Kuliner Malam Semarang, Solusi Lapar Tengah Malam di Kota Atlas

Kuliner malam Semarang, solusi lapar tengah malam di Kota Atlas (Instagram/@martadilamonica).

Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia yang menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan di Provinsi Jawa Tengah. Semarang adalah tempat tinggal bagi tiga etnis besar yakni Tionghoa, Arab, dan Jawa. Hal ini membuat munculnya berbagai bentuk akulturasi baik dari segi budaya, adat kebiasaan, bahkan kuliner di Semarang.

Semarang memiliki beberapa kuliner khas yang sudah terkenal di seantero negeri, salah satunya adalah lumpia. Lumpia merupakan bentuk adaptasi dari kuliner khas Tionghoa dan Jawa. Lumpia dibuat dari campuran antara sayur, rebung, daging, dan telur yang dibungkus dengan lembaran tepung tipis. Selain lumpia, masih ada beberapa kuliner khas Semarang lainnya seperti bandeng presto dan tahu bakso.

kuliner khas semarang
(Phinemo/Sekar Suwardani)

Sebagian besar warung yang menjajakan kuliner khas Semarang biasanya dibuka siang hingga sore hari. Namun bagi anda yang lapar saat tengah malam, berikut disajikan kuliner malam Semarang yang bisa anda coba.

1. Gudeg Koyor Bu Tum

(Travelingyuk)

Gudeg Koyor Bu Tum berlokasi di seberang Sri Ratu Peterongan, tepatnya berada di Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang 50242. Warung ini memiliki tiga menu andalan yaitu Gudeg Koyor, Lontong Opor, dan Ayam Goreng Pete. Setiap menu yang disajikan kaya akan cita rasa khas dari Jawa dengan beragam rempah-rempah sehingga membuatnya sangat lezat.

2. Nasi Liwet Bu Sami

(Instagram/@martadilamonica)

Nasi Liwet Bu Sami berlokasi di Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Semarang Tengah, Semarang 50241. Warung ini sudah ada sejak tahun 1975 yang awalnya dijajakan dengan cara berkeliling. Namun pada tahun 1980an mulai menetap dengan membuka warung di Pojok Matahari Simpang Lima. Warung yang buka setiap pukul 23.00-06.00 ini menjual nasi liwet dengan berbagai lauk pauk seperti ayam dan daging.

3. Nasi Kucing Pak Gik

(Instagram/@horizonhoman)

Nasi Kucing Pak Gik berlokasi di Jalan Inspeksi, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang 50132. Nasi Kucing Pak Gik menjadi angkringan paling legendaris di Kota Semarang yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Angkringan ini menjual nasi kucing berbagai lauk dengan aneka satai-sataian dan gorengan. Harga yang relatif terjangkau dijamin tidak akan menguras isi kantong anda.

4. Nasi Pecel Yu Sri

(Instagram/@hariadiwisnuisdidi)

Warung Pecel Yu Sri berlokasi di Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang 50241. Seperti namanya, pecel merupakan menu andalan warung ini. Layaknya pecel pada umumnya, nasi pecel di warung Yu Sri terdiri atas berbagai sayuran rebus seperti kubis, kacang panjang, bayam, dan tauge. Perbedaan terdapat pada penggunaan daun singkong sehingga memberikan cita rasa sedikit pahit di mulut. Dengan siraman bumbu kacang membuat rasa nasi pecel di warung Yu Sri menjadi begitu nikmat.

5. Angkringan Dot Com

(Instagram/@iykuma)

Angkringan Dot Com berlokasi di Jalan Pleburan Barat, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang 50241. Angkringan ini menjual berbagai makanan khas angkringan seperi nasi kucing dengan berbagai satai-sataian dan gorengan. Angkringan ini sangat cocok untuk tempat nongkrong bersama kawan atau sahabat karena buka 24 jam.

Dapatkan ulasan menarik tentang semarang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar