Masih Punya Waktu Libur Lebaran, Coba Kunjungi Wisata Jonggol Bogor Bernuansa Alam Ini

Jika disela libur lebaran ini Anda belum punya rencana untuk berlubur ke mana, mungkin kawasan wisata Jonggol Bogor bisa dijadikan pilihan. Ada setidaknya lima spot wisata yang wajib dikunjungi.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Kawasan wisata Jonggol Bogor memang belum terlalu banyak dilirik wisatawan. Daerahnya yang terkenal panas mungkin salah satu penyebabnya. Namun jika mau bergeser sedikit ke selatan, Anda bisa menemukan berbagai destinasi alam yang indah dan menarik.

Nah, jika disela libur lebaran ini Anda belum punya rencana untuk berlubur ke mana, mungkin kawasan wisata Jonggol Bogor bisa dijadikan pilihan. Ada setidaknya lima spot wisata yang wajib dikunjungi, di antaranya:

1. Gunung Batu

wisata jonggol bogor

Gunung Batu untuk Anda yang suka tantangan. Foto: kaaget.com

Permukaan Gunung Batu didominasi bebatuan. Gunung ini bisa didaki dalam waktu 45 menit, tapi itu tergantung cuaca dan berapa banyak orang yang sedang mendaki gunung itu. Semakin banyak yang mendaki, semakin lama perjalanannya.

Ini karena puncak Gunung Batu berupa jalan setapak yang lebarnya tidak lebih dari dua meter. Untuk berdiri di puncak harus berhati-hati karena tidak ada pengamanan.

Baca juga: Leuwi Jurig, Spot Instagramable Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi di Akhir Pekan Selain Bandung dan Bogor

Setibanya di puncak, pengunjung akan melihat pemandangan indah berupa perbukitan dan sungai-sungai yang mengalir di sekitar Gunung Batu. Untuk yang suka tantangan, bisa juga coba hammocking di sini.

2. Curug Ciherang

wisata jonggol bogor

Menikmati udara sejuk di air terjun Ciherang. Foto: JejakPiknik.com

Daerah Jonggol bagian selatan terkenal dengan wisata air terjunnya. Di antara sekian banyak wisata air terjun yang berada di perbukitan Cipamingkis, Curug Ciherang adalah yang paling tenar karena arus airnya yang cukup deras.

Waktu terbaik untuk berkungjung ke Curug Ciherang adalah pagi hari sebelum jam 10. Ini karena biasanya curug akan mulai ramai setelah jam 10. Selain itu, udara pagi juga lebih sejuk dan menyegarkan.

Saat berkunjung ke sini, Anda juga bisa mampir ke Rumah Pohon dengan jembatan kayunya yang fotogenik.

3. Curug Cipamingkis

wisata jonggol bogor

Salah satu wisata Jonggol Bogor yang wajib dikunjungi. Foto: ksmtour.com

Selain Curug Ciherang, salah satu objek wisata air terjun yang paling terkenal di daerah Jonggol adalah Curug Cipamingkis. Air terjun ini sangat mudah diakses, letaknya hanya sekitar 2 kilometer di sebelah timur Curug Ciherang.

Walaupun letaknya berdekatan, bentuk Curug Cipamingkis sangat berbeda dengan Curug Ciherang. Ketinggian Curug Cipamingkis sekitar 15 meter, sedangkan Curug Ciherang tingginya sekitar 25 meter.

Curug Cipamingkis dikelilingi hutan pinus yang cantik dan sangat teduh, mirip dengan wilayah Puncak tempo dulu. Tempat ini juga sangat pas untuk bersantai sambil menikmati udara dingin khas pegunungan sambil ditemani jagung bakar.

4. Situ Rawa Gede

wisata jonggol bogor

Naik perahu memutari Rawa Gede. Foto: youtube.com

Danau cantik ini berada di dekat Curug Ciherang. Anda bisa menikmati keindahan danau sambil bersantai sejenak di warung-warung makanan yang berdiri di tepian danau. Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu yang bersandar di tepian danau.

Baca juga: Taman Vimala Hills, Kebun Bunga Warna-Warni Ala Jepang di Bogor

Jalan menuju Situ Rawa Gede hanya bisa diakses dengan sepeda motor. Kondisialam di sini masih sangat asri, jadi pastikan untuk selalu jaga kebersihan.

5. Penangkaran Rusa

wisata jonggol bogor

WIsata Jonggol Bogor, ada rusa di sini. Foto: jonggol.net

Selain menikmati wisata di pegunungan, di daerah Jonggol juga ada Penangkaran Rusa yang letaknya masuk wiayah Cariu. Objek wisata ini cukup mudah untuk dijangkau karena posisinya sangat dekat dengan jalan raya Cileungsi-Cianjur.

Di Penangkaran Rusa ini, pengunjung bisa bercengkrama dengan rusa-rusa jinak yang berkeliaran di padang rumput. Kita juga bisa memberi mereka makan ubi dan singkong yang dijual di dekat pintu masuk.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA BOGOR , tulisan lain Rizqi Y

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post