Cokroaminoto, Museum Rumah Dr Soetomo dan Museum Rumah WR Supratman.

Wali Kota Surabaya, Tri Risma Harini, menyatakan bahwa museum tersebut akan diresmikan di Bulan November ini.

“Sekarang sedang mau coba dilengkapi barang-barangnya, kami cari sampai ke rumah asalnya, misal rumah Cokroaminoto di Madiun. Itu kan dulu Bung Karno belajar pidato di atas rumah Cokroaminoto, coba pidato di depan kaca. Kacanya itu kita sudah berhasil dapat sama cerita proses di dalamnya juga,” jelas Risma.

Risma menambahkan, dirinya membentuk tim khusus untuk ini. Tim disebutnya sudah bergerak mencari referensi hingga ke Jakarta, ke Museum Arsip Nasional, ke beberapa tempat di kampung-kampung asalnya.

Baca rekomendasi tempat-tempat wisata sejarah Indonesia dengan klik di sini.

“Ini bentuk penghargaan pada para pahlawan. Kita sudah negosiasi dengan para ahli waris juga. Nanti Pemkot Surabaya yang akan kelola,” pungkas Risma.

Dapatkan ulasan menarik tentang Surabaya dan tulisan Lain dari Johan Vembrianto

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar