Sidebar

Masjid Agung Natuna, Ikon Wisata Religi Sekaligus Taj Mahal-nya Kepri

Saat memasuki gerbang Masjid Agung Natuna, Kamu sudah dihadapkan seolah sedang berada di tempat di mana Taj Mahal berdiri.

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Masjid Agung Natuna adalah salah satu destinasi wisata religi yang wajib Kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup. Bagaimana tidak? Masjid megah yang berdiri di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau ini bahkan digadang-gadang sebagai Taj Mahal-nya Indonesia.

Masjid Agung Natuna berjarak sekitar 10 menit dari Bandara Raden Sadjad, Ranai. Sesampainya di sini, Kamu akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. 

Baca Juga: Mengenang Soeharto Melalui Masjid Istiqlal Indonesia di Bosnia

Saat memasuki gerbang masjid, Kamu sudah dihadapkan seolah sedang berada di tempat Taj Mahal berdiri. Julukan Taj Mahal versi Natuna ini tentu saja bukan tanpa alasan. 

Sebab, terdapat sungai yang mengapit dua jalan lebar menuju ke dalam masjid, persis seperti desain Taj Mahal di India.

Namun menariknya, Masjid Agung Natuna terasa semakin memesona dengan pemandangan Gunung Ranai yang tampak berdiri setia di belakang masjid yang dibangun pada 2007 lalu itu.

Filosofi kemegahan Masjid Agung Natuna

Kubah Masjid Agung di Kabupaten Natuna. (Foto/Kumparan)

Kemegahan masjid ini telah tampak dari bangunan utamanya. Bangunan utama masjid terdiri atas satu kubah besar, enam kubah kecil, dan dilengkapi 20 pintu.

Di keempat penjuru masjid juga terdapat empat menara setinggi 17 meter yang merepresentasikan 17 rakaat salat dalam lima waktu.

Pada bagian tertinggi terdapat kubah utama dengan ukuran terbesar yang melambangkan sifat ihsan, sedangkan 6 kubah yang lebih kecil merupakan simbol dari rukun iman dalam agama Islam.

Di tingkat terbawah ada 12 kubah yang melambangkan hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Bangunan terdiri dari dua lantai.

Selain Taj Mahal, nilai-nilai arsitektur juga dicuplik dari masjid lain di dunia, yang umumnya menonjolkan nilai-nilai arsitektur khas Timur Tengah.

Masjid Agung di Kabupaten Natuna. Sumber foto.

Baca Juga: Masjid Raya Sumatera Barat, Destinasi Religi yang Dirancang Tahan Terhadap Gempa Bumi

Diketahui bahwa masjid di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini memadukan desain masjid di Cordoba (Spanyol), Taj Mahal (India), Masjid Nabawi (Arab Saudi), dan ukiran khas Turki.

Tak hanya bangunan masjid yang megah, luasnya bagunan pun membuat masjid ini bisa menampung hingga 5.500 jemaah. Namun, jika dihitung dengan halaman yang begitu luas, Masjid Agung Natuna bisa menampung hingga 10 ribu jamaah.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Telunas Beach Resort, Penginapan Pulau Pribadi di Riau Ala Maldives

4 Masjid Paling Suci di Dunia Bagi Umat Islam, Sudah Ada Sejak Era Nabi!

Masjid Agung Cordoba, Tempat Ibadah Umat Islam Juga Kristen Spanyol

Pulau Cempedak Resort, Akomodasi Ekslusif Khusus Dewasa di Bintan

Pulau Bawah Resort, Penginapan di Pulau Tersembunyi untuk Orang Tajir

3 Pulau di Indonesia yang Menjadi Tempat Isolasi Pasien Virus Corona

FALLBACK
The END