Sidebar

Kegunaan Lain dari Paspor dan Boarding Pass yang Harus Kamu Tahu

Paspor dan boarding pass memiliki banyak manfaat lain yang tak banyak orang tahu. Baca selengkapnya di artikel ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Maynard Caryabudi

 

Foto oleh Ang Kai Fong

Sebelumnya, artikel ini hanya memaparkan tentang keuntungan lain dari kepemilikan paspor ataupun boarding pass, yang pernah didapat penulis, bukan menginformasikan tentang promo-promo terbaru.

***

Semua orang tahu apa gunanya paspor -tanda pengenal kita bila berada di luar negeri. Sedangkan boarding pass bagi kebanyakan orang hanyalah selembar tiket tanda bukti penumpang pesawat, tidak lebih dari itu.

Tetapi bagi saya paspor memiliki beberapa fungsi lain. Dengan paspor kita kadang kala bila beruntung bisa mendapat barang atau fasilitas yang menyenangkan dan menguntungkan, begitu juga dengan juga dengan boarding pass.

Ada beberapa mal atau merk-merk ternama yang suka memberikan special discount atau free stuff bagi pemegang paspor asing.

Beberapa contoh kegunaan paspor yang pernah saya dapat

Foto oleh Maynard

Salah satunya yang pernah saya ketahui dan sering ada promo adalah MBK Mall Bangkok, Thailand. Disana pernah beberapa kali ada pembagian T-shirt MBK gratis bagi turis yang dapat menunjukkan paspornya. Juga kadang ada welcome drink bagi pemegang paspor asing.

Sentosa Island Singapore pernah juga memberikan fasilitas gratis masuk dengan naik bus Universal Studios hanya dengan menunjukkan paspor.

Free WiFi di 45000 titik hotspot di Jepang, hanya dengan menunjukkan paspor, kita bisa mendapatkan kartu akses Free WiFi.

Manfaat lain boarding pass yang pernah saya dapat

Sedangkan beberapa contoh manfaat lain dari Boarding Pass/Tiket pesawat yang pernah saya tau adalah :

1. Gratis naik Shuttle Bus Changi-Legoland hanya dengan menunjukkan tiket Tiger Air atau Jet Star, pada waktu-waktu tertentu.

2. Diskon 10% masuk Garden by The Bay Singapore dengan menunjukkan boarding pass Air Asia (promo dari FB Air Asia Indonesia 19 Agustus 2014) dan banyak lagi sesuai promo AirAsia HOT Boarding Pass.

3. Diskon 10% naik cable car ke Sentosa Island Singapura dengan menunjukkan boarding pass Air Asia (promo dari FB Air Asia Indonesia 28 Agustus 2014)

4. Diskon dari Sriwijaya Air di seluruh hotel di Pangkal Pinang dengan menunjukkan boarding pass.

5. Gratis masuk Kidzania bagi dewasa dengan menunjukkan tiket AirAsia

6. Menginap 3H2M Cuma 499rb di Best Western Hotel dengan menukarkan boarding pass Citilink.

Lalu, bagaimana cara mendapat berbagai keuntungan tersebut?

Foto oleh Maynard

Untuk mengetahui beberapa keuntungan lain dari kepemilikan paspor dan boardingpass sering-seringlah meramban di dunia maya sebelum berangkat ke tempat tujuan atau baca buletin / majalah yang ada di pesawat, biasanya diselipkan di punggung kursi depan kita.

Air Asia adalah salah satu maskapai yang sering memberikan info mengenai free stuff tersebut. Jadi dari pada ngantuk selama terbang, apa salahnya baca-baca majalah, siapa tahu mendapatkan info yang menguntungkan karena promo tersebut biasanya cuma beberapa saat saja.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Panduan Lengkap Cara Membuat Visa Schengen, Kamu Wajib Tahu!

4 Warna Paspor di Dunia, Ini Makna Filosofis Dibaliknya

Perbedaan Visa dan Paspor, Kamu Sudah Paham?

Paspor Terkuat di Dunia Tahun 2019, Indonesia Turun Peringkat

Perbedaan Paspor dan e-Paspor yang Perlu Dipahami

Maskapai dengan Hidangan Tersehat, Indonesia Masuk Tidak Ya?

FALLBACK
The END