Kuliner Khas Indonesia yang Harusnya Dicoba TheFoodRanger Saat di Jakarta

Welcome to Jakarta, Trevor James a.k.a The Food Ranger ! 

Guys, adakah dari Kamu yang kenal food vlogger “The Food Ranger”?

Jadi, The Food Ranger yang bernama asli Trevor James ini adalah travel vlogger yang fokus jalan-jalan buat cari makanan enak dari berbagai tempat di dunia. Setelah puas keliling Vietnam dan Malaysia, sekarang, cowok cakep asal Kanada ini lagi strolling kota Jakarta buat cari kuliner enak khas Indonesia.

Kalau dilihat di postingan instagramnya, makanan Indonesia pertama yang dia coba adalah nasi padang. Dari tagging tempatnya sih, Trevor James ini lagi makan di Rumah Makan Medan Baru. 

Sayang banget kalau jauh-jauh ke Jakarta cuma makan nasi padang doang, nih Kami kasih rekomendasi kuliner enak di Jakarta buat Trevor. Dijamin nagih!

1. Dear Trevor James, saran kami, Kamu makan rendang di Restoran Padang Garuda. Enaknya kebangetan!

thefoodranger

Restoran Garuda berada diurutan 79 dari 101 restoran terbaik di Asia. Sumber foto

Meskipun doi udah nyicipin Nasi Padang di Rumah Makan Medan Baru, tapi belum afdol kalau nggak mampir di Restoran Garuda. Restoran ini ternyata pernah dapet penghargaan sebagai restoran terbaik asia dari situs kulinari Daily Meal. FYI, rendang terpilih sebagai makanan terbaik di dunia tahun 2017 versi CNN

Kalau ke Padang Garuda, cobain rendang dan tumis terong kacang panjangnya deh. Endes! 

2. Oiya, mampir ke Nasi goreng kambing Kebon Sirih yang legendaris abis ini dong

thefoodranger

Nasi goreng Kebon Sirih terkenal dengan wajannya yang super gede. Sumber foto

Selain rendang, makanan kedua yang wajib banget dicoba Trevor James adalah nasi goreng. FYI, nasi goreng Indonesia terpilih sebagai makanan terenak dunia kedua setelah rendang versi CNN

Nah, kalau lagi di Jakarta, Trevor dan Kamu pun wajib banget nyicipin Nasi goreng kambing Kebon Sirih yang legendaris abis. Warung nasi goreng yang udah berdiri sejak 1958 ini nggak pernah sepi. Selalu laris manis. 

3. Jangan sampai nggak cicipi makanan khas Jakarta yang paling melegenda, Soto Betawi Haji Husein 

thefoodranger

Lihat fotonya doang aja laper. Kamu laper juga nggak? Sumber foto

Selanjutnya, ada soto betawi Haji Husein. Makanan berkuah santan dengan isian daging sapi bertabur emping bikinan Haji Husein ini emang legend banget. Dagingnya yang empuk dan kuah santan yang gurih bikin nagih. 

Trevor harus ke sini nih. Tahun lalu pun, Mark Wiens mampir ke warung ini. 

4. Lalu, ada sate ayam Sabang Pak Heri, yang punya kenikmatan haqiqi

thefoodranger

Sate ayam Indonesia emang nggak ada duannya. Sumber foto

Trevor pun harus coba makan sate ayam! Karena Sate ayam pun berada di urutan 14 sebagai makanan terenak.

Kalau masalah sate ayam enak, Sate ayam Sabang Pak Heri bisa jadi pilihan. Bumbu kacangnya yang gurih dan daging ayamnya yang lembut bikin nggak bisa move on. Pengen balik terus. Tapi, Kamu harus siap dengan antreannya yang panjang banget. 

5. Sate kambing Haji Giyo, bakal bikin Trevor bilang “tai hao la” alias awesome 

thefoodranger

Dagingnya empuk dan gurih, pecah dimulut… Sumber foto

Lalu, Trevor juga harus mampir sate kambing Haji Giyo. Katanya sih, sate kambing ini jadi sate kambing paling enak di Jakarta. Potongan daging kambingnya nggak pelit, gede-gede guys. Dagingnya pun lembut dan gurih. Yang bikin sate kambing ini berbeda dari lainnya adalah sambal kecapnya, sambal kecapnya merupakan hasil oplosan 3 merk kecap yang berbeda

6. Enaknya Sop Konro dan Konro Bakar Karebosi yang bakal bikin viewer video youtube Trevor gigit jari

thefoodranger

Yang lagi diet pun pasti bakal tergoda dan menggugurkan dietnya. Dijamin. Sumber foto

Kalau lihat di vlogg nya, Trevor suka banget makan daging sapi dan sejenisnya. Jadi, kayaknya doi bakal suka kalau makan sop konro Karebosi.

Makanan khas Makassar yang berbahan dasar iga sapi ini bakal bikin Trevor happy deh. Udah gitu, semua menu makanan di Sop Konro Karebosi enak-enak semua. Apalagi, Konro bakar dengan bumbu kacang nya! Favorit! 

Yakin banget, kalau Trevor ke sini nih, doi bakal bilang “tai hao la”! Jargon khas nya doi. Ya nggak?

7. Cita rasa Asinan betawi Hj. Masyur Kamboja yang unik dan bikin nagih 

thefoodranger

Apalagi dimakan pas siang-siang. Seger bangettt…. bikin nagih. Sumber foto

Makanan khas Jakarta lainnya adalah asinan betawi. Meski enak, jarang ada international food vlogger, yang ekspos makanan ini. Jadi, Trevor bisa jadi salah satu yang mengawali nih.

Nah, asinan betawi di bagi jadi dua jenis, yaitu asinan sayur dan buah. Sayuran atau pun buah yang masih segar disiram dengan kuah kacang kental dengan cita rasa yang unik dan kerupuk di atasnya. 

Dari sekian banyak warung asinan, Asinan betawi yang ada di Jalan Kamboja III Rawangun milik H. Mansyur ini merupakan yang paling enak. Warung asinan nggak pernah sepi. Selalu ramai antrean. 

8. Nasi uduk Kebon Kacang Zainal Fanani 

thefoodranger

Gurihnya pas… Sumber foto

Karena orang Indonesia umumnya makan nasi, jadi makanan khasnya pun kebanyakan berupa olahan nasi. Yang nggak boleh Trevor lewatkan saat di Jakarta adalah nyicipin lezatnya nasi uduk Kebon Kacang milik Zainal Fanani. Tempe, tahu, ayam, usus, empal, paru bisa jadi teman makan terbaik.

9. Setu Babakan, pusatnya kuliner authentic Jakarta seperti tauge goreng, dodol betawi, kerak telor, dan bir pletok 

thefoodranger

Balik lagi ke Jakarta tempoe doeloe. Sumber foto

Nah, spot kuliner selanjutnya adalah Setu Babakan. Di sana, Trevor dan Kamu bakal nemuin makanan lokal khas Jakarta yang masih terjaga originalitasnya. Kayak misalnya, bir pletok, taoge goreng, dodol betawi, kerak telor, kembang goyang, tape uli, dan masih banyak lainnya.

Pokoknya, Setu Babakan adalah surga kuliner lokal Jakarta! You’ll get the authentic taste of Jakarta!

***

Kalau menurut Kamu, adakah menu makanan lain yang harus dicobain Trevor? Kasih rekomendasi makanan buat Trevor dengan tulis komen di bawah yak. Doi lagi butuh banyak referensi nih.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rani Suryatama

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran