Sidebar

Pelesiran Murah dan Mudah dengan Aplikasi Jogja Smart Service

Berkunjung ke Yogyakarta kini kian membahagiakan sebab telah hadir layanan Dodolan dan Nglarisi di aplikasi online, Jogja Smart Service. 

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Berkunjung ke Yogyakarta kini kian membahagiakan sebab telah hadir layanan Dodolan dan Nglarisi di aplikasi daring atau online, Jogja Smart Service. 

Aplikasi daring ini merupakan inisiasi dari Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai solusi dalam meningkatkan perekonomian warga dan memudahkan para turis yang berkunjung ke daerah istimewa tersebut.

Baca Juga: Jogjabike, Layanan Pinjam Sepeda Gratis di Malioboro

Dilansir dari Tempo, dua layanan baru akan diluncurkan dalam tahun ini, yakni layanan Nglarisi dan Dodolan. 

Kedua layanan dalam aplikasi Jogja Smart Service tersebut diluncurkan untuk mendukung program Gandeng Gendong yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui layanan Dodolan pelaku UKM yang juga warga Kota Yogyakarta dapat menawarkan berbagai barang hasil produksi mereka. Pelaku UKM yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK) bisa mendaftar sebagai pedagang.

Cara menggunakan Jogja Smart Service

aplikasi online yang memudahkan para peloncong di jogja (Foto/star jogja)

Layanan aplikasi ini serupa dengan layanan jual beli daring pada umumnya. Pembayaran pun bisa dilakukan secara tunai melalui cara bayar di tempat atau cash on delivery (COD) atau melalui transfer.

Para wisatawan yang sudah mengunduh aplikasi Jogja Smart Service ini juga sangat bisa untuk memanfaatkannya. Layanan ini memudahkan, terlebih bila wisatawan hanya punya waktu kunjungan yang pendek di kota pelajar itu.

Layanan Nglarisi berguna bagi pelaku usaha kecil mikro (UKM) khususnya kuliner yang ingin menyediakan makanan dan minuman atau kebutuhan konsumsi dari berbagai acara atau kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Yogyakarta.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membutuhkan makanan atau minuman, dapat mengakses layanan Nglarisi untuk melakukan pembelian secara langsung ke UKM.

dagangan kuliner UKM Jogja (Foto/liputan UKM)

Baca Juga: Kian Canggih, Aplikasi Daring Khusus Turis Labuan Bajo Diluncurkan

Melalui layanan aplikasi ini, Anda dapat memilih beragam barang dagangan, mulai dari kuliner, kerajinan, fesyen, hewan peliharaan, hingga tanaman.

Meski pedagang yang berjualan menggunakan layanan ini hanya dibatasi dari warga Kota Yogyakarta saja, tetapi layanan tersebut dapat melayani pembeli dari berbagai daerah asalkan sudah mengunduh aplikasi Jogja Smart Service. 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Pasar Kembang Jogja, Pusat Pelacuran yang Selalu Menarik Turis

Inessya Resort Jogja, Hotel Murah di Tepi Pantai Indah Gunungkidul

The Phoenix Hotel yang Super Megah di Pusat Pariwisata Jogja

7 Tempat Nongkrong di Jogja Malam Hari dengan Alam Romantis

Mangrove Kulon Progo, Wisata Hits yang Cocok Untuk Foto-foto

5 Pantai di Gunungkidul yang Masih Sepi Cocok untuk Camping

FALLBACK
The END