Mari Belajar Budaya Sumbawa di Festival Pesona Moyo

Bapak M. Amin, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Membuka Perhelatan Festival Pesona Moyo 2017. Sumber: genpilomboksumbawa.com

Sebagai salah satu target lokasi wisata unggulan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah bersiap-siap untuk mengajak para wisatawan memelajari kebudayaan asli masyarakat Sumbawa dalam Festival Pesona Moyo (FPM) 2018. Acara ini akan diselenggarakan selama hampir sebulan, mulai dari 10 September 2018 hingga 8 Oktober 2018.

Baca Juga: Festival Moyo, Tampilkan Kearifan Lokal dari Setiap Daerah di Sumbawa

Setelah diselenggarakan selama 7 tahun, FPM berusaha menjadi tempat untuk memperkenalkan budaya adat Sumbawa kepada masyarakat luas. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui pelestarian seni budaya, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Festival Pesona Moyo

Karnaval dalam Festival Pesona Moyo 2017. Sumber: indonesia-heritage.net

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan festival ini sebagai salah satu event nasional yang dipromosikan guna meningkatkan daya tarik Indonesia di mancanegara. Hal ini didasari dengan semakin meningginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

Seni Budaya dalam Ragam Bentuk

Kata “Moyo” dalam Festival Pesona Moyo diambil tanpa sebab. “Moyo” merupakan nama salah satu pulau di Nusa Tenggara Barat yang terkenal karena menjadi tempat pelarian Putri Diana dari Kerajaan Inggris pada 1990-an. Keindahan alam bawah laut serta kekayaan budaya Sumbawa di pulau ini yang membuat Putri Diana jatuh cinta dengan pulau ini. Tak hanya Putri Diana, hal ini juga yang membuat “Moyo” dipilih menjadi nama event tahunan pemerintah NTB tersebut.

Tentunya ragam kekayaaan alam serta kultur ini yang nantinya akan dipersembahkan selama hampir satu bulan penyelenggaraan FPM 2018, khususnya yang berkenaan dengan tradisi air. Anda bisa melihat Barapan Kebo di sawah berair yang menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu.

Baca Juga: Pasca Gempa, Kemenpar Pastikan Lombok Aman Dikunjungi

Tak hanya itu, masih banyak acara lain yang bisa Anda nikmati ketika datang ke FPM, mulai dari karnaval, jelajah alam, diskusi budaya, penampilan seni, expo UMKM, dan masih banyak lagi. Anda tak akan bosan untuk mempelajari kultur Sumbawa yang dikemas dalam berbagai kegiatan menarik.

Jadi, siapkan ranselmu dan jangan ragu untuk mengenal Pulau Moyo lebih dalam di Festival Pesona Moyo 2018.

Dapatkan ulasan menarik tentang Festival dan tulisan Lain dari Astrid S

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran