facebook pixel

11 Museum Unik di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi Selain Museum Angkut

Selain museum angkut apakah Kamu ingin mengunjungi museum lainnya?


Museum angkut memang unik dan menarik sih, jadi nggak heran kalau selalu jadi favorit.

Museum Angkut, museum unik yang berada di Malang ini memang jadi favorit wisatawan. Dari mulai anak-anak sampai orang dewasa berbondong-bondong ke sana. Padahal Indonesia nggak cuma punya museum Angkut, ada banyak banget museum unik lainnya. 

Mau tahu? Ini nih museum unik di Indonesia yang bisa Kamu kunjungi termasuk Museum Angkut; 

1. Datang ke Museum Angkut Malang memang hal yang seru dan asik 

Koleksi mobil tua di Museum Angkut. sumber

Di Museum Angkut, Kamu bisa belajar tentang sejarah transportasi. Semua bentuk transportasi ada di sana. Mulai dari sepeda hingga pesawat terbang. Beragam kendaraan lama terpampang di sana.

Selain itu Kamu juga bisa mengunjungi banyak sekali spot fotogenik di sana. Jadi seru buat area berfoto-foto. Museum Angkut ini berada di Batu Malang di Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik. Jam buka Museum Angkut ini mulai dari jam 12.00-20.00 WIB. Harga tiket masuk Museum Angkut saat weekdays sebesar Rp70.000,- sementara saat weekend adalah sebesar Rp80.000,-

2. Jika Kamu datang ke House Of Sampoerna di Surabaya, Kamu bisa melihat proses pembuatan rokok kretek

museum angkut

Dalam museum House Of Sampoerna Sumber

Dari museum Angkut Kamu bisa beralih ke House Of Sampoerna. Rumah peninggalan Liem Seeng Tee ini kini menjadi museum sekaligus tempat produksi. Di museum ini Kamu bisa melihat beragam benda peninggalan jaman dulu dan sejarah berdirinya rokok kretek.

Uniknya, dari lantai dua Kamu bisa melihat proses pembuatan rokok kretek yang dikerjakan oleh ratusan perkerja. Kamu akan kagum saat melihat tangan-tangan trampil mereka bekereja. Museum ini buka setiap hari dari jam  09.00-22.00 WIB dan tanpa dipungut biaya.

3. Museum Nyamuk di Pangandaran bisa jadi salah satu obyek wisata ilmiah

museum angkut

Rupanya ada ya museum nyamuk. Sumber

Museum ini berada di Dusun Kamurang, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran. Museum ini dikelola oleh Departemen Kesehatan RI melalui lembaga Loka Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Loka Litbang P2B2) Ciamis.

Di sana Kamu bisa mendapatkan pengetahuan tentang nyamuk. Mulai dari  jenis-jenis nyamuk yang diawetkan hingga obat-obatan penangkal gigitan nyamuk alami. Di dalam museum nyamuk menyimpan berbagai macam spesies nyamuk di seluruh Indonesia lho. 

4. Saat ke Jogja Kamu bisa datang ke Museum Ulen Sentalu yang rupanya banyak digemari oleh wisatawan

museum angkut

Kamu bisa belajar sejarah kesultanan di sini Sumber

Di museum Ulen Sentalu Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai keraton di Solo dan Jogja. Di sana Kamu bisa tahu tentang cerita-cerita putri keraton. Museum Ulen Sentalu ini selalu dicari oleh wisatawan. Di sana Kamu juga bisa menikmati sejuknya pemandangan di sekitar Kaliurang dan keindahan bangunan dari Museum Ulen Sentalu.

5. Bencana alam nggak selamanya menjadi kelam, Museum Tsunami Aceh contohnya

museum angkut

Museum Tsunami Aceh Sumber

Museum yang dibangun akibat dampak bencana alam Tsunami ini rupanya juga banyak dikunjungi wisatawan. Tempat yang unik dan asik ini rupanya karya Ridwal Kamil, walikota Bandung. Museum ini dibangun untuk mengenang kejadian sebuah bencana alam yang terjadi pada tahun 2004 silam.

6. Melihat koleksi seni terlengkap di dunia di Museum Pasifika, Nusa Dua

museum angkut

Banyak hasil karya seniman hebat di sini sumber

Jika Kamu suka dengan seni, saat datang ke Nusa Dua Bali, maka kamu harus datang ke Museum Pasifika. Di sana Kamu bisa meihat koleksi karya seni dan lukisan buatan seniman dari Indonesia seperti Affandi dan Nyoman Gunarsa. 

Museum Pasifika ini merupakan museum seni terlengkap di Indonesia bahkan di dunia. Jadi nggak heran kalau pernah mendapatkan penghargaan di tahun 2011 dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

7. Jika Kamu kangen masa kecil, cobalah mampir ke Museum Anak Kolong Tangga di Yogyakarta

museum angkut

Bisa balik ke masa kecil saat masuk museum ini Sumber

Selain museum Ulen Sentalu, Jogja juga punya museum yang unik untuk dikunjungi. Saat Kamu masuk ke museum ini maka secara nggak langsung Kamu akan dibawa ke dalam lorong waktu masa kecil. Semacam pengobat rindu terhadap kenanagan masa kecil gitu deh. 

Museum ini terletak di Taman Budaya Yogyakarta. Kamu akan disuguhkan dengan beragam macam mainan seperti boneka kayu, miniatur kendaraan, dan banyak sekali mainan tradisional lainnya.

8. Mengetahui sebuah sejarah kepulaun di Indonesia Kamu bisa mampir ke Museum Geologi Bandung

museum angkut

Bagus ya museum geologinya sumber

Museum Geologi Bandung belakangan ini juga ramai dengan pengunjung lho. Lokasinya nggak jauh dari gedung Sate di Jalan Diponegoro Bandung. Saat Kamu masuk ke dalam museum ini, suasana spooky nggak akan Kamu rasakan. Uniknya, museum ini sudah ada sejak tahun 1850. 

Kamu juga akan tahu sejarah terbentuknya kepulayan Indonesia dengan nonton film 3D tentang geologi. Kamu bisa datang pada jam 08.00- 16.00 setiap harinya kecuali hari jumat dan hari libur nasional.

9. Banyak sekali rekor yang ada di Indonesia, Kamu bisa intip di Museum Rekor Indonesia (MURI)

museum angkut

Museum Muri Semarang Sumber

Untuk menambah pengetahuan tentang rekor yang ada di Indonesia Kamu bisa datang ke Museum Rekor Indonesia. Salah satu museum di Indonesia yang unik. Di sana Kamu bisa tahu rekor apa yang pernah dicetak di Indonesia. Museum ini ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang. Satu Komplek dengan pabrik Jamu Jago. 

10. Kamu bisa belajar mengenai sejarah alat medis saat datang ke Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH di Surabaya

museum angkut

Berani lihat koleksi di museum ini? Sumber

Saat Kamu masuk ke Museum Kesehatan Dr Adhyatma ini, Kamu akan sejenak mengeryitkan dahi. Soalnya, koleksi yang ada di museum ini adalah koleksi alat-alat medis  dan non medis gitu. Jangan kaget jika Kamu akan bertemu patung jaelangkung di sana. 

11. Kamu bisa tahu tentang ragam jenis kayu yang ada di Indonesia saat datang di  Museum Kayu Tuah Himba di Tenggarong

museum angkut

Banyak jenis kayu di sini. sumber

Di sana Kamu bisa tahu beragam jenis kayu yang ada di hutan Kalimantan. Museum yang berbentuk seperti rumah pangung ini memiliki koleksi kayu kapur dengan diameter  100 cm lho. Selain itu ada beberapa koleksi hewan yang pernah memangsa manusia juga lho! 

12. Belajar mengenai tradisi budaya Batak Kamu harus mengunjungi Huta Bolon Simanindo

museum angkut

Kamu bisa belajar sejarah Batak di museum ini Sumber

Museum Hutan Bolon Simanindo merupakan rumah adat warisan Raja Sidauruk. Bangunan ini dijadikan museum sejak 1969. Di sana Kamu bisa belajar tentang budaya Batak. Banyak sekali peninggalan leluhur Batak Toba dari Simosir di museum ini. Museum ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 17.00.

***

Nah, 12 destinasi sejarah di atas bisa jadi referensi buat Kamu yang ingin liburan ke Museum unik di Indonesia selain Museum Angkut.

Baca juga artikel menarik lainnya mengenai destinasi;

banner experience