Jogja International Heritage Walk Kembali Digelar Akhir Pekan Ini

Yogyakarta kembali menghadirkan event-event wisata untuk menarik wisatawan baik lokal dan mancanegara. Kali ini giliran para pecinta jalan kaki yang akan dimanjakan dengan event Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2017.

The 9th Jogja International Heritage Walk.

Kegiatan yang merupakan event jalan kaki bertaraf internasional tersebut akan dilaksanakan selama dua hari pada hari Sabtu, 18 November dan Minggu, 19 November 2017 berlokasi di dua tempat berbeda, yakni Candi Prambanan dan Imogiri, Bantul.

Baca juga event wisata lain di Jogja yang akan digelar pada akhir pekan ini dengan klik disini

Jogja International Heritage Walk yang akan digelar akhir pekan ini memiliki beberapa tujuan yaitu mempromosikan gaya hidup sehat melalui jalan kaki dan meningkatkan komunikasi dan interaksi antarmasyarakat yang berbeda latar belakang.

“menjadi momen interaksi bagi masyarakat yang berbeda agama, kebangsaan, bahasa dan latar belakang budaya. Mengingat ada sekitar 200 peserta yang berasal dari berbagai negara” ungkap Dahlia Puspa Sari, HRD Jogja Walking Association.

Sekilas tentang Jogja International Heritage Walk

JIHW merupakan event jalan kaki internasional yang digelar di Jogja. Sumber foto

Event JIHW merupakan kegiatan jalan kaki berskala internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association dengan mengunsung konsep kesehatan, gerakan sadar lingkungan, edukasi dan komunikasi, serta ekonomi dan turis.

Acara ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-9, dan menjadi event satu-satunya yang masuk dalam Liga Jalan Kaki International diantara negara-negara di ASEAN.

Menyuguhkan Keindahan Alam dan Keanekaragaman Budaya

Tak hanya susur jalan, JIHW juga suguhkan budaya-budaya daerah setempat. Sumber foto

Sebagai salah satu ajang yang bertaraf internasional, acara ini juga dijadikan sebagai sarana promosi wisata dan budaya yang ada di Jogja, khususnya untuk daerah Candi Prambanan dan Imogiri, Bantul.

Selain berjalan kaki menyusuri wilayah Jogja, penyelenggara juga mengizinkan bagi setiap desa yang akan dilewati memamerkan produk unggulan dan budaya setempat. Seperti pertunjukan tari, alat musik, dan produk khas daerah masing-masing.

Diikuti oleh pejalan kaki dari berbagai negara

Para peserta JIHW tidak hanya warga Indonesia saja. Sumber foto

Setiap tahun penyelenggaraan nya, JIHW selalu diikuti oleh ribuan peserta atau walker tidak hanya dari dalam tetapi juga dari luar negeri.

Hal ini sesuai dengan salah satu konsep acara yakni, edukasi dan komunikasi dimana para peserta diharapkan menjalin interaksi antar masyarakat dari negara-negara yang berbeda.

Pada tahun ini, HRD Jogja Walking Association mengungkapkan bahwa ada sekitar 200 peserta yang berasal dari luar negeri, diantaranya Belanda, Belgia, Jerman, Perancis, Australia, Jepang, Korea Selatan dan lain-lain.

Rute JIHW, Candi Prambanan dan Imogiri

Jogja International Heritage Walk merupakan salah satu event tahunan dan unggulan Yogyakarta yang diadakan setiap bulan November selama dua hari berturut-turut.

Acara ini dilangsungkan di dua lokasi yang berbeda yakni Candi Prambanan dan Imogiri, Bantul. Masing-masing dengan kategori jarak 5 KM, 10 KM dan 20KM.

Selain candi Prambanan, candi-candi ini juga sering dijadikan tempat event wisata. Selengkapnya disini

Kawasan Candi Prambanan sebagai lokasi hari pertama JIHW 2017.

Pada Hari pertama acara jalan kaki ini akan dimulai dan berakhir di Lapangan Brahma, Kompleks Candi Prambanan dengan menyusuri alam pedesaan di Kalasan, dan melalui beberapa candi seperti Candi Kedulan, Candi Sambisari dan Candi Sari.

Kawasan Imogiri akan menjadi rute hari kedua JIHW 2017.

Kemudian pada hari kedua, berlangsung di kawasan Imogiri. Para peserta akan menyusuri alam pedesaan dan hutan yang ada di Imogiri. Selain itu, juga akan melewati beberapa objek wisata seperti Jembatan Silik, desa wisata Kedungmiri dan Jembatan Oya.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Syaiful Millah

Tags: , , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....